Sarana Informasi Bidang Informatika.

Pentingnya Preferred Domain Untuk Seo Web



Didalam sistem optimasi suatu web dengan organik atau yang kerap di kenal dengan arti SEO (Search Engine Optimization) ada beberapa hal yang butuh dioptimalkan. Banyak dari blogger pemula yang cuma fokus pada optimasi situs serta bikin artikel supaya SEO friendly, tetapi melupakan hal kecil yang sebetulnya punya pengaruh besar untuk situs mereka. Banyak tujuan besar yang perlu mereka kejar serta sering hal kecil serta paling utama ini mereka lupakan.

Karenanya ada hal itu, lewat artikel ini saya coba mengemukakan hal terpenting yakni mengenai mengatur preferred domain untuk website atau website anda. Sebelum saat berlanjut ke sisi fungsi preferred domain untuk SEO situs anda, baiknya kita mengetahui terlebih dulu pemahaman preferred domain tersebut.

Pemahaman Preferred domain 

Preferred domain atau domain pilihan ialah domain yang diambil untuk dipertunjukkan waktu mesin-pencari tampilkan situs anda dalam hasil penelusuran. Dengan mengatur preferred domain jadi anda sudah memberitahu mesin-pencari seperti Google untuk lakukan sistem index ke domain yang ditata menjadi preferred domain serta tidak lakukan perayapan ke domain yang tidak anda atur menjadi preferred domain.

Umumnya preferred domain di kenal dengan domain yang memakai www atau tanpa ada www (www serta non-www). Preferred domain cuma bisa ditata untuk satu domain saja, dalam hal tersebut kerap dikatakan sebagai domain canonical.

Pada mesin-pencari seperti Google, umumnya waktu pendaftaran property akan direferensikan untuk mengatur preferred domain sesuai sama hasrat anda, apakah itu memakai www atau tanpa ada www.

Penyusunan preferred domain cuma dapat ditata untuk top level domain (TLD) atau domain paling tinggi serta bukanlah adalah subdomain. Jadi bila sekarang ini domain anda masih tetap memakai subdomain dari Blogspot atau Wordpress jadi anda tidak bisa mengatur preferred domain.

Arah Preferred domain 

Seperti yang sudah dibicarakan diatas, preferred domain mempunyai tujuan untuk memberi tahu mesin-pencari mengenai domain pilihan yang nanti akan dirayapi bot mesin-pencari Google. Dengan mengatur preferred domain jadi tiap-tiap indeksasi Google akan dipertunjukkan untuk domain yg ditata menjadi preferred domain.

Didalam hal tersebut, butuh dikerjakan redirect 301 dari domain yang tidak di atur menjadi preferred ke domain yang di atur menjadi preferred. Arah dari hal tersebut yakni untuk bikin lalulintas data fokus ke preferred domain tanpa ada dibagi lagi ke domain yang tidak ditata menjadi preferred.

Dengan redirect 301 ini jadi anda tak perlu bikin banyak property di Google situs master tools. Alasannya karena tiap-tiap pemakai yg terhubung ke halaman yg bukanlah preferred domain akan segera diarahkan dengan permanen ke preferred domain yang sudah ditata.

Redirect 301 yang dikerjakan mempunyai tujuan untuk lakukan pengalihan dengan permanen dari domain atau url lama ke format baru sesuai sama preferred domain. Redirect ini akan menolong memberitahu mesin-pencari seperti Google untuk mengubah dengan permanen semuanya jalan raya terkecuali preferred domain ke preferred domain.

Terkecuali hal itu, redirect 301 dapat juga dipakai menjadi pengalihan dari domain lama ke domain baru (domain A ke domain B), masalah ini umumnya berlangsung waktu dikerjakan perubahan domain. Dengan lakukan redirect dengan permanen dari domain lama ke domain baru jadi trafik domain lama akan diarahkan ke domain baru, hingga penurunan trafik bisa diminimalkan. Penurunan trafik tidak berlangsung karena link dari domain lama masih tetap dapat dibuka tetapi diarahkan ke link dari domain baru atau dapat disebutkan link lama tidak alami error 404 page not found.

Pada intinya pada preferred domain serta redirect 301 akan jalan seiringan serta sama-sama berkaitan keduanya. Bila anda ganti preferred domain jadi anda dianjurkan untuk lakukan redirect 301 ke preferred domain yang dituju.

Bila anda memakai SSL (https) jadi anda bisa segera lakukan redirect 301 ke url yang memakai SSL. Butuh di ingat, jika semula anda belumlah mempunyai property di Google Situs Master Tool, jadi anda butuh bikin property baru dengan url dengan SSL.

Bila anda tidak bikin property baru yang sesuai sama penyusunan domain pilihan anda di mana semula telah dikerjakan redirect 301, kemungkinan index di property lama anda akan menyusut serta perlahan-lahan akan hilang. Hal tersebut karena kita sudah memberitahu mesin-pencari jika url sudah diarahkan dengan permanen ke domain pilihan baru sedang property yang kita pakai tidak cocok dengan domain pilihan yang sudah digunakan.

Faedah serta Fungsi Preferred Domain untuk SEO Web 

Pada intinya preferred domain berperan untuk tampilkan url yang diharapkan untuk tampak pada hasil penelusuran, diluar itu bila digabungkan dengan redirect 301 berguna juga untuk bikin trafik situs menuju ke satu url serta Google tak perlu lakukan sekian kali perayapan serta indeksasi pada domain yang sama yang mempunyai format url yang berlainan www atau non-www serta http atau https.

Bila disaksikan dari bagian SEO, preferred domain serta redirect 301 akan bikin semuanya trafik konsentrasi ke URL yang ditunjuk atau diharapkan. Dengan hal tersebut tidak ada trafik yang terdiri, yang mana akan memengaruhi posisi hasil penelusuran. Diluar itu anda juga tidak sulit dalam me-manajemen property sangat banyak serta konsentrasi pada satu property saja.

Kesimpulan 

Mengatur preferred domain untuk situs anda ialah langkah untuk hindari pembagian trafik yang punya pengaruh pada posisi anda di mesin-pencari serta sekaligus juga menolong Google untuk mengetahui domain mana yang anda kehendaki untuk di index Google.

Tanpa ada mengatur preferred domain akan sangat mungkin domain yang anda daftarkan di property Situs Master Tools tidak di index oleh Google. Hal tersebut mungkin saja karena sebab Google meng-index situs anda dengan format url yang berlainan dengan property yang anda bikin.

Demikian artikel mengenai fungsi preferred domain untuk SEO situs anda, mudah-mudahan bisa menolong. Baca juga : cara membuat bootable flashdisk