Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Windows Laptop


Langkah Buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows - Ubuntu adalah system operasi yang datang dari linux yang opensource. Opensource di sini yaitu system operasinya diberikan dengan gratis pada orang orang yang menginginkan memakai system operasinya. Berlainan dengan windows yang memakai lisensi berbayar. Bila anda menginginkan mengistall ubuntu linux di computer atau laptop anda, langkahnya juga begitu gampang. Anda cuma butuh download system operasinya segera di situs resmi ubuntu yakni ubuntu. com serta pilih versus yang anda kehendaki. Untuk penginstallannya juga begitu gampang, tidak lebih susah dari meng-install windows. Nanti file format yang juga akan anda unduh itu yaitu berupa ISO yang berarti masih tetap anda mesti burn terlebih dulu ke DVD atau di buat installernya pada USB Flash disk yang anda miliki.



Saat buat installernya di usb flashdisk, anda mesti menyiapkan sebagian software kecil. Pada saat ini kita juga akan buat bootable installer di flashdisk dengan memakai tool yang bernama Rufus. Meng-install ubuntu sangat gampang, tinggal anda ikuti saja wizardnya yang begitu gampang dipahami. Juga akan ada pilihan bila anda ingin coba terlebih dulu tanpa ada menginstallnya atau segera meng-install ke harddisk. Juga pada ubuntu yang nanti juga akan anda install telah ada aplikasi standard seperti office, browser, utility, file manager dsb. Untuk aplikasi yang lain, bisa anda install pada menu Ubuntu Software. Berikut ini step tahap buat installer ubuntu pada USB Flashdisk.

Hal yang pertama anda buat persiapan yaitu USBnya sudah pasti dengan ukuran minimum 2GB, cukup kecil karna nanti kita juga akan mendowload ubuntunya dengan ukuran di atas 1GB. Tempat unduh ubuntu segera ke website resminya yakni ubuntu. com. Bila telah, buat persiapan sekali lagi software Rufusnya yang bisa segera di unduh dari website https :// rufus. akeo. ie. Ukuran softwarenya di bawah 1MB serta anjuran saya unduh Rufus yang portable karna telah tidaklah perlu install sekali lagi. Ketika menulis artikel ini, versus paling baru dari rufus yakni Rufus 2. 18 yang memiliki ukuran 945KB yang diperbarui pada tanggal 07 November 2017. Pakai yang berbahasa Indonesia.

Silakan anda Aktifkan koneksi internet, colokan flashdisk dilaptop atau computer sahabat lantas lakukan rufusnya. Pada ketentuan dari rufus, kita tentukan piranti lantas 'Skema partisi serta type tujuan system' : MBR skema partisi untuk BIOS atau UEFI ; 'Sistem File' : FAT32 Standard ; 'Ukuran Cluster' : 8192 bit (Standard) ; Input 'label baru volume' ; ceklist pada 'Format Cepat', 'Buat bootable disk dengan memakai' : ISO Image serta mencari lokasi file ISO Ubuntu yang terlebih dulu telah di unduh. Berikan centang juga pada 'Membuat icon serta perpanjang label'. Bila di rasa telah komplit, silakan click tombol Star untuk mulai sistem. Silakan tunggulah hingga usai. Ingat, untuk memakai flashdisk intaller, boot order yang berada di BIOS Laptop atau komputernya mesti di set, USB Flashdisk prioritynya (Prioritas USB Flashdisk) teratas atau pertama.

Untuk buat Intaller di Ubuntu dengan memakai Flashdisk ini bisa anda cobalah di beberapa type laptop serta computer anda. Demikian Langkah gampang buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows, mudah-mudahan bisa berguna untuk anda.