Sarana Informasi Bidang Informatika.

Memasarkan Bisnis Berskala Kecil Dengan Strategi Media Sosial Marketing

Ingin memakai media sosial untuk memasarkan usaha kecil Anda? tetapi tidak yakin dari mana untuk mengawali? Di bawah ini taktik media sosial marketing untuk pasarkan usaha kecil Anda.


Baca Juga : trik instagram tidak bisa di unfollow

Umumnya usaha bertaraf kecil, tidak memiliki cukuplah sumber daya untuk menjalankan taktik media sosial marketing yang membutuhkan cost yang lumayan besar. Akan tetapi, memakai media sosial dalam pemasaran usaha taraf kecil ini bisa memberi banyak manfaat serta keuntungan. Bahkan juga, beberapa taktik itu ialah taktik yang lumayan sederhana.

Di bawah ini beberapa strategi media sosial marketing untuk usaha taraf kecil, yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Strategi Sosial Media Marketing dengan Bangun Kredibilitas 

Bangun kredibilitas untuk usaha Anda di media sosial tidak serumit kedengarannya. Ingin tahu kenapa? Sebab Anda tidak mesti mempunyai pengikut/pengikut yang besar untuk melakukannya!

Menjadi usaha lokal, bukan menghubungkan dengan beberapa orang, Anda cuma butuh menghubungkan dengan beberapa orang yang pas.

Anda bisa mengawali proses ini dengan membangun  brand awareness. Langkah terbaik untuk lakukan ini ialah untuk membuat visibilitas online yang disebut representasi prima dari siapa Anda baik online serta off line.

Awalilah dengan memvisualisasikan identitas brand Anda lewat visual. Dari logo web, website serta di media sosial Anda, Anda butuh membuat penampilan serta nuansa yang pas dengan personal usaha Anda. Temukan seorang yang bisa menolong membuat grafis yang pas dengan esensi brand Anda. Buat visual menarik serta profesional yang mewakili Anda serta usaha Anda.

Atau, bila Anda punya lebih banyak waktu dibanding uang, Anda bisa pilih beberapa tool dan belajar bagaimana untuk membuatnya sendiri. Terdapat beberapa tool gratis yang ada dengan online untuk bikin logo usaha Anda seperti Logo Generator by Spaces, GraphicSprings Logo Creator, Logaster.

Menarik Konsumen Potensial

Bila Anda ingin belajar bagaimana memakai taktik media sosial marketing untuk usaha kecil, Anda dapat memakai Facebook serta Instagram untuk menarik calon konsumen baru. Bila Anda ingin melakukan ini untuk usaha lokal Anda juga, langkah awal ialah untuk memastikan setup geotagging pada page Usaha Facebook Anda dengan benar.

Anda ingin orang agar bisa check-in saat mereka tengah ada ditempat Anda, seperti cafe contohnya. Setiap kali seorang melakukan itu, itu bisa jadi iklan gratis sebab semua teman-teman mereka akan melihat mereka check-in.

Pemakai Facebook rata-rata mempunyai 100 rekan, serta Anda memiliki peluang untuk menarik mereka juga jadi konsumen. Plus, type posting seperti itu ialah bentuk promo yang lebih baik dari boost post sebab cek-in dari konsumen yang nyata (bukan boost post atau iklan). Anda juga bisa tawarkan insentif/bonus spesial buat beberapa orang yang check-in ditempat usaha Anda.

Contohnya, bila mereka check-in bisa mendapatkan potongan harga 10% waktu mereka lakukan pembelian selanjutnya. Anda bisa memberi bonus apa pun yang Anda kehendaki!
Anda dapat juga mengupdate cover Facebook serta ditambah lagi posting di Instagram.

Dengan lakukan hal seperti itu, dapat dikatakan tanpa cost, Anda dapat mempromokan usaha Anda. Ini ialah contoh yang bagus dari bagaimana usaha kecil Anda dapat menarik konsumen yang pas .

Alih-alih coba melemparkan jaring lebar serta menarik sekumpulan orang yang mungkin atau tidak tertarik dengan usaha Anda, Anda dapat konsentrasi untuk terkait dengan tujuan pasar Anda.
Bahkan juga pergantian kecil bisa membuat efek besar pada pemasaran media sosial Anda!

Bangun Rekanan di Sosial Media 

Di dunia media sosial, koneksi ialah semuanya. Apakah Anda di LinkedIn bangun jaringan profesional Anda atau menanggapi tweet di Twitter usaha Anda, yang terpenting bangun koneksi dengan rekan-rekan usaha lainnya atau bahkan juga yang telah ahli di media sosial.

Sebagai Pemilik usaha kecil, Anda mungkin memikirkan memakan waktu berharga untuk rekan-rekan di media sosial akan sia-sia. Janganlah cemas! Ada banyak pendapat yang bagus untuk Anda supaya Anda bangun rekanan Anda sukses.

Sempatkan untuk menjadwalkan content di media sosial untuk minggu kedepan dan selanjutnya. Anda dapat membuat waktu untuk bekerja menjadwalkan content Anda, contohnya hari jumat. Lalu, kenapa hal seperti ini bisa menolong Anda?

Content Anda sudah Anda setup untuk minggu kedepan, jadi Anda bisa mengecheck media sosial 15 menit pada pagi hari serta 15 menit pada malam hari untuk menanggapi komentar, menjawab pertanyaan serta waktu yang lainnya Anda dapat bangun koneksi dengan rekan-rekan Anda.

Baca Juga : 10 aplikasi android yang dapat menghasilkan uang

Bedakan Usaha Pemasaran Anda

Ada satu pepatah yang berbunyi, “Jangan menyimpan semua telur Anda pada sebuah keranjang.”

