Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mudah Backup Data Dari Komputer / Laptop



Memang sebetulnya dalam kehidupan tehnologi, backup data seringkali di dengar. Dengan membackup data kita akan terlepas dari kekeliruan yang fatal karena kehilangan data dari harddisk. Sebab harddisk adalah salah satunya komponen computer yang begitu rawan rusak tiada disangka. Dengan karena lengan yang terpancang melayang-layang diatas ckram harddisk itu tetap berputar-putar 5400 sampai 7200 kali putaran per menit. Jadi dengan berlangsung bentrokan yang meskipun hanya dikit saja, akan langsung mengakibatkan kerusakan komponen dalam harddisk itu. Kerugian yang akan berasa besar bukan rusaknya pada fisiknya harddisk, tetapi datanya yang akan rusak, hilang tiada berbekas, sangat di sayangkan. Mengembalikannya memang terkadang dapat di kerjakan dengan memakai layanan dari recovery harddisk, tetapi ya harga nya begitu mahal melewati dari harga harddisk tersebut.

Baca juga : cara instalasi 2 office pada satu windows

Jadi jalan keluarnya yang begitu pas yakni backup data. Karena dengan membackupnya kita akan terlepas dari perasaan kecemasan hilangnya data yang bernilai. Dari beberapa sumber menyampaikan sekitar 28% orang membackup data satu bulan sekali, lantas 14 persen yang lain lakukan backup data satu minggu sekali, serta setelah itu cuma seputar 7% saja yang lakukan backup data sehari-hari. Pada prinsipnya sebetulnya makin banyak lakukan backup jadi makin baik, tp ada saatnya satu hari sekali saja cukup sudah. Dengan dibikin file backupnya 2 buah serta di letakkan pada tempat yang berlainan sudah cukup aman.

Berikut langkah - langkah backup data yang butuh di kerjakan :

  • Burn ke DVD 

Burn DVD adalah salah satunya pilihan yang dapat dikerjakan untuk backup data. Sebab dalam DVD dapat menyimpan sampai 4.8 GB kemampuan data. Serta yang lebih terpenting harga nya relative begitu murah, cuma sekitar seputar Rp.3000 per keping.

  • Copy ke eksternal harddisk 

Langkah tersebut dapat disebutkan adalah salah satunya langkah backup data yang banyak sekali dikerjakan, sebab eksternal harddisk menwarkan keringanan dalam terhubung data yang sudah tersimpan di dalamnya dengan hanya menghubungkan lewat port USB pada computer. Dan begitu gampang dibawa - bawa. Eksternal harddisk banyak sekali macamnya serta gampang didapat di market.

  • Unggah ke Internet 

Langkah backup data ini mungkin dapat juga disebutkan salah satunya langkah backup yang efesien. Karena kita tak perlu ribet lagi untuk membawa juga menaruh DVD ataupun eksternal harddisk. Serta terpentingnya kita bisa terhubung kembali data backupnya dimana saja serta kapanpun kita perlukan. Hanya kekurangan langkah tersebut yakni dengan keadaan negara kita Indonesia yang koneksi internetnya masih tetap begitu kurang konstan serta rata. Lewat langkah tersebut kita dapat membackup data dengan mengupload data kita ke internet menggunakan service yang sudah dibikin spesial dalam penyimpanan data, diantaranya yakni aplikasi DropBox.

Nah demikianlah cara-cara praktis lakukan backup data yang efektif semoga bermanfaat.