Sarana Informasi Bidang Informatika.

Kelebihan Dan Kekurangan Accelerated Mobile Pages Beserta Pertimbangan Sebelum Memakainya


Accelerated Mobile Pages atau yang disingkat dengan AMP ialah suatu halaman yang dipercepat untuk pemakai mobile serta tablet.

Web atau website AMP bisa dikenali karenanya ada sinyal petir yang dilingkari pada hasil penelusuran mobile serta tablet. Tetapi pada penelusuran desktop vs AMP tidak mempunyai sinyal yang berlainan dengan Non-AMP, hal tersebut karena konsentrasi AMP ialah di mobile serta tablet.

Situs mobile dipercepat (AMP) akan mempunyai prioritas yang baik dari bagian penelusuran mobile serta tablet. Hal tersebut sangatlah untungkan untuk situs atau website yang mempunyai pengunjung menguasai dari piranti mobile serta tablet. Tetapi di sejumlah masalah ada yang mengatahan AMP belumlah dapat menjawab keperluan yang ada bila dibanding dengan yang dikasihkan oleh situs non-amp (web mobile friendly yang responsive).

Persepsi mengenai keuntungan serta kekurangan dari tiap-tiap product baru itu lumrah, janganlah jadikan kekurangan seorang pada satu product jadi kekurangan yang seolah akan kita alami dan janganlah jadikan kelebihan yang sudah kita rasakan seolah akan dirasa pemakai yang lain.

Semuanya akan kembali pada keadaan atau kondisi semasing pemakai tersebut, ditambah lagi bila disaksikan dari bagian situs. Tiap-tiap pemakaian frame-work apa pun tentu ada kekurangannya semasing, tinggal saat ini bagaimanakah mengakali kekurangan itu supaya tidak terlihat serta kelebihan yang ada dapat di nikmati.

Lihat dari bagian histori perjalanan AMP, dari bln. oktober 2015 di mana pada sekarang ini pengumuman Google berkaitan rencana projek AMP pertama-tama diumumkan, lalu pada bln. Februari 2016 peluncuran pertama AMP s/d sekarang ini masih tetap sedikit situs atau website yang mengaplikasikan projek open source ini.

Ada beberapa pertimbangan dari pengelola situs atau website sebelum saat mengambil keputusan meminang AMP menjadi template situs atau website mereka.

Sebelum saat ke arah ke kajian lebih jauh berkaitan pertimbangan sebelum saat lakukan migrasi ke AMP, saya akan mengulas sedikit mengenai keunggulan serta kekurangan memakai AMP untuk situs atau website anda.

Keunggulan Memakai Template AMP 

Tiap-tiap orang juga bakal mencari tahu terlebih dulu keunggulan atau kelebihan memakai AMP sebelum saat mengambil keputusan untuk migrasi ke AMP. Keunggulan ini nanti akan jadi penyemangat anda untuk lakukan migrasi ke AMP serta meremehkan semua kekurangan yang dipunyai oleh template AMP.

Dengan hal itu, saya coba menguraikan sejumlah kelebihan atau keunggulan dari Template AMP yang akan anda integrasikan dengan situs atau website anda. Berikut sejumlah keunggulan memakai template AMP.

  • Load Cepat 

Keunggulan yang pertama datang dari kapabilitas load yang lebih cepat baik di mobile, tablet ataupun di desktop. Keunggulan dari bagian kecepatan ini bisa bikin pengunjung situs atau website anda terasa nyaman serta terlepas dari loading yang terlalu berlebih.

  • Super Cepat Bila Telah Diindex 

Halaman situs atau website AMP yang sudah di index oleh Google akan mempunyai kecepatan akses yang super cepat (dalam waktu relatif cepat mata seperti petir). Argumen simpel yang dapat digunakan dasar untuk hal tersebut yakni karena AMP mempunyai system cache (AMP cache) yang sangat mungkin pemakai terhubung cache tanpa ada masuk ke server situs atau website itu.

Bila halaman situs atau website belumlah terindeks jadi AMP akan tampilkan halaman yang segera di load dari server situs atau website itu. Tetapi janganlah kawatir, kecepatan akses web-nya akan relatif lebih cepat di banding memakai template Non-AMP, karena AMP mempunyai AMP JS yang betugas untuk lakukan perenderan halaman secara cepat.

  • Banyak Dukungan 

AMP sendiri sudah di dukung banyaknya basis, vendor, serta mitra besar dari semua dunia.

  • Dokumentasi Lengkap 

Dokumentasi yang komplit akan mempermudah anda dalam lakukan integrasi maupun lakukan modifikasi template sesuai sama keperluan anda. Dokumen yang disebut dari mulai tips, tutorial, rujukan, contoh, ataupun video komplit bisa anda akses pada website resmi AMP.

  • Memotong Pemakaian Plugin 

AMP dengan ketentuan akan bikin anda memotong pemakaian plugin yang kurang diperlukan untuk situs atau website anda. Dengan memakai AMP jadi anda akan berpikir efektif, hal tersebut karena ada beberapa batasan spesial yang digunakan AMP. Dengan argumen itu jadi anda akan memotong plugin yang tidak di dukung oleh AMP.

