Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Cepat Belajar Struktur Data



Dalam tehnik pemrograman, susunan data bermakna tata letak data yang diisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pemakai (user) maupun kolom yang cuma dipakai untuk kepentingan pemrograman yg tidak terlihat oleh pemakai. Tiap-tiap baris dari himpunan kolom-kolom itu diberi nama catatan (record). Lebar kolom untuk data bisa beralih serta beragam. Ada kolom yang lebarnya beralih dengan dinamis sesuai sama input dari pemakai, serta ada juga kolom yang lebarnya tetaplah. Dengan sifatnya ini, satu susunan data bisa diaplikasikan untuk pemrosesan database (umpamanya untuk kepentingan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya beralih dengan dinamis. Contoh susunan data bisa diliat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pemrosesan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan tehnik spesifik yang memakai susunan data.



Dalam pelajari susunan data beberapa hal awal yang butuh kita kenali yaitu mengenai konstanta, variable, serta type data. Nah dalam bahasan ini saya juga akan mengulas mengenai ke-3 hal diatas.

Konstanta
Dalam buat satu program, kita butuh memakai konstanta supaya program kita dapat lebih gampang diperbaiki bila ada satu kekeliruan yang kita buat. Dengan memakai konstanta kita dapat memberi nama yang gampang dipahami serta dipahami untuk bilangan numerik yang begitu kompleks. Konstanta dideklarasikan pada awal program serta dideklarasikan dengan kata baku const. Pada pemrograman dengan Pascal dideklarasikan sebelumnya blok begin-end program paling utama. Bentuk umum dari konstanta yaitu :

Cnst
namakonstanta1 = nilaikonstanta1 ;
namakonstanta1 = nilaikonstanta1 ;
namakonstantaN = nilaikonstantaN ;

contoh konstantanya yaitu :
const
maksimal =100 ;
luas lingkarn = pi*radius ;
pi = 3, 14 ;

sesuai sama namanya “konstanta”, jadi nilai dalam konstanta senantiasa konstan atau tetaplah serta kita tidak bisa mengubah nilai dari konstanta ketika program tengah digerakkan.

Variabel
Variabel yaitu lokasi di memori yang kita sediakan serta kita berikan nama ciri khas untuk menyimpan satu nilai serta atau ambil nilai kembali itu. Bentuk umum dari variable yaitu :

Var
NamaVariabel1,
NamaVariabel2,
……………….
NamaVariabel1N : TypeData1 ;
NamaVariabel1,
NamaVariabel2,
NamaVariabelNN : TypeDataN ;

Contoh dari variable yaitu :

Var
Nilai1,
Nilai2,
Nilai3 : byte ;
Nama : string (20) ;
Totaldata : integer ;

Type Data
Dalam tulisan ini yang juga akan dibicarakan yaitu type data simpel.

Type Data Sederhana
Pascal telah mempunyai serta memnyediakan sebagian type data simpel yang telah siap kita gunakan. Type-tipe data yang telah disiapkan Pascal yaitu :
* Integer
* Boolean
* Real
* Karakter
* String

Marilah kita ulas satu per satu type data ini.

Integer
Integer yaitu type data nilainya adalah bilangan bulat serta teerbagi atas sebagian jenis.

Boolean
Boolean dipakai untuk merepresentasikan logika. Bolean cuma bisa bernilai True (1) serta False (0).

Real
Real umumnya dipakai untuk merepresentasikan nilai pecahan.

Karakter
Type data ciri-khas cuma bisa menyimpan satu ciri-khas saja serta membagikan satu byte memori. Bentuk umum dari type data ciri-khas yaitu :

Var
: char ;

Di bawah ini contoh dari pemakaian type data ciri-khas :

Var
Kalimat : string ;
Nama : string (20) ;
String : string (30) ;

String
String yaitu type data paduan (array) dari ciri-khas sebanyal 256 ciri-khas. Bentuk umum dari string yaitu :

Var : string ;

Di bawah ini yaitu misalnya :

Var
Nama : string (20) ;
Alamat : string (30) ;

Tersebut sebagian type data simpel yang telah disiapkan oleh Pascal dalam bhs pemrograman Pascal. Namun ada pula type data beda yang elemennya kita katakan satu persatu. Type data ini yaitu type data Enumerasi. Bentuk umum dari type data enumerasi yaitu :

tipe : (elemen1, elemen2, elemen3…. elemenN) ;

misalnya :

tipe
binatang = (anjing, kucing, ayam, babai) ;

Sekian sedikit keterangan saya mengenai bebrapa basic susunan data dengan memakai Pascal. Mudah-mudahan berguna untuk memandu anda dalam pelajari susunan data serta pemrograman.

Rujukan :
Sanjaya, Dwi : Bertulang Dengan Susunan Data di Planet Pascal : 2005 : Graha Pengetahuan.
Kumalasari, Erni : Modul Susunan Data