Thursday, November 01, 2018

10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing

Memanfaatkan kekuatan isi dari media dan pemasaran yang Anda lakukan melalui sosial media dapat membantu meningkatkan pendengar dan pelanggan Anda secara luas dan luar biasa. Tapi untuk memulainya tanpa memiliki wawasan atau pengalaman sebelumnya bisa menjadi tantangan atau hambatan yang sangat berat.

10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing


Untuk itu, sebelum memulai sosial media marketing, pastikan Anda memahami ilmu-ilmu dasar mengenai pemasaran melalui media sosial. Maka dari itu, berikut ini 10 ilmu tentang sosial media marketing yang akan membantu anda dalam membangun fondasi yang kuat dalam membangun merek bisnis, yaitu sebagai berikut :

1. Hukum Fokus

Lebih baik menjadi seorang yang memiliki spesialisasi daripada menjadi jack-of-all-trade. Strategi  yang fokus  untuk membangun dalam pemasaran brand yang kuat memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada menjadikan strategi yang luas yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang. Jadi lebih baik kita fokus terhadap brand kita sendiri. Kita harus memiliki daya tarik tersendiri dari brand kita dan memiliki strategi dalam meningkatkannya daripada harus memperluas strategi yang lain yang akhirnya jadi tidak fokus dalam mengembangkannya.

2. Hukum Mendengarkan

Jika Anda ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk banyak mendengarkan daripada banyak berbicara. Cobalah mendengarkan dari target audiens dan pembaca Anda danlakukan diskusi agar kita tahu apa yang mereka inginkan dan mempelajari apa yang penting bagi audiens. Baru setelah itu Anda bisa membuat konten yang bermanfaat dan dapat memicu percakapan yang memberi nilai lebih bagi kehidupan mereka.

3. Hukum Kesabaran

Keberhasilan sosial media dan konten marketing membutuhkan banyak waktu dan tidak terjadi begitu saja. Untuk membangun konten dan merek bisnis yang maksimal perlu komitmen jangka panjang dari Anda. Jika Anda membuat konten yang menarik dan berhasil, maka Target audiens akan datang dan menghampiri Anda secara sendirinya.

4. Hukum Mutu / Kualitas

Kualitas mengalahkan kuantitas. Tanpa adanya kuantitas bagaimana menentukan kualitas.  Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang konten Anda dengan pemirsa mereka sendiri daripada 10.000 koneksi yang hilang setelah terhubung dengan Anda untuk pertama kalinya.

5. Hukum Peracikan


Jika anda membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat, maka audiens anda memiliki kecenderungan untuk mempublikasikan konten yang anda bagikan, karena audiens menganggap itu bermanfaat dan berguna. Mereka akan melakukan share dengan khalayak mereka sendiri di Twitter, Facebook, LinkedIn atau blog mereka sendiri.

Metode share konten seperti ini membuka titik masuk baru bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukannya di pencarian kata kunci dengan mudah. Titik masuk tersebut bisa berkembang menjadi ratusan atau ribuan cara yang lebih mudah bagi orang untuk menemukan Anda secara online.

6. Hukum Pengakuan

Membangun hubungan adalah salah satu bagian yang sangat penting dari keberhasilan pemasaran media sosial. Jangan mengabaikan audiens yang berusaha menjangkau Anda baik itu yang berpotensial menjadi konsumen atau non potensial konsumen. Jadi selalu berikan respond secara cepat kepada orang-orang yang menjadi audiens Anda.

7. Hukum Nilai
Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di media sosial hanya untuk sekedar mempromosikan produk dan layanan Anda, maka orang akan berhenti mendengarkan Anda. Anda harus memfokuskan untuk menciptakan konten yang menakjubkan dan mengembangkan hubungan dengan influencer online. Cobalah untuk menambahkan nilai pada setiap percakapan atau konten yang Anda buat. Pada waktunya, audiens akan menjadi katalisator yang kuat untuk media pemasaran dari mukut ke mulut bagi Anda.

8. Hukum Pengaruh

Carilah influencer online di pasar Anda yang cenderung tertarik dengan produk, layanan dan bisnis anda. Terhubunglah dengan audiens itu dan bangunlah hubungan yang baik dengan mereka. Jika anda berhasil menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi mereka dan mendapatkan perhatian audiens, mereka mungkin akan membagikan konten yang Anda bagikan dengan pengikut mereka sendiri, dan bisa menempatkan bisnis anda terhadap audiens yang baru dengan mudah.

9. Hukum Aksesibilitas

Pastikan Anda dapat konsisten dalam proses publikasi konten. Cobalah untuk secara konsisten melakukan publikasi konten. Misalnya, Anda dapat mempublish konten setiap hari, atau setiap dua hari sekali. Pilihlah jangka waktu yang membuat Anda nyaman, dan bisa berkomitmen atas itu. Pastikan Anda juga selalu siap siaga untuk memberikan respond atas komentar dari audiens pada konten Anda.

10. Hukum Timbal Balik

Anda tidak bisa mengharapkan untuk mendapatkan respon dan berharap orang lain membagikan konten Anda dan membicarakannya jika Anda tidak melakukan hal yang sama untuk mereka dan berusahamendapatkannya dari mereka. Jadi, sebagian dari waktu yang Anda habiskan untuk media sosial harus difokuskan untuk berbagi dan berbicara tentang konten yang dipublikasikan oleh orang lain.

Setelah Anda berhasil memahami 10 ilmu tentang sosial media marketing di atas, dapat dipastikan bahwa sosial media akun bisnis Anda akan memiliki potensial audiens dan konsumen yang datang secara sendirinya.

Walaupun memerlukan komitmen yang besar dan waktu yang banyak dalam melakukan sosial media marketing, namun jika Anda setia dan konsisten dalam melakukanya hasil yang diperolehpun tentunya akan sangat sebanding. Target audiens Anda akan menjadi konsumen potensial Anda di dunia online. Pastikan Anda telah siap untuk hal ini, terutama dalam hal supply produk atau jasa yang Anda miliki.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : 6 manfaat jaringan komputer untuk perusahaan dan manusia

10 Ilmu Tentang Sosial Media Marketing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: R

Translate

Popular Posts