Sama dengan dengan off line marketing Anda, Anda tentu mesti dapat memperbedakan usaha pemasaran online Anda. Apa ini bermakna Anda mesti tampil di tiap-tiap media sosial? Itu tak perlu.
Maksudnya ialah Anda mesti betul-betul konsentrasi mengenai siapa tujuan audience Anda.

Alih-alih fokus pada demografi konsumen yang Anda punya, pikirkan fokus pada konsumen yang ingin Anda temukan. Info ini yang akan memberi tahu Anda media sosial manakah yang perlu diberikan semakin banyak waktu untuk mengelolanya. Saat Anda mempelajari semakin banyak mengenai bagaimana memakai media sosial untuk pasarkan usaha kecil Anda, media sosial manakah yang harusnya Anda pakai akan semakin jelas.

Bila Anda tidak mempunyai pandangan yang pasti mengenai media sosial manakah yang butuh Anda pakai, berikut adalah media sosial yang bisa anda gunakan untuk bisnis Anda : 

  • Facebook (yakinkan untuk setup geo-targeting).
  • Instagram (bagus untuk usaha kecil). 
  • Twitter (memerhatikan pembicaraan di Twitter akan memberi pandangan yang bagus). 

Sesudah Anda memutus media sosial manakah yang akan Anda pakai, Anda dapat mempromokan content Anda dengan menyilang antar media sosial yang sudah Anda pilih.

Dengan diversifikasi pemasaran online Anda, Anda akan memperluas jangkauan usaha Anda lebih dari yang Anda bahkan juga tidak bisa bayangkan.

Repurpose Konten-Konten Terunggul Anda 

Saat Anda belajar bagaimana memakai taktik media sosial marketing dalam usaha Anda, Anda akan amat cepat melihat bagaimana membuat content baru bisa mengonsumsi banyak waktu. Karena itu, Anda dapat jadi master repurposing!! Repurpose content ini ialah sesuaikan kembali arah dari konten-konten terunggul Anda. Repurposing content ialah langkah brilian untuk tempatkan bentuk-bentuk baru dari content yang telah ada.

Katakanlah Anda mengetweet mengenai suatu yang Anda serta audiens Anda gemari. Tahukah Anda jika Anda dapat memakai kembali tweet sebagai sekurang-kurangnya 13 content lainnya? Yap, Anda bisa! Apa Anda sempat lihat seorang di media sosial yang nampaknya selalu membuat content yang baru? Janganlah bingung pada repurposing content dengan duplikasi posting Anda pada tiap-tiap jaringan sosial.

Bila Anda lakukan duplikasi, orang akan tidak mempunyai argumen untuk mengikuti Anda sebab mereka akan lihat content yang persis sama dari awalnya.

Demikian sebaliknya, belajar keunikan tiap-tiap basis media sosial. Taktik media sosial ini cukuplah ampuh. Berikan orang argumen untuk selalu ikuti Anda! Janganlah menggandakan content Anda dengan persis. Lihatlah tiap-tiap sisi dari content lewat cara yang berlainan untuk tiap-tiap basis sosial. Contohnya, pakai satu cuplikan dari posting website yang selalu dibaca orang dengan tweet serta membuat grafik cuplikan untuk posting di Instagram.

Atau ambil panduan berguna yang Anda beri pada seorang di Facebook serta memakainya untuk bikin 2 menit panduan di Facebook Live Video. Anda bahkan juga bisa masukkan video itu pada posting website Anda. Terdapat beberapa langkah untuk repurposing content Anda.

Mempertimbangkan Waktu Serta Uang 

Pemilik usaha, Anda ketahui waktu ialah uang. Bila Anda ingin memakai taktik media sosial marketing untuk usaha taraf kecil Anda dalam langkah yang sangat efektif, terpenting untuk fokus setiap saat Anda mengurus media sosial Anda. Pasti ada waktu untuk posting gambar yang lucu, tetapi saat itu saat hari kerja Anda, yakinkan untuk konsentrasi pada arah Anda!

Tersebut 5 langkah sederhana untuk masih pada arah media sosial Anda.

  1. Menguraikan arah Anda 
  2. Catat arah Anda 
  3. Membuat gagasan untuk dengan jelas membuat taktik, netral serta strategi. 
  4. Mengatur deadline dari arah yang bisa Anda raih dengan sesuai kenyataan. Bila Anda terasa keluar jalan waktu mencapai arah Anda, Anda dapat lihat lagi gagasan yang sudah Anda bikin serta kembali pada gagasan yang sudah Anda susun. 

Saat Anda mulai mendapatkan keuntungan, Anda bisa memakai Iklan Facebook dengan mengatur biaya Anda (yang bisa dikerjakan untuk usaha kecil). Anda bisa  mengawasi biaya Anda dan iklan itu masih bekerja untuk Anda!

Tujukan Traffic Ke Web/Website Anda

Web/website ialah basic dari semua usaha pemasaran online Anda. Ini ialah tempat dimana konsumen mungkin untuk akan memutus apa mereka akan beli ataukah tidak produk atau service usaha Anda. Itu yang orang akan ingat saat mereka berfikir mengenai usaha Anda.

Pendapat terbaik – lakukan tes atau penelitian! Bila Anda ingin mengarahkan banyak traffic ke situs-situs / website, Anda tidak bisa membuat taktik yang asal serta cuma berdasarkan dari pendapat Anda saja.

Pakai Tool Yang Tepat 

Pemilik usaha bertaraf kecil, tool yang pas bisa jadi rekan terunggul Anda. Tool itu akan menolong Anda mempermudah pekerjaan Anda. Memakai tool yang pas akan mengirit waktu serta cost.

Beberapa Tool yang dapat Anda pakai ialah:

1. Trello
2. Evernote
3. Relay
4. Canva

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : penyebab dan cara mengatasi laptop sering panas