Sarana Informasi Bidang Informatika.

6 Manfaat Jaringan Komputer Untuk Perusahaan Dan Manusia


Saat kita memakai/mengaplikasi satu tehnologi tentunya memperhitungkan asas manfaat dan faedah, tidak kecuali pada jaringan computer. Waktu akan menempatkan jaringan computer, tentunya kita mempunyai argumen atau pertimbangan dari sisi manfaat maupun faedah.

Faedah yang dapat dirasa dengan terdapatnya jaringan computer diantaranya dapat digolongkan dalam satu perusahan/organisasi serta orang-orang umum.

Manfaat serta Faedah Jaringan Computer Untuk Perusahaan/Organisasi :

1. Sharing sumber daya 

Dengan terdapatnya jaringan computer sumber daya seperti data pada computer server atau piranti keras seperti printer serta scanner dapat di berbagi untuk dipakai dengan bersama.

Faedah begini begitu merasa jika di satu perusahaan tempat kita bekerja mempunyai sebagian ruang/lantai/cabang perusahan serta letaknya berjauhan. Bisa dipikirkan saat kita masih tetap memakai langkah konvensional seperti mendatangi satu cabang itu cuma untuk ambil data, pastinya akan menelan saat yang lama. Walau demikian dengan terdapatnya tehnologi jaringan computer, kita cukup hanya terhubung cabang yang juga akan kita ambillah datanya secara cepat tanpa ada memerlukan saat yang lama.

2. Arus info jadi cepat 

Jaringan computer buat arus info dalam satu perusahaan atau organisasi jadi cepat serta tidak dibatasi oleh ruangan serta tempat. Info pada divisi atau cabang mengalir lewat jaringan computer itu tanpa ada butuh si karyawan/staf beralih dari tempat ke tempat yang beda cuma untuk memperoleh satu info.

3. Media komunikasi 

Jaringan computer jadi media komunikasi pada karyawan atau staf yang ada pada perusahaan/organisasi itu. Media komunikasi dalam jaringan computer dapat berbentuk email, chat, Video Conference serta VoIP yang sangat mungkin kita bicara seperti telepon umum atau seluler.

4. Keamanan data 

Dari bagian keamanan data, jaringan computer dapat menanggung hak akses tiap-tiap pemakai dalam perusahaan atau organisasi itu. Jadi contoh umpamanya pimpinan dapat terhubung data sebagai haknya untuk dibuka serta tidak dapat dibuka oleh orang yang lain seperti karyawan, security dsb.

5. Integrasi data 

Data yang ada pada satu organisasi atau perusahaan dapat sama-sama terintegrasi keduanya seperti data penjualan, data pembelian, data stock gudang, data keuangan serta data yang lain. Dengan memakai jaringan computer, data itu juga akan sama-sama tersambung keduanya walau datang dari divisi yang tidak sama.

6. Efisiensi serta penghematan 

Dengan terdapatnya jaringan computer, perusahaan atau organisasi dapat menghemat biaya seperti transport serta angggaran yang sifatnya dapat digantikan oleh jaringan computer. Hasil yang diperoleh oleh perusahaan jadi maksimum karna ada Efisiensi saat serta dan sumber daya.

Faedah serta manfaat jaringan computer untuk orang-orang umum :

Faedah yang dapat dirasa oleh orang-orang umum yaitu ada jaringan computer yang mempunyai taraf yang semakin besar atau yang umum kita kenal dengan arti internet. Internet sekarang ini telah jadi keperluan pokok serta pola hidup untuk orang-orang umum dari beragam kelompok. Untuk pendidikan, internet umum digunakan untuk mencari sumber rujukan seperti jurnal, makalah, serta rujukan dari situs (blog) lewat website.

Akses internet dapat dikerjakan dimanapun serta memakai media seperti computer, Notebook serta smartphone. Sarana yang umum digunakan oleh orang-orang di internet adalah

Email, Social media, Miling daftar atau komunitas diskusi, chat rooms, video conference dan sebagainya.

Email, yaitu sarana di internet yang dipakai untuk kirim serta terima surat elektronik. Tiap-tiap orang mesti mempunyai alamat email agar bisa kirim serta terima email ke orang yang lain.

Social media, adalah komunikasi yang terakhir sekali lagi trend didunia maya. Contoh social media yang seringkali dipakai yaitu Facebook, twitter, Linked in dan sebagainya.

Miling daftar/komunitas diskusi, seringkali dipakai untuk berdiskusi lewat email serta melalu situs komunitas.

Chat rooms, sarana sangat mungkin seorang di internet dapat terlibat percakapan berbentuk pesan text serta dapat membuat satu group untuk terlibat percakapan dengan beberapa orang sekaligus

Video Conference, dengan sarana ini sangat mungkin kita dapat sama-sama bertatap muka serta berhubungan dengan real time dengan rekanan yang berjauhan dan dapat lakukan meeting dengan sebagian tempat.

VoIP, tehnologi ini dapat mentransfer nada lewat internet atau mungkin dengan kata beda VoIP jadi jalan keluar untuk menelpon seorang dengan cuma memakai internet serta tidaklah perlu membayar pulsa seperti handphone serta telpon umum.