Sarana Informasi Bidang Informatika.

Perbandingan Prosesor MediaTek, Snapdragon, dan Exynos

Perubahan dunia smartphone didunia termasuk sangatlah cepat. Sekarang ini telah banyak bermunculan smartphone mutakhir dengan mengusung spesifikasi yang mengagumkan tinggi. Bahkan juga diatas kertas ada yang mengungguli piranti computer atau notebook.

Bila dilihat, smartphone intinya yang berbasiskan Android sekarang ini banyak yang memakai prosesoe Snapdragon, MediaTek, ataupun Exynos. Memanglah type processor itu yaitu processor yang diperuntuhkan untuk piranti mobile seperti smartphone maupun tablet PC. Tidak sama di banding dengan piranti computer yang sebagian besar memakai processor Intel atau AMD. Lalu apa ketidaksamaan dari ke-3 type processor itu?



Sesungguhnya semasing processor, Snapdragon, MediaTek, maupun Exynos mempunyai keunggulan serta kekurangan semasing. Tetapi untuk menjawab rasa penasaran anda, kami bakal coba membahas sedikit ketidaksamaan pada processor mobile piranti, yaitu Snapdragon, MediaTek, serta Exynos. perbandingan-prosesor-snapdragon-exynos-dan-mediatek1. Snapdragon

Type processor itu di kembangkan oleh perusahaan tehnologi terkenal yaitu Qualcomm. Type processor itu banyak dipakai oleh smartphone Android saat saat ini, dari mulai yang level bawah, menengah, sampai level atas. Processor itu disenangi produsen smartphone lantaran mempunyai perform oke.

1. Snapdragon

Dengan cara garis besar, processor Snapdragon mempunyai tiga kelompok, yaitu seri 400 yang diperuntuhkan untuk smartphone entry level, seri 600 untuk smartphone mid end, serta seri 800 untuk smartphone high end serta flagship. Sekarang ini varian paling tinggi dari processor Snapdragon yaitu seri 821.

2. Exynos 

Tidak sama dibanding dengan processor Snapdragon yang telah dipakai banyaknya produsen smartphone dari mulai yang ecek-ecek sampai yang telah mapan, Exynos malah masih tetap sangatlah terbatas serta cuma dipakai oleh kelompok spesifik. Processor Eynos itu adalah processor buatan Samsung.

Tidak heran bila banyak smartphone Samsung yang memakai processor Exynos, termasuk juga seri smartphone flagship paling barunya yaitu Samsung Galaxy S7 serta Note 7. Untuk masalah perform, kelihatannya processor Exynos itu tidak jauh tidak sama di banding dengan Snapdragon. Walau demikian pilihannya masih tetap sangatlah terbatas.

3. MediaTek 

Sama dengan Snapdragon, MediaTek termasuk juga satu diantara type processor yang paling banyak dipakai oleh smartphone atau tablet di semua penjuru dunia. Serinya juga sangatlah banyak, mulai untuk smartphone entry level, mid end, sampai high end. Tetapi bila dilihat, sebagian besar smartphone murah senantiasa memakai type processor itu.

Ya, lumrah saja lantaran processor MediaTek mempunyai harga yang relatif lebih terjangkau di banding dengan dua type processor pada awal mulanya. Jadi umumnya smartphone asal India serta China sukai memakai processor itu. Lantaran harga nya yang murah, perform dari processor MediaTek kurang dapat mengungguli Snapdragon ataupun MediaTek.

Bagaimanakah, telah memahami kan ketidaksamaan processor Snapdragon, MediaTek, serta Exynos? Mudah-mudahan karenanya ada info yang tadi, anda dapat lebih cerdas dalam pilih smartphone atau tablet PC sesuai sama keperluan. Bila inginkan perform mantap, tentukan Snapdragon atau Exynos. Tetapi bila biaya terbatas, tentukan MediaTek.