Sarana Informasi Bidang Informatika.

Sejarah Internet

Histori internet diawali pada Agustus 1962 serta penciptaan internet pertama kalinya dikemukakan oleh J. C. R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Rencana awal diberi nama “Galactic Network”. ia menyampaikan mengenai jaringan global yang sangat mungkin orang bisa terhubung data serta program dari tempat mana saja. Oktober 1962 beliau mengepalai program riset computer di ARPA yang disebut sisi dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.


Pada 1965 peneliti dari MIT bernama Lawrence G. Roberts seringkali juga dimaksud Larry Roberts serta Thomas Merill lakukan koneksi computer TX-2 di MIT dengan computer Q-32 di California memakai jalur telpon berkecepatan rendah untuk membuat jaringan bertaraf luas untuk pertama kalinya.


Pada th. 1966 Larry Roberts meningkatkan rencana jaringan computer/Lalu beliau berencana jaringa yang dimaksud ARPANET yang dipublikasikan pada th. 1967. Pada th. 1969 ARPANET sudah melibatkan empat buah computer yang tersambungsi. Computer pertama ada di university of California Los Angelos, computer ke dua ada di Stanford Research Institute, computer ke-3 ada di University of California Barbara serta koputer ke emat ada di University Utah.

Pada th. 1971 jumlah computer yang tersambung ke ARPANET menjangkau 14 buah. Pada th. ini pulalah protokol Telnet serta FTP sukses dibuat. Pada th. 1972 larry Roberts serta Bob Kahn memperkenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diadakan di Washignton.

Pada th. 1972 Ray Tomliinson menulis program yang sangat mungkin surat elektronik diantar ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang membuat konversi “user@host. ” Pada th. ini juga ARPANET memakai NCP untuk menstransfer data. Pada th. yang sama ARPA beruah nama jadi DARPA. Penambahan huruf D datang dari kata Defense. Pada th. ini ARPANET lakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London serta Royal Establishment di Norwegia.

Pada th. 1978 Unix to Copy Protocol diketemukan di Labolatorium Bell. Program ini bermanfaat untuk lakukan file transfer.

Pada th. 1979 news group yang dinamakan USENET beroperasi dengan basic UUCP. Penciptanya yaitu Tom Truscott serta Jim Ellis (ke-2 mahasiswa di Duke University) serta Steven Bellovin (dari Kampus North Carolina). Pengguna dari semua dunia gabung ke group diskusi ini membahas problem jaringan, politik, agama serta beragam tema yang lain,

Pada th. 1982 DCA atau Defense Communication Agency serta DARPA membuat protokol yang dimaksud TCP/IP untuk ARPANET. Setelah itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebutkan TCP/IP jadi satu sntadar. Waktu tersebut internet didefinisikan jadi beberapa kumpulan jaringan yang tersambung yang memakai TCP/IP jadi protokol.

Pada th. 1983 John Postel serta Paul Mockapetris serta Craig Partidge meningkatkan Domain Name Sistem (DNS) serta mengusulka system penilaian berupa user@host. cdomain. Pada th. 1984 DNS dikenalkan di internet dengan mengatakan beberapa nama type domain seperti. gov, . mil,. org, . net serta. com.

Pada th. 1986 TCP/IP mulai ada pada workstaiton serta PC. Th. ini juga National Science Foundation mendanai NSFNET jadi tulang punggung internet memiliki 56 kbps serta mengatur internet cuma diperuntukkan untuk kebutuhan penelitian serta pemerintah yang berbentuk tidak komersial.

Pada th. 1988 Internet Relay Chat disingkat IRC di buat oleh Jarkko Oikarinen yang bermanfaat untuk malakukan chatting dengan on-line lewat komputer

Pada th. 1989 Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Mexico, Belanda, Selandia Baru serta Inggris gabung ke internet. Jaringan bernama JUNET di Jepang mulai terkait dengan NSFnet.

Pada th. 1989, TIM Berners_lee periset dari inggris yang bekerja di CERN, Swiss, memajukan rencana yang dimaksud system hypertext. System ini mungkinkan lihat dikument dengan melompat-lompat serta dapat jalan dalam system operasi yang tidak sama. Rencana berikut yang dimaksud World Wide Situs atau di kenal dengan nama Situs.

Pada th. 1990 Departemen Pertahanan Amerika membubarkan ARPANET. Waktu itu jaringan itu berkembang dari 4 buah host jadi 300. 000 host. Waktu itu Singapura membuat jaringan TECHNET serta turut gabung di internet. Pada th. ini juga sebagian piranti lunak seperti Archie, Gopher serta WAIS mulai digunakan.

Pada th. 1990 World Wide Situs (WWW) di luncurkan oleh CERN di Jenewa, Swis. Tim Berner Lee membuat Hypertext Markup Laungage atau disingkat html yang memakai URL untuk pengalamatan Situs. HTML yaitu satu bhs yang dipakai untuk membuat tampialn WEB.

Pada th. 1991 tulang punggung NSFNET diperbarui dengan kecepatan 44Mbps. Koneksi meliputi 100 negara serta melibatkan lebih dari 600. 000 host serta kurang lebih 5. 000 jaringan. Tetapi, pada th. ini NSF jadi pendananya mencabut larangan komersial untuk internet hingga buka kesempatan perdagangan elektronis.

Pada th. 1992 jumlah jaringan telah melampaui 7. 500 buah serta jumlah computer yang tersambungsi sejumlah 1. 000. 000. Waktu itu, audio serta video mulai berada di internet. Pada th. itu juga, Veronica, satu oerangkat pencarian teks, di keluarkan di Kampus Nevada serta Mozaic lahir. Mozaic yaitu browser yang pertama di ciptakan. Software ini menggabungkan texts serta gambar. Penciptanya Marc Andresen serta Eric Bina. Salin itu, terdaftar kalau perusahaan Delphi di Amerika Serikat mulai buka service internet pada beberapa pelanggannya.

Pada Th. 1994 Yahoo! yang kepanjangannya yaitu Yet Another Hierarchical Officious Oracle dibangun oleh dua orang mahasiswa Kampus Stanford yakni Jerry Yanf serta David Filo. Yahoo! populer jadi portal yang sediakan e-mail gratis serta mesin pencari info. Pada th. ini juga Amazon. com dibangun oleh Jeff Bezos.

Pada th. 1996 perusahaan computer Dell mulai jual computer lewat internet. konsumen dapat pilih computer serta piranti keras yang sesuai sama hasrat mereka sendiri.

Mesin pencari populer yang beda yaitu Google. Mesin pencari ini di luncurkan pada th. 1998 oleh Larry Page serta Sergey Brin. Waktu itu mereka berdua yaitu mahasiswa Kampus Stanford.