Sarana Informasi Bidang Informatika.

Syarat Aktivasi Domain Ac.Id


Domain ac. id ialah domain akademi (academy) yang berada di Indonesia (id). Domain ini bisa dipakai oleh institusi pendidikan seperti perguruan tinggi, kampus, serta sekolah tinggi.

Didalam pembelian domain ac. id memerlukan kriteria spesial supaya nanti domain bisa di aktivasi. Kriteria yang diperlukan dalam aktivasi domain ac. id yakni :

  • Surat info pendirian instansi dari kementerian atau instansi yang berwenang sesuai sama ketentuan perundang-undangan. 
  • Surat info dari Rektor atau Pimpinan Instansi tetang permintaan pendaftaran nama domain. 
  • KTP/Paspor 

Kriteria diatas nanti akan di unggah pada penyedia service hosting yang anda tunjuk serta akan dikerjakan verifikasi oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Tiap-tiap kekeliruan yang berlangsung dalam sistem verifikasi akan diberitakan lewat penghubung aplikasi yang disiapkan oleh penyedia service hosting.

Terkecuali kriteria diatas, ada kriteria umum yang perlu dipenuhi dalam pembuatan nama domain indonesia (. id) yakni seperti berikut :

  • Nama domain mesti sesuai sama persyaratan penamaan. 
  • Nama Domain mesti menghargai serta tidak bertentangan dengan HaKI, IPR, Hak Paten/Merk. 
  • Bila dipandang butuh, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bisa memohon klarifikasi berbentuk Surat Pengakuan/Info/Keterangan, vide Masalah 23 ayat (2) UU no. 11/2008 mengenai ITE. 
  • Waktu berlaku domain ialah 1 (satu) atau 2 (dua) th. mulai sejak tanggal kesepakatan pemakaian nama domain 

Dari keempat kriteria diatas, ada satu kriteria umum yang tidak kami cantumkan untuk sesuaikan dengan tema artikel yakni tentang domain ac. id.

Demikian artikel mengenai prasyarat aktivasi domain ac. id, mudah-mudahan bisa menolong anda jangan lupa share dan baca juga : cara mudah belajar algoritma