Sarana Informasi Bidang Informatika.

Pengertian HTML


HTML yaitu singkatan dari Hypertext Markup Language. Dimaksud hypertext karna didalam HTML satu text umum bisa berperan beda, kita bisa membuatnya jadi link yang bisa beralih dari satu halaman ke halaman yang lain cuma dengan meng-klik text itu. Kekuatan text berikut yang diberi nama hypertext, meskipun pada implementasinya kelak bukan sekedar text yang bisa jadikan link.

Dimaksud Markup Language karna bhs HTML memakai sinyal (mark), untuk menandai bebrapa sisi dari text. Umpamanya, text yang ada diantara sinyal spesifik juga akan jadi tidak tipis, apabila ada diantara sinyal yang lain juga akan terlihat besar. Sinyal ini dikenal jadi HTML tag.

Bila anda menginginkan lihat bagaimana sesungguhnya HTML, silakan click kanan halaman ini, lantas tentukan View Page Source (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Juga akan tampak satu halaman baru yang disebut kode HTML dari halaman ini.
HTML adalah bhs basic pembuatan situs. Dimaksud basic karna dalam buat situs, bila cuma memakai HTML penampilan situs merasa hambar. Ada banyak bhs pemrograman situs yang diperuntukkan untuk merekayasa kode HTML, seperti JavaScript serta PHP. Walau demikian sebelumnya anda belajar JavaScript ataupun PHP, mengerti HTML adalah hal yang paling awal.
HTML tidaklah bhs pemrograman (programming language), namun bhs markup (markup language), hal semacam ini terdengar sedikit aneh, tapi bila anda sudah mengetahui bhs pemrograman beda, dalam HTML akan tidak diketemukan susunan yang umum di dapatkan dalam bhs pemrograman seperti IF, LOOP, ataupun variabel. HTML cuma satu bhs susunan yang peranannya untuk menandai bebrapa sisi dari satu halaman.

Terkecuali HTML, juga dikenal xHTML yang disebut singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML adalah versus lama dari HTML (sebelumnya masa HTML5 seperti sekarang ini). xHTML memakai ketentuan penulisan yang lebih ketat. Bila anda temukan artikel yang mengulas xHTML, dapat disamakan dengan HTML, karna ketidaksamaannya tidaklah terlalu banyak.

Versus paling baru HTML : HTML5 
Sekarang ini versus paling baru dari HTML yaitu HTML5. HTML5 diisi sebagian feature baru, tapi tetaplah membawa sebagian besar feature dari versus HTML terlebih dulu, yaitu HTML 4 serta xHTML.