Sarana Informasi Bidang Informatika.

Kesalahan Yang Dapat Membuat Mother Board Rusak


Kita seringkali mengasumsikan kalau processor adalah otak dari computer. Berlainan dengan motherboard, motherboard dapat kita asumsikan jadi hati dari computer, karna motherboard yaitu tempat di mana semuanya piranti yang ada apda bebrapa sisi yang berlainan sama-sama tersambung. Oleh karena itu bila motherboard Anda alami problem, itu adalah problem yang begitu besar.

Biasanya motherboard tidak sering sekali alami rusaknya dalam pemakaian keseharian. Terdapat banyak kekeliruan umm yang kerapkali dikerjakan oleh pemakai computer yang bisa mengakibatkan motherboard alami rusaknya. Hal yang butuh Anda kerjakan yaitu meyakinkan kalau motherboard Anda senantiasa dalam kondisi baik-baik saja. Menghindar motherboard dari rusaknya yaitu hal terutama sebelumnya rusaknya menerpa motherboard Anda.

Berikut ini yaitu sebagian panduan hindari kekeliruan umum yang seringkali diketemukan.

1. Check Arus Pendek 

Problem begini seringkali berlangsung pada computer Desktop (PC), tetapi juga (tidak sering) dapat berlangsung pada laptop. Bila Anda lakukan perakitan PC Anda sendiri, yang mana Anda mesti menghubungkan banyak piranti serta kabel dengan benar, Anda mesti meyakinkan kalau tak ada arus pendek dalam computer rakitan Anda.

Motherboard menghantarkan listrik ke komponen beda, hingga antar komponen yang memiliki kandungan logam tidak bisa bersentuhan segera. Pendingin CPU yang longgar juga seringkali jadi penyebabnya rusaknya permanen pada motherboard. Kabel yang dipasang longgar sangat tidak baik dalam perakitan.

Dalam perakitan computer, umumnya kita banyak memakai sekrup dalam menempatkan komponen ke motherboard. Nah pemasangan sekrup ini mesti betul-betul kuat. Yakinkan tak ada sekrup yang longgar, agar tidak mengakibatkan terjadinya getaran di motherboard ketika computer dihidupkan.

Secara singkat, sisi dalam computer Anda mesti rapi serta terorganisir.

2. Membuat perlindungan Dari Lonjakan Daya 

Motherboard yaitu tempat di mana power suplai Anda tersambung. Tanpat ada power motherboard tidak dapat lakukan apa-apa. Jadi power suplai ini adalah hanya satu sumber daya computer. Pilih PSU yang pas adalah kewajiban.

Problem yang seringkali berlangsung pada motherboard yaitu lonakan daya. Barang-barang elektronik dirumah menelan daya yang begitu besar, seperti AC, kulkas, dan lain-lain. Bila Anda sempat lihat lampu tempat tinggal Anda berkedip-kedip, itu berarti memerlukan daya yang semakin banyak serta bisa mengakibatkan lonjakan.

Saat satu barang elektronik dirumah dimatikan, kulkas umpamanya, arus memerlukan saat sebagian detik untuk sesuaikan. Dalam sebagian detik itu juga akan diarahkan ke barang elektronik yang lain, seperti lampu atau computer Anda. Ini adalah keterangan yang paling basic dari lonjakan daya.
Umumnya PSU serta Motherboard bisa sesuaikan tegangan mereka untuk mengakomodasi lonjakan daya yang kecil. Tetapi bila lonjakan daya begitu besar, itu bisa membakar motherboard Anda serta semuanya komponen yang tersambung. Jalan keluar untuk problem ini yaitu Anda dapat memakai stabilizer.

3. Bersihkan Ventilasi Udara 

Untuk beberapa barang elektronik, panasnya suhu adalah musuh. Komponen computer mesti di pastikan senantiasa dalam kondisi dingin untuk tetaplah jalan dengan baik. Walau komponen computer banyak hasilkan panas. Itu penyebabnya ruangan udara keluar dari computer dibutuhkan untuk keluarkan panas yang di ciptakan oleh komponen computer.

Bila laptop Anda senantiasa panas, atau amat cepat panas, jadi Anda butuh bersihkan ventilasi laptop Anda. Panas bisa mengakibatkan kemampuan computer melambat sampai mengakibatkan overheat.

Langkah Mengecek Rusaknya Pada Motherboard 

Mendiagnosa rusaknya motherboard tidak sesederhana mendiagnosa rusaknya komponen yang beda. Pada umumnya saat computer Anda rusak, Anda akan tidak memvonis segera kalau yang rusak yaitu motherboardnya. Ada sebagian posisi yang perlu Anda kenali dalam mendiagnosa satu rusaknya. Berikut ini yaitu rangkaian beberapa langkah yang bisa Anda cobalah untuk ketahui rusaknya motherboard.

Kita konsentrasi pada PSU serta check lampu hijau pada motherboard, bila lampu hijau tidak menyala jadi peluang problemnya yaitu pada PSU atau motherboard, cobalah dengan PSU yang beda, bila masih tetap sama jadi problem ada pada motherboard.

Bila lampu hijau menyala, check komponen-komponen perlu, yakni CPU serta RAM. Sambungkan motherboard cuma dengan ke-2 komponen itu, serta saksikan apakah dapat boot ke BIOS atau tidak.
Bila tidak dapat boot, check baterai CMOS pada motherboard Anda.

Kode Beep
Semuanya motherboard dibuat dengan memakai alat yang bisa mendiagnosa rusaknya. Bila ada kekeliruan, motherboard juga akan keluarkan bunyi beep. Kode beep beragam bergantung dari merk bios yang dipakai motherboard.