Sarana Informasi Bidang Informatika.

Digital Payment : Pengertian dan Manfaat


Apa Itu E-Payment? Untuk Anda yang menyukai belanja on-line, pasti tidak asing lagi dengan step-step gampang waktu beli product atau layanan dengan on-line. Anda tinggal pilih product atau layanan yang anda kehendaki dengan jeli, lalu Anda bisa menghubungi pihak penjual serta lakukan transaksi pembayaran.

Setelah itu, Anda tinggal duduk manis didalam rumah sembari menanti product atau layanan pesanan diantarkan hingga ke rumah. Ide berbelanja on-line semacam ini setelah itu yang di kenal dengan sebutan e-commerce.

Serta sekarang lakukan transaksi dengan jual-beli atau ecommerce nyatanya tidak cuma memercayakan sarana transfer dana yang disiapkan oleh bank saja lho. Supaya sistem transaksi lebih aman, Anda bisa memakai cara pembayaran yang lain yang di kenal dengan sebutan e-payment.

Pemahaman e-Payment ialah system pembayaran yang memakai sarana internet menjadi fasilitas penghubung. Sekarang ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual serta konsumen dengan memberi jaminan keamanan transaksi e-commerce.

Untuk jamin keamanan transaksi itu, start up sebagai penghubung akan bekerja bersama dengan beberapa instansi perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment dengan aman, cepat serta praktis.

Dengan memakai sarana e-payment, pihak penjual serta pihak konsumen akan mendapat bermacam faedah, diantaranya :

  • System transaksi yang gampang serta bisa dikerjakan dengan universal sepanjang masih tetap ada dalam 1 lokasi negara 
  • Keamanan transaksi lebih terbangun dibanding dengan lakukan transaksi dengan kontan atau dengan transfer rekening pribadi 
  • Pemakaian waktu serta tenaga jadi lebih sederhana serta efisien 
  • Siapapun pihak-pihak yang ikut serta dalam sarana e-payment? Ada sejumlah pihak yang ikut serta dalam pemakaian serta penyediaan sarana e-payment
  • Issuer, berbentuk instansi bank atau instansi non bank 
  • Pihak pengatur regulasi (regulator), umum pihak yang mengawasi serta mengatur sistem e-payment ialah pemerintah.  
  • Startup yang Menyiapkan Sarana e-Payment 
  • Untuk mempermudah anda belanja atau melakukan bisnis dengan e-commerce, ketahui dahulu sejumlah #startups yang bisa memfasilitasi e-payment menjadi fasilitas pembayaran. Sejumlah start up di Indonesia yang mempunyai sarana e-payment ialah : 


1. Kaskus

Kaskus ialah salah satunya komunitas paling besar di Indonesia yang menyiapkan sarana e-payment gateway bernama Kaspay. Kaspay resmi di luncurkan pada lagi th. Kaskus yang ke-10. Sampai sekarang ini Kaspay banyak dipakai oleh anggota komunitas Kaskus untuk lakukan transaksi jual beli di komunitas yang di kenal dengan sebutan FJB (Komunitas Jual Beli).

2. Tokopedia

Tokopedia adalah start up Indonesia yang memfasilitasi aktivitas berbelanja on-line dengan aman serta praktis. Pihak penjual bisa beroleh domain spesial untuk mulai berjualan di Tokopedia. Setelah itu, beberapa calon pelanggan yang telah lakukan log in di Tokopedia akan leluasa pilih product yang diharapkan serta segera lakukan pembayaran. Setelah itu, pembayaran itu akan masuk ke account penjual apabila pelanggan telah memberikan konfirmasi penerimaan barang. Sangatlah aman bukanlah.

3. BukaLapak. com
BukaLapak. com mempunyai ide yang hampir serupa dengan Tokopedia, bedanya anda yang punya niat beli product tak perlu lakukan log in agar bisa memakai service yang disiapkan BukaLapak. com. Pembayaran anda akan masuk ke account penjual apabila anda telah memberikan konfirmasi penerimaan barang.

4. Doku
Sebelum saat bertukar nama jadi Doku, service e-payment yang satu ini bernama NSIApay. Doku jadi sarana gateway untuk pembayaran lewat kartu credit.

5. Ipaymu
Ipaymu adalah salah satunya sarana e-payment yang tawarkan banyak feature berguna seperti service pembayaran dengan kartu credit, pembayaran dengan on-line juga untuk menarik atau menyetorkan uang. Feature yang disiapkan oleh Ipaymu memberi keringanan untuk beberapa pelaku bisnis yang mempunyai toko on-line.

Nah, saat ini Anda sudah mengetahui apakah itu e-payment serta pastinya meningkatkan wacana Anda tentang dunia e-commerce yang sangatlah mutakhir serta praktis. Sekarang anda tidak butuh kawatir lagi waktu akan belanja dengan on-line, pakai saja sarana e-payment yang disiapkan oleh beragam start up supaya transaksi usaha anda jalan lancar serta praktis. Selamat belanja!