Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Memperbaiki Black Screen Ketika Booting WIndows


Black screen adalah kondisi di mana monitor computer anda cuma keluarkan warna hitam di semua monitor. BIasanya black screen ini seringkali keluar ketika booting Windows 10. Ini begitu mengganggu, belum juga kita susah mendiagnosa kekeliruannya di mana karna tak ada sekalipun info yang keluar. Karenanya dalam artikel ini saya juga akan mengulas bagaimana caranya mengatasiu black screen yang begitu menyusahkan pemakai.

Untuk memecahkan problem pada computer, awalilah dengan kontrol mendasar seperti meyakinkan kabel telah tersambung serta monitor telah di pastikan hidup. Lalu dilanjutkan dengan langkah yang lebih jauh seperti boot ke safe model untuk menghapus driver display.

1. Kerjakan Kontrol Dasar 
Bila Anda alami black screen tak ada apa-apa sekalipun, bahkan juga saat computer tengah booting pertama, hal pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu mengecek koneksi display. Yakinkan kabel tersambung dari PC ke monitor, serta tidak longgar. Bila masih tetap belum juga, cobalah pakai VGA yang beda.

Bila sangat mungkin cobalah sambungkan monitor ke PC yang berlainan serta saksikan apakah bekerja. Bila tidak, ada peluang kalau monitor Anda alami rusaknya. Atau cobalah dengan monitor beda, bila masih tetap tidak keluar gambar, bermakna ada kekeliruan pada PC.

2. Unplud Device 
Pada computer Anda, bebaskan semuanya piranti eksternal Anda. Termasuk juga mouse, keyboard, hard drive eksternal, dsb. Restart computer Anda serta saksikan apakah Anda masih tetap alami black screen. Bila tidak, gunakan semasing piranti dalam satu per satu hingga Anda temukan apa yang mengakibatkan problem. Bila diketemukan piranti bermasalah, cobalah perbarui driver-nya.

3. Cocokkan Penyusunan Projectsi 
Mungkin saja penyusunan projectsi system anda tidak ditata dengan benar. Tekan tombol Windows + P untuk buka menu Projectsi. Dari atas ke bawah pilihannya yaitu : PC screen only, Duplicate, Extend, serta Second screen only. Sesaat yang pertama yaitu default.
Tekan P untuk mengubahkan pilihan ke bawah serta Enter untuk pilih. Ulangilah ini empat kali untuk kembali pada penyusunan awal, dengan adanya ini peluang ada satu diantara penyusunan yang cocok.

4. Install Ulang Driver Display 
Untuk meng-install ulang driver monitor kita mesti boot ke Safe Model. Dalam safe model hal yang bias Anda kerjakan terbatas, tetapi ini bias merampungkan problem untuk reinstall driver.

Kerjakanlah beberapa langkah diatas, bila memanglah masih tetap black screen, mungkin saja ada penyebabnya yang belum juga di ketahui. Selamat coba.