Kekurangan Memakai Template AMP

Sesudah mengerti apapun keunggulan AMP, setelah itu yang tidak kalah terpenting yakni tahu apapun kekurangan AMP yang dapat anda gunakan pertimbangan sebelum saat lakukan migrasi. Berikut sejumlah kekurangan yang dapat anda jumpai waktu memakai AMP.

  • Tidak Memengaruhi Posisi Hasil Pencarian 

AMP tidak memengaruhi posisi hasil penelusuran di mobile serta tablet. Pada intinya hasil penelusuran yang dipertunjukkan pada mobile serta tablet bersumber dari hasil penelusuran di desktop.

Kekeliruan yang disebabkan oleh template vs desktop akan memengaruhi hasil penelusuran baik dari bagian mobile, tablet, serta desktop. Dengan hal itu jadi AMP dianjurkan digabungkan dengan template responsive hingga baik dibuka dari desktop, tablet, ataupun mobile serta masih mempunyai perform terbaik.

  • Pembatasan Javascript 

Kekurangan AMP setelah itu datang dari ada pembatasan Javascript, di mana JS terkecuali yang sudah direferensikan AMP tidak dapat dipakai oleh template yang berbasiskan AMP.

  • Banyak Widget yang Tidak Didukung 

Banyak widget js yang belumlah dapat diintegrasikan jadi kekurangan AMP yang lainnya. Dalam hal tersebut anda mesti mencari alternatif lainnya untuk ganti keperluan widget yang lama. Hal tersebut dikarenakan oleh ada pembatasan javascript diatas.

  • Pembatasan CSS 

Kekurangan yang lainnya yakni dari ada pembatasan jumlah CSS yang dipunyai oleh situs, di mana jumlah css situs atau website dibatasi cuma 50 Kb. Dengan pembatasan ini jadi anda mesti bekerja ekstra dalam memotong css yang tidak bermanfaat.

  • Butuh Pandangan Bila Ingin Sesuai sama Kebutuhan 

Kekurangan AMP setelah itu datang dari memerlukan pandangan lebih jauh berkaitan AMP untuk bikin semuanya keperluan situs atau website dapat diakukan. Hal tersebut karena tiap-tiap keperluan seorang berlainan, diluar itu templit yang diperlukan tidak khusus seperti keperluan yang diharapkan, hingga dibutuhkan ada modifikasi-modifikasi spesifik untuk bikin template sesuai sama keperluan yang ada.

  • Penampilan Lebih Sederhana 

Didalam perubahannya, penampilan AMP merasa lebih sederhana di banding dengan situs non-AMP. Hal tersebut mungkin saja karena sebab ada pembatasan ukuran CSS serta pembatasan JS. Dengan hal tersebut penampilan situs atau website AMP akan terlihat lebih sederhana di banding web desktop atau web mobile friendly. Tetapi janganlah kawatir, AMP masih tetap selalu di kembangkan dengan fitur-fitur barunya yang dapat bikin penampilan situs anda makin menarik.

  • Direferensikan Memakai SSL 

Untuk mendapatkan support penuh dari AMP jadi web anda mesti memakai SSL atau https.

Untuk anda yang mempunyai web personal atau situs perusahaan jadi anda akan keluarkan dana yang lebih bila ingin mengaplikasikan SSL yang baik untuk situs anda. Tetapi bila anda tidak mempunyai cukup cost untuk hal tersebut, anda bisa memakai SSL bawaan CPANEL dari hosting anda.

Untuk pemakai blogger, hal tersebut tidaklah suatu masalah karna Google beberapa waktu terakhir sudah memberi SSL gratis untuk integrasi Top Level Domain (TLD) di blogspot.

Sesudah mengerti jumlahnya keunggulan serta beragamnya kekurangan dari template AMP jadi anda diinginkan lebih selektif serta bijak dalam memutuskan. Anda bisa pikirkan kembali berkaitan dengan pertimbangan anda untuk lakukan migrasi ke AMP.

Pertimbangan Migrasi ke AMP 

Didalam sistem migrasi ke template AMP, ada pertimbangan-pertimbangan spesial yang nanti akan menolong anda dalam lakukan migrasi maupun bisa anda gunakan dasar waktu lakukan migrasi ke template AMP.

Pada intinya pertimbangan ini tidaklah referensi, tetapi pandangan saya pribadi pada argumen lakukan migrasi serta apapun yang dibutuhkan waktu migrasi.

Sedetailnya berkaitan pertimbangan-pertimbangan waktu lakukan migrasi template AMP yakni seperti berikut.

  • Jumlahnya Pengunjung dari Mobile atau Tablet 

Jumlahnya pengunjung dari piranti mobile serta tablet yang berkunjung ke situs atau website anda ialah argumen kuat kenapa lakukan migrasi ke AMP.

Dengan memakai AMP jadi pengunjung yang terhubung dari mobile serta tablet semakin lebih nyaman untuk berkunjung ke situs atau website anda. Hal tersebut karena situs atau website AMP mempunyai load akses yang cepat serta penampilan yang relatif sederhana.

