Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Menghapus Cache Tersembunyi Pada Windows


Pada computer Windows, bila Anda mempunyai disk drive dengan kemampuan 100GB, tidak semuanya ruangan dapat Anda pakai. Bila Anda ketahui apa yang berada di balik itu, Anda juga akan ketahui bahawa banyak ruangan yang di ambil oleh file cache.

Apakah itu cache? Mungkin saja untuk orang yang pemula masih tetap bingun dengan arti cache. Cache tersebut yaitu file non-permanen atau file yang mungkin saja dibutuhkan sekali lagi di masa depan, dengan hal tersebut selalu tersimpan serta tersembunyi hingga saat dibutuhkan sekali lagi. Sederhanya sesuai sama itu.

File cache sesungguhnya perlu karna tingkatkan perform system Anda. Tapi di balik itu, cache ambil banyak ruangan pada disk Anda. Berita baiknya yaitu file cache itu masih tetap dapat dengan aman dihapus untuk mebersihkan ruangan disk.

Di Windows sendiri banyak file cache yang tersembunyi, umumnya file-file itu untuk kepentingan up-date windows, searching, dll.

1. Windows 10 Up-date Cache 

Untuk kenyamanan pemakainya, Windows 10 menaruh file cache dari semuanya file Windows Up-date, yang bisa bermanfaat saat Anda butuh mendaftar ulang up-date. Bagian buruknya yaitu windows up-date juga akan ambil banyak ruangan.
Cache Windows Up-date itu dapat kita hapus. Tetapi sebelumnya kita menghapus file-file itu kita mesti menonaktifkan Windows Up-date terlebih dulu untuk meyakinkan tak ada up-date tengah di-download. Untuk lakukan hal semacam ini, buka Start Menu, lakukan Command Prompt, serta lakukan perintah :

net stop wuauserv 

Setelah itu buka File Explorer serta buka C : WindowsSoftwareDistributionDownload. Didalam folder unduh itu, Anda bisa dengan aman menghapus semua. kemudian Anda mesti aktifkan kembali windows up-date dengan mengetikkan perintah tersebut di command promt :

net start wuauserv 

2. Windows Store Cache 

Satu diantara perubahan paling besar dalam pengalaman pemakai Windows yaitu pengenalan Windows Store serta Microsoft’s Move untuk merubah semuanya piranti lunak mereka kedalam aplikasi. Untuk banyak pemakai, langkah ini yaitu satu langkah yang begitu besar.

Windows Store juga menaruh file cache waktu kita download aplikasi. Telah terang cache ini ambil ruangan pada computer kita, akan menyebabkan problem unduh terputus atau berhenti. Bila demikian, langkah yang paling ampuh yaitu dengan bersihkan cache-nya.

Untuk menghapus cache di Windows Store, Microsoft telah sediakan tools yang bernama WSReset. exe yang bersihkan cache untuk Anda.

Buka Run Prompt (Win+R), tulis WSReset. exe, serta click OK. Satu jendela hitam juga akan terbuka serta itu mungkin saja tampak seperti tak ada yang berlangsung, tapi tunggulah saja. Mungkin saja memerlukan saat sebagian menit di computer yang lambat.

Apabila cache sukses dibikin bersih, jadi Windows Store dengan automatis juga akan digerakkan.

3. Temp Files Cache 

Windows mempunyai direktori system yang didedikasikan untuk memegang file-file sesaat (temp file). file-file sesaat umumnya di buat jadi penghubung sesaat file beda yang tengah di buat atau dirubah, namun mereka dapat juga menaruh data sesaat yang cuma diperlukan oleh satu program untuk sesaat.

Sayangnya, tidak semuanya program serta sistem bisa bersihkan diri mereka sendiri, yang bermakna kalau system direktori untuk file sesaat selesai dengan berantakan oleh file sampah yang tidaklah perlu.

File-file itu umumnya aman untuk dihapus dengan catatan file-file itu belum juga dipakai lebih dari satu minggu. Untungnya, tools built-in yang disiapkan oleh Windows bisa mengatasi hal itu.

Untuk menghapus Temp File cache : Buka Start Menu, mencari aplikasi Disk Cleanup, serta lakukan. Apabila disuruh, tentukan drive C :. Tunggulah sebentar, karna ada sistem menganalisa file system.

Dibawah tab Disk Cleanup, hapus semuanya centang, serta centang Temporary Files, lantas click OK. Dapat diliat temporary file idi computer saya menjangkau 1. 09 GB. Begitu besar untuk file-file yg tidak dipakai.

4. Thumbnail Cache 

Windows mempunyai penyusunan yang sangat mungkin untuk preview thumbnail dari file. Umpamanya, saat diaktifkan, satu file video MP4 juga akan dipertunjukkan dengan frame dari video tersebut sesaat file gambar PNG juga akan jadi preview seperti apa gambar juga akan tampak.

Thumbnail itu baik dari sisi manfaat, namun sempatkah Anda berfikir dari tempat mana thumbnail berasal? Apabila Anda memakai File Explorer untuk searching folder, setiap saat Anda temukan file untuk pertama kalinya, Windows mesti buat thumbnail karenanya.

