Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mengganti Alamat Blogspot Dengan Domain Sendiri


Ditukar dengan nama domain kita sendiri pastinya dengan beragam pertimbangan, bergantung keperluan. Yang tentu dengan menggunakan nama domain sendiri juga akan terkesan professional serta tidak gratisan,


Bila trafik atau kunjungan ke alamat situs (blog) lama telah bagus pastinya dengan merubah ke alamat domain baru juga akan alami penurunan yang cukup mencolok, walau demikian janganlah cemas karna saat ada yang masuk ke alamat situs (blog) lama, juga akan diredirect/diteruskan ke alamat domain baru, jadi janganlah cemas juga akan kehilangan pengunjung lama.

Jika anda menginginkan ganti alamat blogspot yang anda punyai jadi nama domain yang anda kehendaki, pastinya anda mesti beli/persisnya menyewa nama domain yang dikehendaki itu terutama dahulu

Untuk beli domain tidak susah, banyak penyedianya, tinggal googling saja. Cukup kita beli domainnya saja tidaklah perlu dengan hostingnya, karna hostingnya/penyimpan datanya juga akan tetaplah di Blogger, begitu untungkan karna terkecuali gratis juga bandwidthnya tidak dibatasi, (berlainan dengan bila sewa hosting sendiri, kita memperoleh bandwidth sesuai sama harga sewa yang dibayar).

Bila kita telah beli/mempunyai nama domain serta menginginkan merubah alamat blogspot kita dengan nama domain yang kita punyai itu langkah settingnya tidak susah.

Dari penyedia Domain yang kita beli/sewa kita juga akan memperoleh login agar bisa terhubung ke Domain Registration Service untuk nama Domain kita, di mana ada setingan DNS (Domain Name Sistem), yang juga akan mengarahkan nama domain kita agar tersambung ke Blogger
Yang butuh disetting yaitu CNAME Records serta A Records.

Buat situs (blog) baru di Blogger atau buka situs (blog) (blogspot) yang telah ada yang juga akan ditukar nama/alamatnya

Masuk ke menu Setting -- Basic
Pada Menu Publishing Situs (blog) address, click + add Custom Domain

Pada kolom Advanced setting ketikkan nama domain anda, lalu click pada Setting instruction

Dari Setting instruction ini juga akan didapat kode (IP atau nama server) untuk isi CName Records serta A Records yang perlu diisikan ke DNS setting.
Untuk CName records ke 1, isi settingnya yaitu sama untuk tiap-tiap pemakai yakni : untuk Name/Label atau Host berisi www, serta Tujuan/tujuan atau point to berisi ghs. google. com

Untuk CName record ke 2, berisi atau settingan Name/label/host dan pada tujuan/tujuan/points to yang didapatkan berlainan untuk tiap-tiap pemakai bergantung dari nama domainnya (up-date blogger tgl 17/9/2012), ditujukan untuk verifikasi serta security (berlainan dengan settingan terlebih dulu (sebelumnya tgl 17/9/2012) yg tidak membutuhkan record ke 2 dalam CName records), kerjakan copy paste, umpamanya copy-paste ke Notepad. untuk mempermudah entri Pada DNS Setting.

Untuk A Records berisi 4 baris record yang semasing tujuannya berisi IP blogger yakni : 216. 239. 32. 21, 216. 239. 34. 21, 216. 239. 36. 21, 216. 239. 38. 21

Demikian kita click Setting instruction jadi kita juga akan meninggalkan halaman setting publishing, biarkanlah tinggalkan dahulu halaman bloggernya.

Silahkan masuk ke Domain Registration Service yang disiapkan oleh penyedia Domain yang anda beli.
bila anda kesusahan dapat menghubungi sisi technical dukungannya.

Buat Record baru untuk CName (optimis tak ada record yang beda, hapus terlebih dulu bila ada) serta isi Nama/label/host (semasing domain service berlainan istilahnya) isi dengan www, lalu pada tujuan/tujuan/point to, isi valuenya dengan ghs. google. com

Buat New record untuk CName setelah itu (CName ke 2)
Pada Nama/label/host serta tujuan/tujuan/point to, isi sesuai sama yang didapat dari Setting Instruction barusan. (yang dicopy ke notepad)

Contoh penampilan CName Records

Lalu buat 4 (empat) Records baru untuk A Record (optimis tak ada record yang beda, hapus terlebih dulu bila ada), serta tujuan IP semasing A Record isi dengan IP Blogger yakni :
216. 239. 32. 21
216. 239. 34. 21
216. 239. 36. 21
216. 239. 38. 21

Contoh penampilan A Records
A Record berperan untuk meredirect bila ada yang mengetik alamat situs (blog) tanpa ada www, juga akan diredirect dengan automatis ke www (karna blogger tidak dukungan domain tanpa ada www, istilahnya : naked domain)

Sesudah Kita Modifikasi CNAME serta A Record. kita tinggal Login kembali pada Blogger, untuk ganti/mengarahkan alamat situs (blog) ke alamat domain kita.

Terlebih dulu optimis dahulu bila setting DNS telah aktif yakni lewat cara lakukan perintah ping dari command prompt.
kerjakan ping ke alamat domain kita
contoh
ping www. informatikailmu. com
dan
ping informatikailmu. com

Bila telah ada reply bermakna DNS telah aktif. lanjutkan masuk ke Blogger untuk setting custom domainnya. bila belum juga tunggulah dahulu hingga aktif. dalam keterangannya untuk aktif dapat sampai sepanjang hari, tapi biasanya tidaklah sampai 1 jam.

Masuk ke menu Setting -- Basic
Pada Menu Publishing Situs (blog) address click + add Custom Domain

Masukan alamat Domain pada kolom yang ada, lalu click Save.