Dengan kelebihan itu jadi situs atau website anda akan alami penambahan dari jumlahnya pengunjung yang bersumber dari piranti mobile serta desktop.
  • Tersedianya serta Keselarasan Template AMP 

Pertimbangan setelah itu sebelum saat lakukan migrasi ke AMP yakni mencari tahu mengenai ketersediaan serta keselarasan dari template AMP.

Karena AMP belumlah mensupport semuanya basis situs jadi mencari tahu mengenai ketersediaan template AMP dengan sesuai dengan basis yang dipakai ialah hal yang harus anda kerjakan. Tanpa template yang sesuai sama basis yang anda pakai maka dapat relatif lebih susah untuk dapat berpindah ke AMP, terkecuali anda mempunyai latar belakang perebutan bhs pemrograman.

Lalu keselarasan template akan jadi patokan anda dalam lakukan migrasi. tersedianya template yang gratis atau premium sesuai sama hasrat serta keperluan anda akan mendorong anda untuk lakukan migrasi ke AMP, begitu juga demikian sebaliknya. Bila anda tidak temukan template yang sesuai sama keperluan anda jadi telah pasti kemauan untuk lakukan migrasi ke AMP akan sedikit menyusut atau bahkan juga anda membatalkan untuk lakukan migrasi.

  • Jumlahnya Jumlahnya Postingan 

Jumlahnya jumlahnya posting adalah pertimbangan lainnya yang butuh anda fikirkan. Pada sejumlah masalah, jumlahnya content jadi argumen dari tidak validnya halaman AMP.

Dalam sejumlah masalah di mana plugin atau frame-work yang belumlah di dukung AMP keseluruhannya akan mempunyai kendala-kendala spesifik yang mengharuskan anda mengecheck serta melakukan perbaikan template dengan manual di tiap-tiap posting.

Dengan argumen itu jadi jumlahnya posting akan jadi masalah anda dalam lakukan migrasi ke AMP. Makin banyak posting jadi makin banyaknya waktu buat anda dalam lakukan perbaikan serta validasi halaman.

Tetapi dalam masalah lainnya di mana AMP sudah di dukung dengan penuh oleh frame-work yang dipakai, jumlahnya posting tidak jadi permasalahan yang bermakna dalam lakukan migrasi ke AMP.

  • Sistem Validasi Hingga Re-Index Memerlukan Waktu yang Relatif Panjang 

Sistem serta waktu dalam lakukan validasi serta index halaman ialah aspek lainnya yang butuh anda pikirkan sebelum saat lakukan migrasi ke template AMP.

Dalam prakteknya, halaman AMP mempunyai sistem validasi yang mempunyai tujuan untuk mengatakan jika halaman itu telah valid AMP atau belumlah. Sistem validasi ini tidak dapat dikerjakan sekali tetapi dikerjakan per halaman situs atau website. Dengan argumen itu jadi sistem validasi telah pasti akan menghabiskan waktu yang panjang.

Terkecuali hal itu, anda akan ditempatkan dengan sistem index berkala yang dikerjakan Google pada web anda. Dengan sistem index berkala ini, jadi anda mesti secara cepat melakukan perbaikan error AMP yang berada di tiap-tiap halaman situs atau website anda.

Bila halaman situs atau website anda belumlah usai diperbaiki waktu Google lakukan index berkala jadi dengan automatis pada Situs Master Tools anda akan ada beberapa error AMP sesuai dengan data paling akhir waktu re-index dikerjakan.

Meskipun ini bisa untungkan buat anda yakni bisa tahu berapakah halaman lagi yang error serta halaman apapun yang alami error AMP. Tetapi di lainnya bagian anda akan menanti lebih lama hingga error AMP itu perlahan-lahan hilang.

Dalam sejumlah masalah yang sempat saya alami, meskipun Google sudah lakukan index lagi pada halaman, tidak jamin semuanya error AMP akan segera hilang walau anda sudah pastikan semuanya halaman sudah valid AMP. Google memerlukan waktu yang lebih lama dalam lakukan index lagi pada halaman yang kurun waktu dekat sudah dikerjakan index.

Dengan pengalaman itu jadi anda bisa tahu perilaku Google dalam lakukan index serta tak perlu kawatir bila halaman AMP anda masih tetap dinyatakan error meskipun sebetulnya telah valid.

  • Tersedianya AMP Plugin 

tersedianya AMP plugin jadi pertimbangan setelah itu sebelum saat lakukan migrasi ke template AMP.

Anda butuh lakukan penggalian info selanjutnya berkaitan tiap-tiap plugin yang di dukung oleh AMP serta sekaligus juga menganalisa keperluan paling utama situs atau website anda. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk mencari plugin yang sesuai sama serta ada pada template berbasiskan AMP.

Bila anda mempunyai keperluan paling utama yang mendukung usaha atau usaha anda tetapi tak ada plugin yang mensupport untuk hal itu, jadi anda butuh memperhitungkan sebelum saat lakukan migrasi ke AMP. Berpatokanlah pada arah serta keperluan anda, janganlah bikin trend merubah arah serta keperluan anda.

Baca juga : pengertian algoritma dan struktur data