Sarana Informasi Bidang Informatika.

5 Perbedaan Harddisk dan SSD

Makin mengembangnya tehnologi bikin tren pemakaian hardware computer juga turut berkembang. Satu diantaranya yaitu hardware penyimpanan data. Dahulunya piranti computer atau laptop banyak yang memakai harddisk drive dengan kata lain HDD.



Serta saat ini nampak media penyimpanan internal baru yang bernama SSD. Banyak pemakai computer atau laptop yang masih tetap belum juga tahu serta bertanya-tanya sesungguhnya apa ketidaksamaan dari ke-2 type penyimpanan itu. Bila dipandang dari type teknologinya telah terang kalau SSD lebih mutakhir bila dibanding dengan HDD lantaran di luncurkan kurun waktu yang lebih muda. Dapat disebut SSD adalah evolusi dari HDD tersebut.

Waktu ni banyak juga piranti computer keluaran paling baru yang diberi dengan SSD. Nah, dari pada anda selalu penasaran serta bertanya-tanya, tersebut bakal kami berikan sebagian info tentang ketidaksamaan mendasar pada HDD serta SSD yang perlu anda kenali supaya tak ketinggal zaman.

1. Kecepatan 

Satu diantara hal mendasar yang memperbedakan HDD serta SSD yaitu kecepatan transfer data dapat dikerjakan. Telah terang SSD lebih cepat daripada dengan HDD lantaran memakai system elektrik yang mutakhir. Tidak heran bila banya laptop atau computer kelas atas memakai type storage yang satu itu untuk tingkatkan performnya.

2. Bentuk Fisik 

SSD mempunyai bentuk fisik yang lebih compact bila dibanding dengan HDD. Terlebih HDD computer yang notabene semakin besar ukurannya daripada HDD laptop. Jadi bila anda mau penyimpanan yang mempunyai ukuran kecil, baiknya tentukan SSD dibanding dengan HDD.

3. Teknologi 

Butuh di ketahui kalau tehnologi yang dipakai oleh SSD tambah lebih mutakhir dibanding dengan HDD. SSD memakai rangkaian IC NAND yang mempunyai kapabilitas bisa menaruh data meskipun tak ada suplay tegangan. Dengan demikian data bakal awet tersimpan dalam storage itu meskipun tidak ada tegangan.

4. Harga 

Point keempat itu adalah kekurangan dari SSD. Lantaran memakai tehnologi yang lebih mutakhir, tentu cost produksi SSD lebih tinggi dibanding dengan HDD. Oleh karenanya harga dari SSD tentu lebih mahal dibanding dengan harga HDD. Perbandingannya dapat 2 x lipat atau lebih.

5. Kemampuan 

Untuk masalah kemampuan, HDD masih tetap tambah baik di banding dengan SSD. Ya, daya tampung dari suatu SSD sekarang ini masih tetap termasuk cukup kecil di banding dengan HDD. Sekarang ini suatu HDD bisa menyimpan data dengan kemampuan sampai beberapa puluh terabyte. Tersebut karena kenapa sekarang ini HDD ada banyak dipakai.