Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mencegah Copy Paste Di Blog



Artikel yang kita buat ialah hal yang harus kita jagalah keasliannya, serta sedapat mungkin untuk hindari terjadinya duplikat. Kenapa demikian? Artikel yang di copy akan memberi tanda negatif pada website yang pertama menerbitkan artikel karena dikira menjadi plagiat bila website orang yang lain yang mengcopy artikel kita nyatanya terindeks lebih dahulu oleh mesin telusur. Pastinya kita akan terasa dongkol, jengkel, bimbang atau apalah, karena kita yang berpikir keras bikin artikel serta orang yang tidak bertanggungjawab itu yang nikmati akhirnya. Bagaimanakah langkahnya menahan copy paste artikel Website itu?

Terjadinya duplikat/copy paste artikel yaitu dengan dua langkah :

1. Lewat Copy Auto Website

Auto website ialah website yang dengan automatis menerbitkan content dari website lainnya, dengan memakai pemberitahuan dari Feed satu website yang masuk ke account e-mail mereka, untuk lalu dengan automatis dipost ke situsnya. Kenapa mereka dapat lakukan ini?

Website yang kita buat di Blogspot dengan automatis akan menyiapkan service RSS (Really sederhana syndication) atau bila di translate jadi mempersatukan suatu jadi betul-betul gampang. Hal tersebut disediakan oleh Blogger supaya beberapa pembaca yang ingin berlangganan serta ikuti up-date artikel kita. Artikel yang kita buat dengan automatis akan terkirim lewat service RSS ke e-mail yang mereka daftarkan waktu mereka ingin berlangganan.

Tetapi sarana serta keringanan yang disediakan oleh Blogger ini di gunakan oleh orang orang yang culas serta malas untuk mengcopy semuanya artikel yang kita terbitkan tanpa ada ubah atau modifikasi terlebih dulu. Akhirnya maka dapat berlangsung duplikat content/artikel kita.

Untuk Menahan copy paste dengan auto website ini yaitu dengan langkah memendekkan feeder website supaya tidak automatis dicopy keseluruhannya, dengan adanya ini jadi pelanggan RSS Website kita cuma bisa membaca sebagian dari artikel yang kita buat serta jika mereka ingin membaca atau lihat keseluruhannya jadi mesti berkunjung ke Website kita, automatis mereka tidak bisa mengcopy artikel kita dari e-mail yang mereka terima karena RSS Feeds cuma kirim sebagian saja artikel yang kita buat.

Mengenai cara-caranya ialah :

  1. Sesudah anda ada pada account blogger, pastikan menu SETELAN serta LAINNYA 
  2. Anda akan diberikan penampilan menu baru, serta di bagian UMPAN SITUS, tentukan nilai IZINKAN UMPAN SITUS ubah jadi KHUSUS, atur UMPAN ENTRI BLOG jadi SINGKAT
  3. Atur FEED KOMENTAR BLOG serta FEEDS KOMENTAR TIAP POSTING jadi PENUH 
  4. Sesudah setingan dirubah janganlah lupa untuk click SIMPAN 

Sekianlah Langkah menahan Copy Paste dengan Auto Website, gampang - mudahan lewat cara semacam ini si plagiat serta pencuri artikel jadi tidak tertarik lagi dengan mengcopy artikel kita.

2. Dengan Click Kanan (copy manual)

Click Kanan/Copy manual artikel, hal tersebut umumnya cuma sejumlah artikel yang kebetulan sang plagiat kehendaki. Mengenai langkah menangani Copy paste ini yaitu dengan langkah menempatkan script/kode ke template. Di sini saya untuk jadi dua yakni menahan semuanya isi artikel tidak dapat di copy atau cuma sisi spesifik saja yang dapat di copy.

A. Langkah Menahan semuanya isi artikel tidak dapat di copy

Untuk Langkah tersebut semuanya isi artikel anda tidak dapat di copy keseluruhannya termasuk juga kode script, mengenai langkahnya ialah seperti berikut :

  • pada menu tentukan TEMPLATE serta click Ubah HTML 
  • Mencari kode/head serta tempatkan kode script tersebut di bawahnya. 

<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}
</script >

  • Click SIMPAN 



B. Langkah Menahan sebagian dari isi artikel tidak dapat di copy.

Untuk langkah tersebut isi artikel tidak dapat di copy, tetapi kode script dapat di copy, hal tersebut pas untuk website yang suka share kode script, yakni dengan meningkatkan kode css pada template. Mengenai langkahnya ialah :

  • pada menu tentukan TEMPLATE serta click Ubah HTML
  • Mencari kode/b : skin atau/model serta tempatkan kode script tersebut diatasnya. 

post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }

.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }

  • Click SIMPAN 


Sekianlah Langkah Menahan Copy Paste Artikel Website yang bisa saya berikan, mudah-mudahan berguna.

baca juga : penyebab dan cara mengatasi laptop sering panas