Sarana Informasi Bidang Informatika.

Keunggulan Andalan Yang Di Miliki Chip Snapdragon 845



Qualcomm sudah resmikan hadirnya chipset mobile paling barunya, Snapdragon 845 yang bakal dipakai oleh beberapa jenis smartphone kelas atas pada 2018 yang akan datang. Chip anyar itu banyak diberi feature baru, dari mulai CPU serta GPU yang lebih mumpuni, sampai support Gigabit LTE serta pemrosesan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Dalam acara Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017), Qualcomm mengelompokkan beberapa feature baru itu ke lima pilar paling utama sebagai andalan Snapdragon 845. Immersion Snapdragon 845 dijagokan akan membuahkan content visual yang lebih memukau dengan gabungan pengolah grafis (GPU) Andreno 630 serta image signaling processor (ISP) Spectra 280. Gabungan dua komponen itu menghasilkan beberapa feature baru, seperti kapabilitas merekam video HD slow motion sampai 480 fps, Multi Frame Noise Reduction untuk photo, akselerasi VR serta AR, dan video ultra HD premium dengan dalaman warna 10-bit. Kecerdasan buatan Qualcomm mempersiapkan Snadragon 845 jadi pusat pemrosesan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Pemrosesan AI di chip itu diakukan oleh trio CPU Kyro 385, GPU Adreno 630, serta DSP Hexagon 685.

Kemampuan pemrosesan AI Snapdragon 845 diklaim 3x lebih tinggi dibanding Snapdragon 835. Bermacam peluang baru berkenaan implementasi AI juga terbuka, dari mulai asisten persoanal yang lebih pandai, sampai efek “bokeh” di photo tanpa ada butuh camera ganda. Sekuriti Didalam Snapdragon 845 tertanam Secure Processing Unit (SPU), yang diberi random number generator untuk bikin kunci dalam transaksi digital. Dengan mengaplikasikan sekuriti berbasiskan hardware, Qualcomm mengklaim Snapdragon 845 lebih dapat mencegah serangan hacker di banding chip terdahulu. Snapdragon 845 ikut mensupport kunci biometrik berbentuk pemetaan muka dengan cara tiga dimensi, ala Face ID pada iPhone X. Dengan kata lainnya, beberapa hp Android berbasiskan Snapdragon 845 yang bakal launching pada 2018 dapat memakai biometrik seperti hp andalan Apple ini. Konektivitas Bidang konektivitas sebagai satu diantara usaha inti Qualcom tidak lupa dirombak. Snapdragon 845 mempunyai modem 4G LTE X20 paling baru dengan kecepatan transfer meraih 1, 2 Gbps, melalui 5x Carrier Agregation, 4x4 MIMO, serta License Assisted Access.

Snapdragon 845 mensupport dual-SIM dual-VoLTE, hingga ke-2 kartu SIM yang digunakan diperangkat dapat memakai jaringan 4G LTE, tidak cuma satu saja sesaat yang lainnya dibatasi di jaringan 4G LTE. Diluar itu, dengan kapabilitas broadcast, piranti dapat tersambung ke banyak piranti Bluetooth lainnya dengan cara berbarengan tanpa ada perlu gateway. Kemampuan Seperti Snapdragon 835, Qualcomm terus memakai sistem fabrikasi 10nm untuk Snapdragon 845, namun jeroannya dirombak. Core CPU saat ini memakai delapan inti Kryo 385, sesaat GPU jadi Adreno 630. Qualcomm ikut memberikan cache level 3 untuk mendongrak perform lebih jauh. Walhasil, kemampuan Snapdragon 845 juga diklaim lebih tinggi 30 % dibanding Snapdragon 835, namun mengkonsumsi dayanya malah lebih rendah. Waktu baterai perlu di isi, ada feature Quick Charge 4+ menjanjikan pengisian 50 % kurun waktu cuma 15 menit, dengan anggapan peranangakat mempunyai kemampuan baterai di kisaran 2. 700 mAh.