Friday, March 16, 2018

Hardware Komputer (PC)

Pengertian dari hardware atau dalam bhs indonesia-nya dimaksud dengan juga nama “perangkat keras” yaitu satu diantara komponen dari satu computer yang karakter alat nya dapat diliat serta diraba dengan segera atau yang berupa riil, yang berperan untuk mensupport sistem komputerisasi.


Hardware dapat bekerja berdasar pada perintah yang sudah ditetapkan ada kepadanya, atau yang dimaksud dengan dengan arti instruction set. Dengan terdapatnya perintah yang bisa dipahami oleh hardware itu, jadi hardware itu bisa lakukan beragam aktivitas yang sudah ditetapkan oleh pemberi perintah.

Dengan fisik, Computer terbagi dalam sebagian komponen yang disebut satu system. System yaitu komponen-komponen yang sama-sama bekerja bersama membuat satu kesatuan. Jika satu diantara komponen tidak berperan, juga akan menyebabkan tidak berperannya beberapa sistem yang ada computer dengan baik. Komponen computer ini termasuk juga dalam kelompok elemen piranti keras (hardware). Berdasar pada peranannya, piranti keras computer dibagi jadi :
1. input divice (unit input)
2. Process piranti (unit Pemrosesan)
3. Output piranti (unit keluaran)
4. Backing Storage (unit penyimpanan)
5. Periferal (unit penambahan)

Komponen basic pada computer terbagi dalam input, process, output serta storage.
1. Input Device 

Unit ini berperan jadi media untuk memasukkan data dari luar kedalam satu memori serta processor untuk dibuat manfaat hasilkan info yang dibutuhkan. Input devices atau unit input yang biasanya dipakai personal computer (PC) yaitu keyboard serta mouse, keyboard serta mouse yaitu unit yang menghubungkan user (pemakai) dengan computer. Diluar itu ada joystick, yang umum dipakai untuk bermain games atau permainan dengan computer. Lalu scanner, untuk ambil gambar jadi gambar digital yang nanti bisa dimanipulasi. Touch panel, dengan memakai sentuhan jari user bisa lakukan satu sistem akses file. Microphone, untuk merekam nada kedalam computer.

Keyboard
Keyboard adalah unit input yang paling perlu dalam satu pemrosesan data dengan computer. Keyboard bisa berperan memasukkan huruf, angka, ciri-khas spesial dan jadi media untuk user (pemakai) untuk lakukan perintah-perintah yang lain yang dibutuhkan, seperti menaruh file serta buka file.



Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.



Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.



Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.



2. Pemroses device ( alat pemroses )

Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).



RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi



Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.



Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.



Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.



3. Output device ( Unit keluaran )

Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi.



Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.





Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Harddisk (HDD)
Hdisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis.



5. Periferal (unit tambahan)

Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.



Kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

Hardware Komputer (PC) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: R

0 komentar:

Translate

Popular Posts