Sarana Informasi Bidang Informatika.

Teknologi Kehidupan Digital Anda Di Masa Depan


Gelombang perkembangan tehnologi digital selalu bergemuruh bak kendang yang dipukul bertalu-talu. Revolusi tehnologi selalu bergegas menjulurkan harapan mengenai kepingan hidup hari esok. Dalam hidangan pagi hari ini kita akan coba menziarahi 5 jalan tehnologi hari esok yang sangkanya akan memastikan corak kehidupan digital kita.  Apapun lima type tehnologi hari esok itu? Serta bagaimanakah contoh aplikasinya dalam kehidupan digital kita?  Dari bermacam wawasan perubahan tehnologi terbaru, ada 5 type tehnologi yang dijagokan akan selekasnya menyodok dalam karnaval kehidupan manusia.  Mari cobalah kita bedah 5 type tehnologi hari esok ini satu untuk satu dengan selesai serta renyah.

Future Tech #1 : Artificial Intelligence/AI 


Artificial Intelligence atau AI acap juga dikatakan sebagai machine learning. Dalam ide AI dasarnya kita memasok beberapa ribu data serta clue pada mesin komputasi. Nanti mesin ini akan berfikir sendiri based on input yang kita beri itu.

Contoh : sekarang ini programmer dalam Departmen People Analytics Google tengah pasok beberapa ribu data poin serta clue pada mesin komputasi mereka. Harapannya machine learning Google ini nantinya dengan otomotis dapat dengan presisi menjumpai mana calon karyawan yang hebat ataukah tidak.

Jadi nantinya yang akan sistem seleksi karyawan Google ialah articial intelligence, bukanlah lagi manusia. Sistem interview dikerjakan dengan robot artificial intelligence, yang dengan presisi akan dapat memperkirakan mana calon calon yang bagus serta mana yang abal-abal.

Contoh lainnya artificial intelligence ialah Health Care Proyek AI. Dalam projek ini tengah dipasok juta-an data pasien serta beberapa ribu type penyakit apapun pada suatu mesin Artificial Intelligence.

Dengan juta-an data yang valid, nantinya mesin AI ini yang akan ganti peranan dokter. Karena mesin AI ini akan dapat mendiagnosa type penyakit pasien dengan lebih akurat di banding seseorang dokter.

Pelan-pelan peranan dokter akan digantikan oleh artificial intelligence.

Artificial Intelligence atau machine learning dasarnya ingin katakan : pasok gue dengan juta-an data ; kelak dari juta-an data ini gue dapat temukan pattern dan dapat mikir sendiri tanpa ada pertolongan manusia lagi.

Tehnologi BIG DATA sangat mungkin terjadinya AI. Suatu machine learning yang mempunyai kemampuan memproses milyaran data (big data) pelan-pelan akan dapat mikir sendiri, tanpa ada terlibat manusia lagi.

baca juga : perbedaan harddisk dan ssd

Future Tech #2 : Internet of Things 


Internet of things atau IoT pada intinya ialah seperangkat appliance yang dapat sama-sama terkoneksi dengan sensor serta internet. Dan dapat Anda kontrol lewat smartphone Anda.

Contoh IoT contohnya semacam ini.

Misalnya kulkas Anda dipasang sensor IoT. Nantinya sensor itu akan memahami bila isi buah serta sayuran di kulkas Anda telah habis. Selekasnya dengan automatis sensor itu akan kirim pesanan buah serta sayur ke On-line Shop dengan jumlahnya yang sesuai sama keperluan. IoT tahu berapakah keperluan yang cocok untuk Anda.

Di monitor smartphone Anda akan nampak pemberitahuan pesanan. Anda tinggal click approve serta pesanan akan selekasnya terkirim ke kulkas Anda. Tidak akan ada lagi peristiwa Anda buka kulkas pada malam hari serta berisi kosong melompong.

Atau pikirkan beberapa ribu mesin produksi di pabrik yang telah dipasang Internet of Things. Nantinya sensor-sensor IoT ini yang akan detect serta diagnosis potensi rusaknya mesin.

Bila ada potensi rusaknya jadi selekasnya dengan automatis sensor akan tersambung dengan aplikasi spare parts untk lakukan order pergantian spare parts.

Berikut yang dikatakan sebagai Industrial internet. Yaitu waktu semuanya sistem pemeliharaan mesin-mesin di pabrik jalan dengan automatis lewat Internet of Things. Pikirkan begitu efektif serta cepatnya sistem pemeliharaan beberapa ribu mesin di pabrik.

Atau contoh lainnya. Nantinya mobil Anda akan terpasang Internet of Things. Sensor-sensor automatis yang akan detect potensi rusaknya mesin mobil Anda. Serta dengan automatis sensor akan kirim order service ke bengkel mobil Anda, bila ada tanda-tanda rusaknya.