Hal semacam ini terang bukan sekedar perlambat kemampuan Windows Anda, tapi semuanya gambar-gambar thumbnail baru yang dibuat mesti disimpan di satu tempat. Menghapus cache thumbnail Windows yaitu inspirasi yang baik untuk dikerjakan tiap-tiap sebagian bln..

Untuk menghapus Thumbnail cache : Buka Start Menu, mencari aplikasi Disk Cleanup, serta lakukan. Apabila disuruh, tentukan drive C :. Tunggulah sebentar, karna ada sistem menganalisa file system.

Dibawah tab Disk Cleanup, hapus semuanya centang, serta centang Thumbnails, lantas click OK.

5. Sistem Restore Cache 

Sistem Restore yaitu satu diantara feature yang paling bermanfaat di Windows. Mungkin saja Anda berfikir kalau Anda akan tidak sempat membutuhkannya, tapi ini begitu bermanfaat, bisa menolong Anda dengan berpindah ke kondisi yang terlebih dulu.

Anda tidak sempat berfikir untuk memakai Sistem Restore, namun saat Anda butuh, Anda mengharapkan itu ada. Tambah baik aman dari pada menyesal, tidakkah demikian? Serta bahkan juga dengan semuanya pilihan pemecahan problem baru di Windows 10, Sistem Restore masih tetap perlu, jadi janganlah meremehkan hal semacam ini.

Di bagian beda Sistem Restore memakai banyak ruangan. Benar-benar, begitu banyak ruangan. Sesudah di buat, ia mempunyai cache semuanya penyusunan serta variabel yang dibutuhkan untuk pemulihan system.

Anda bisa membebaskan ruangan ini dengan bersihkan saved restore points. Anda dapat juga kurangi ruangan yang dialokasikan untuk Sistem Restore atau menonaktifkan feature ini, tapi mengerti kalau membagikan sangat sedikit ruangan bisa mengakibatkan Sistem Restore rusak.

Untu menghapus Sistem Restore cache Anda bisa buka Start Menu, mencari Sistem, serta lakukan. Saat terbuka, tampak di sidebar untuk link Sistem Protection serta click.

Dibawah tab Sistem Protection, tentukan system drive serta click Configure. Dibagian bawah, click Delete untuk menghapus semuanya restore point disimpan untuk system anda. Bila Anda mengerjakannya, yakinkan untuk buat restore point beda selekasnya!

6. Situs Browser Cache 

Setiap saat Anda berkunjung ke satu halaman situs, browser Anda memberikan halaman termasuk juga HTML, CSS, JavaScript, serta file gambar ke cache browser. Bila dilain saat Anda berkunjung ke halaman yang sama, browser Anda memakai file cache untuk berisi halaman lebih cepat.

Ini bagus karna cache kurangi jumlah bandwidth yang Anda pakai serta tingkatkan pengalaman situs searching Anda, tapi terkadang cache bisa mengakibatkan problem.

Jadi contoh, bila satu perubahan halaman situs, tetapi browser Anda selalu berisi data cache yang lama, website mungkin saja tidak bekerja seperti disebut. Itu penyebabnya satu diantara tehnik pemecahan problem yang umum yaitu untuk menghapus cache browser Anda. Plus, membebaskan ruangan yang dipakai disk.

Tiap-tiap browser mempunyai sistem cache-kliring sendiri, tetapi tidak satupun dari mereka yang sangat rumit.

Pada Firefox, buka menu Options - Advanced - tab Network - click tombol Clear Now.

Pada Chrome, buka menu Settings - scroll ke bawah serta click pada Show Advanced Settings - di Privasi click Clear Searching Data.

7. DNS Cache 

Saat Anda terhubung website situs, pada intinya computer Anda memohon data situs dari computer beda di Internet, tapi bagaimana computer Anda ketahui langkah untuk menghubungi computer spesifik? Domain Name Sistem (DNS) berikut yang dipakai.

Domain Name Sistem yaitu jaringan computer pada jalan raya internet. Anggap saja seperti service pos : surat juga akan geser dari pengirim ke sebagian kantor pos sebelumnya pada akhirnya tiba di penerima.

Setiap saat Windows jalan dari rute spesifik, umpamanya dari computer Anda ke server informatikailmu. blogspot. com, computer juga akan mengingat rute dalam cache DNS-nya. Tetapi, saat perubahan rute DNS, serta computer Anda masih tetap menaruh cache dari DNS, ini bisa mengakibatkan problem (seperti tidak dapat berisi satu situs).

Untuk bersihkan cache DNS, buka Command Prompt, lakukan perintah tersebut :

ipconfig/flushdns 

Tersebut 7 file cache yang berada di Windows. File cache ini memanglah bermanfaat untuk kepentingan di masa mendatang, tetapi bagaimana juga bila Anda tidak mau ruangan penyimpanan dipenuhi oleh file cache, Anda dapat menghapusnya.