Sarana Informasi Bidang Informatika.

Pengertian Dan Fungsi Teknologi Informasi



Information Technology (IT) atau Tehnologi info ialah arti umum apa pun yang menolong manusia dalam bikin, menaruh, mengomunikasikan serta/atau sebarkan info.

Pemahaman tehnologi info ialah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, support atau manajemen system info berbasiskan computer teruspada aplikasi piranti keras atau hardware serta piranti lunak atau software.

Pemahaman lainnya tehnologi info yakni, tehnologi info ialah sarana yang terbagi dalam piranti keras (hardware) serta piranti lunak (software) dalam mensupport serta tingkatkan kwalitas info untuk tiap-tiap susunan orang-orang dengan cepat serta berkwalitas.

Terkecuali pemahaman di atas, adapula pemahaman teknoligi menurut beberapa pakar, tersebut sedetailnya :

Pemahaman Tehnologi Info Menurut Beberapa Ahli :


  • Haag serta Keen (1996) 

Menurut Haag serta Keen, Tehnologi Info ialah seperangkat alat yang menolong anda bekerja dengan info serta lakukan tugas-tugas yang terkait dengan pemrosesan info.


  • Oxford English Dictonary (OED) 

Menurut Oxford English Dictonary (OED), Tehnologi Info ialah hardware serta software serta dapat termasuk juga di dalamnya jaringan serta telekomunikasi yang umumnya dalah konteks usaha atau usaha.


  • Williams serta Sawyer (2003) 

Menurut Williams serta Sawyer, Tehnologi Info ialah tehnologi yang memadukan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, nada, serta video.


  • Martin (1999) 

Menurut Martin, Tehnologi Info ialah tehnologi yang bukan sekedar pada tehnologi computer (piranti keras serta piranti lunak) yang akan dipakai untuk mengolah serta menaruh info, tetapi meliputi tehnologi komunikasi untuk kirim atau menyebarluaskan info.


  • Wikipedia 

Menurut Wikipedia, Tehnologi Info ialah arti umum tekologi untuk menolong manusia dalam bikin, merubah, menaruh, mengomunikasikan serta sebarkan info.


  • Kamus Oxford (1995) 

Menurut Kamus Oxford, Tehnologi Info ialah studi atau perlengkapan elektronika serta terpenting computer, Untuk menaruh, menganalisa, juga mendistribusikan info termasuk juga beberapa kata, bilangan & gambar.


  • Lucas (2000) 

Menurut Lucas, Tehnologi Info ialah semua bentuk tehnologi yang di aplikasikan untuk mengolah juga mengirim info berbentuk elektronis.


  • Kenneth C. Loudon (2004) 

Menurut Kenneth C. Loudon, Tehnologi Info ialah gabungan dari tehnologi computer yang terdiri piranti keras & piranti lunak untuk mengolah juga menaruh tehnologi komunikasi info untuk melakukan distribusi info.


  • Brown, DeHayes, Hoffer serta Perkins (2005) 

Menurut Brown, DeHayes, Hoffer, serta Perkins, Tehnologi Info ialah gabungan dari tehnologi computer yang terdiri piranti keras & piranti lunak untuk mengolah juga menaruh tehnologi komunikasi info untuk melakukan distribusi info.


  • Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI) 

Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia, Tehnologi Info ialah pemakaian tehnologi seperti computer, elektronik, serta telekomunikasi, untuk memproses serta mendistribusikan info berbentuk digital.


  • Mc Keown (2001) 

Menurut Mc Keown, Tehnologi Info ialah mengacu pada semua bentuk tehnologi yang dipakai agar bisa membuat, menaruh, merubah, juga untuk memakai info itu dalam semua memiliki bentuk.

Arah Tehnologi Informasi 
Arah Tehnologi info yakni untuk memecahkan satu permasalahan, buka kreatifitas, tingkatkan efektivitas serta efesiensi dalam kegiatan manusia.