Semuanya sistem di atas akan terpantau lewat aplikasi MyCar di smartphone Anda. App ini juga yang akan me-record semuanya history perawatan mobil Anda.

Internet of Things akan bikin Anda dapat menggerakkan serta mengatur semuanya piranti Anda (mobil, sepeda, kulkas, AC didalam rumah, TV, CCTV, microwave, dan lain-lain) cuma lewat suatu smartphone dalam genggaman.

baca juga : pemakaian fiture auto ads

Future Tech #3 : Driverless Vehicle 


Driverless vechicle dasarnya mobil, truck serta bis yang dapat jalan sendiri tanpa ada butuh lagi driver yang perlu mengemudikannya.

Yang sekarang justru booming ialah driverless trucks. Sampai sekarang ini di semua dunia, truck masih tetap adalah kendaraan paling utama untuk memindahkan barang antar kota serta pulau.

Bermacam industri logistik seperti Fedex sampai Amazon Warehouse sangatlah ketertarikan dengan kedatangan driverless trucks. Bila sukses, jadi driverless truck akan me-revolusi usaha logistik and trucking.

Btw, di jalanan tol Cikampek sendiri juga mulai ada Driverless Truck.

Bila diluar negeri, tehnologi driverless truck memakai teknology of sensors, jadi di Cikampek memakai ToN – Technology of Ngorok. Truknya jalan sendiri, supirnya ketiduran sembari ngorok.

baca juga : dampak memakai windows bajakan

Future Tech #4 : Digital Payment 


Dengan tehnologi ini dasarnya kita dapat bayar ini itu cukup hanya smartphone kita. Langkahnya kita cukup lekatkan hape kita ke QR Code yang berada di counter kasir. Done. Tidak butuh lagi kartu serta dompet.

Digital payment ala OVO atau Gopay atau BNIPay sekarang ini telah mulai jalan. Bahkan juga banyak gerai makanan yang telah dapat terima pembayaran lewat QR Code dari Smartphone kita.

Tantangannya bila sangat banyak provider payment justru repot untuk tokonya. Mereka mesti gunakan banyak QR Code yang berbeda tipenya karena beda provider.

China sukses aplikasikan cash-less society karena cuma ada dua player yang menguasai yaitu Alipay serta WeChatPay.

Harapannya Gopay dapat semakin tumbuh serta jadi player menguasai dalam digital payment di tanah air.

Gopay mesti selekasnya hubungan kerja dengan semua gerai Alfamart, Indomart, semuanya on-line marketplace, sampai beberapa ratus ribu pedagangan makanan di jalanan. Tidak gampang ajak mereka ingin gabung dengan Gopay.

Tetapi itu kunci sukses digital payment – yaitu waktu semuanya gerai di semua pelosok tanah air ingin terima smartphone menjadi alat pembayaran.

Sinyal digital payment sukses di tanah air mudah. Yaitu waktu pedagang mie tek tek di tepi jalanan menampik dibayar gunakan uang receh namun maunya dibayar gunakan digital payment. Mantapp.

Future Tech #5 : Tehnologi 5G.



5G ialah generasi tehnologi jaringan hp ke lima sesudah 4G. Kecepatan puncak jaringan 5G ialah 20 GB per second. Amat cepat.

Sesaat kecepatan rata-rata normal ialah 100 mb per second. Kecepatan normal yang cukup ekpress.

Pada bagian lainnya, kemampuan smartphone semakin gahar.

Sesaat lagi akan ada hape dengan RAM 10 giga serta dengan power mikroprosesor yang semakin powerful. (Ingat Moore’s Law : kemampuan mikroprosesor akan naik 2 x setiap 18 bln.).

Bila digabungkan dengan jaringan 5G jadi smartphone akan semakin powerful. Kemampuan hape yang very powerful ini yang akan menolong perwujudan dunia internet of things yang telah saya jabarkan di atas.

Gabungan 5G dengan IoT akan sangat meawarnai kehidupan digital kita nantinya.

Demikian sebaliknya, semuanya smartphone yang powerful dengan tehnologi 5G akan percuma belaka bila hanya di pakai buat chatting group WA atau cuma buat baca media sosial. Atau hanya buat nonton Tik Tok. 🙂 🙂

Karena bila RAM Hape telah tembus 10 mega, sesaat skills usernya tidak naik-naik jadi yang akan berlangsung ialah paradox yang kelam : smartphone-nya semakin smart, sesaat usernya semakin goblok.

baca juga : cara memperbaiki laptop tidak bisa conncet ke wiffi