Sarana Informasi Bidang Informatika.

5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Jarinagn Komputer


Dalam mengulas jaringan computer, memanglah tampak kalau yang seringkali dipandang jadi dasarnya yaitu topologi jaringan tersebut. Memanglah benar, topologi jaringan melukiskan bagaimana satu jaringan tersusun serta memerlihatkan aliran lalulintas data yang berlangsung dari satu jaringan computer.

Tetapi tanpa ada tidak pedulikan peranan topologi, nyatanya masih tetap ada unsur yang termasuk lebih mendasar dari satu jaringan. Ke-5 basic ini dapat disebut tambah lebih mendasar daripada satu topologi. Kenapa sekian? karna tidak ada 5 hal semacam ini, mustahil satu computer dapat sama-sama tersambung keduanya.

Tersebut disini 5 hal basic serta begitu perlu dalam membuat satu jaringan komputer

1. Interfaces Jaringan 
Tiap-tiap piranti yang juga akan tersambung kedalam satu jaringan sebaiknya mempunyai interfaces. Dalam computer ada NIC (network interface card) jadi interface yang dipakai untuk sama-sama tersambung dengan jaringan. Terkecuali computer piranti beda juga menggunakan NIc supaya dapat tersambung ke satu jaringan, seperti HUB, Switch, Router, serta Lain-lain. Banyak hal yang harus di perhatikan dalam pilih NIC yakni :

  • Type slot 
  • Kecepatan teratas satu NIC yaitu 1000 Megabit per detik 
  • Kompatibilitas 

2. Media Transmisi 
Media transmisi yaitu satu alat sebagai penghubung pada computer satu dengan computer beda atau computer dengan piranti jaringan beda (hub, switch, router, dan lain-lain) dalam satu jaringan computer. Sekarang ini ada dua media transmisi yang umum dipakai, yakni kabel serta nirkabel (wireless). Sebagian type kabel yang seringkali dipakai untuk membuat satu jaringan salah satunya yaitu UTP, STP, Coaxial, serta Fiber Optik. Banyak hal yang butuh di perhatikan berkaitan pemakaian media kabel yaitu :

  • Kecepatan transfer 
  • Panjang maximum supaya mampu menghantarkan data 
  • Type konektor yang dipakai (lain kabel, lain konektor) 

3. Network Operating Sistem, disingkat NOS 
Network Operating Sistem juga mempunyai peran yang begitu perlu. NOS ini dikembangakandan digunakan untuk mendukung kemampuan dari jaringan computer. termasuk jadi pendukung sistem keamanan, berbagi, dan client server. Sebagian system operasi yang umum dipakai untuk jaringan yaitu Linux (umum dipakai untuk server), MikroTik RouterOS (system operasi ini dikhususkan untuk router) windows server (2003, 2008, 2012), serta Windows Client (XP, Vista, 7, 8, 8. 1)

4. Network Piranti (Piranti pendukung jaringan) 
Network piranti yaitu perlengkapan yang digunankan dalam networking jadi penunjang sistem jaringan. Contoh network divice yaitu switch, Hub, repeater, router serta modem.

5. Network protocol
Network protocol yaitu sebagian ketentuan yang diberlakukan terntang bagaimana tiap-tiap komponen dalam satu jaringan computer mesti berkomunikasi. Dengan basic protocol dibedakan atas communication protocol, transport protocol serta application protocol.

Contoh communication protocol yaitu Internet Protocol atau IP, IPX, Netbeui.
Contoh transport protocol yaitu TCP serta UDP.
Contoh Applications protocol yaitu FTP, HTTP, HTTPS dsb.
Ke-5 basic ini yaitu basic terjadinya satu jaringan computer yang sangat mungkin dua computer atau lebih sama-sama berkomunkasi, sharing info keduanya. Tidak ada ke-5 hal semacam ini, jadi akan tidak ada pula yang namanya internet, facebook, twitter, chatting, serta beda sebagainya. Mudah-mudahan berguna.