Fungsi tehnologi Informasi :
Dalam kehidupan keseharian pastinya tehnologi sangatlah terpenting. Faedah tehnologi info yakni untuk mendukung kehidupan manusia yang tambah baik karena karenanya ada tehnologi infomasi dapat membatu aktivitas jadi lebih efisien serta efektif. Di bawah ini ialah sejumlah faedah tehnologi info di beberapa bagian kehidupan, salah satunya :


  • Dalam Pendidikan 

Kapabilitas belajar siswa dapat lebih efisien. Computer adalah fasilitas yang bisa memudahkan siswa untuk memproses kreatifitasnya


  • Dalam Bagian Industri serta Manufaktur 

Bisa membuat design product yang akan di keluarkan disuatu Industri dapat juga mengatur mesin product dengan ketepatan yang optimal.


  • Dalam Bagian Usaha Serta Perbankan 

Bisa menolong penyimpan berkas yang lebih aman. Bisa berperan juga dalam aktivitas bertransaksi.


  • Dalam Bagian Kemiliteran 

Bisa menjadi navigasi kapal selam. Bisa mengatur pesawat luar angkasa baik dengan pengemudian mupun tanpa ada pengemudian.


  • Dalam Tehnik serta Pengetahuan 

Bisa pelajari susunan tanah, angin dan cuaca. Bisa menolong dalam soal perhitung.


  • Bagian Kedokteran 

Bisa dipakai untuk mendiagnosa penyakit. Bisa dipakai untuk mengambarkan semua organ badan.


  • Bagian Pemerintahan 

Bisa mengelolah data serta imformasi yang ditujukan untuk kebutuhan orang-orang juga bisa tingkatkan jalinan pada pemerintahan serta masyarakat


  • Bagian Entertaiment serta Permainan 

Bisa bikin animasi, periklanan dan film. Tehnologi infomasi dapat juga bikin grafis juga audiovisual jadi lebih menarik


  • Dalam Bagian Kriminalitas 

Bisa mempermudah aparat dalam memecahkan persoalan. Bisa mendektesi pelanggaran-pelanggaran lintasyang berlangsung dengan gampang serta lakukan sidik jari.

Manfaat Tehnologi Infomasi 
Mengenai manfaat tehnologi Infomasi yakni :

  1. Capture, yakni manfaat tehnologi infomasi untuk menangkap informasi 
  2. Processing, yakni manfaat tehnologi infomasi untuk memproses data input yang di terima untuk jadikan satu informasi 
  3. Generating yakni manfaat tehnologi infomasi untuk membuahkan atau mengorganisasi info dengan bentuk yang berguna 
  4. Store, yakni manfaat tehnologi infomasi untuk merekam atau menaruh data serta info dalam media contoh : disket serta lainnya sebagainya. 
  5. Retriva, yakni manfaat tehnologi infomasi untuk menelusuri, mendapat kembali info serta menyalin data juga info yang sudah tersimpan 
  6. Transmisi, yakni manfaat tehnologi infomasi untuk engirim data serta info dari satu tempat ke tempat yang lainnya menuju jaringan computer. 


Sedang menurut G. R Terry, Manfaat atau peranan basic Tehnologi Infomasi yakni :

  • Manfaat operasional 
  • Manfaat monitoring and control 
  • Manfaat rencana and decision 
  • Manfaat communication 
  • Manfaat organisational 


Pengelompokan Tehnologi Infomasi 
Tehnologi info dikelompokan jadi 5, salah satunya yakni :

  1. Tecnology input 
  2. Tecnology output 
  3. Software 
  4. Tecnologi save 
  5. Processing machine 

Komponen Tehnologi Infomasi 
Mengenai komponen-komponen tehnologi info yakni :

  1. Hardware (piranti keras) 
  2. Software (piranti lunak) 
  3. Piranti otak/kecerdasan yang dipunyai manusia (brain ware) 
  4. Data, info serta pengetahuan