Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mudah Membuat Jaringan Komputer LAN

Jika sahabat dirumah memiliki computer lebih dari satu, serta semasing computer menginginkan tersambung pada satu dengan yang lainnnya agar dapat berbagi data, printer, berbagi koneksi internet dan lain-lain, kita dapat kerjakan dengan buat jaringan computer LAN (Local Ruang Network).

Bila pada tulisan waktu lalu dipakai koneksi adhoc wireless, pada tulisan kesempatan ini kita pakai koneksi kabel yakni memakai kabel data UTP (Unshielded twisted pair), yakni standard kabel untuk koneksi jaringan LAN.

Computer yang digunakan pada sekarang ini biasanya telah diperlengkapi dengan LAN Card atau dimaksud juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.

• Bila jumlah computer yang juga akan dikoneksikan hanya dua buah, kita hanya cukup sediakan satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai sama jarak pada komputernya yang di ke-2 ujung kabelnya sudah dipasangi konektor RJ-45 (standar konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/silang.

• Bila Jumlah computer yang juga akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, jadi kita mesti memberikan satu alat yang bernama Switch atau Hub. Pada sekarang ini harga satu switch untuk standar rumahan sangatlah terjangkau.
Dari masing - masing computer dikaitkan ke switch memakai kabel UTP dengan konektor RJ-45 di ke-2 ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.

• Pemasangan konektor pada kabel UTP dapat di buat sendiri, namun untuk mudahnya sahabat tinggal pergi saja ke toko computer yang sediakan perlengkapan jaringan, serta tinggal katakan untuk beli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya dengan konfigurasi cross/silang untuk koneksi computer ke computer (dua buah computer), atau straight/lurus untuk koneksi lebih dari 2 computer/memakai switch.




Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol/TCP IP)
Supaya bisa sama-sama berkomunikasi, masing – masing computer mesti di beri alamai IP

• Masuk ke Network Connection (Start--Control Panel --Network Connection )
• Tentukan/dobel click Local Ruang Connection
• Dobel click pada Internet Protocol (TCP/IP)
• Click Use The following IP address, lalu isi IP address serta subnet Mask

Contoh :
komputer1 IP Address : 192. 168. 0. 1
komputer2 IP Address : 192. 168. 0. 2
komputer3 IP Address : 192. 168. 0. 3
komputer4 IP Address : 192. 168. 0. 4
dst..
Subnet Mask mesti sama : 255. 255. 255. 0

Untuk ketahui sukses tidaknya koneksi kerjakan perintah ping dari computer satu ke computer lainnya


Contoh dari komputer1 ke komputer2 :
• Di Komputer1 : Click Start --Klik Run--ketik CMD -- click OK, jadi juga akan tampak Command Prompt
• Tulis ping 192. 168. 0. 2 tekan enter
mesti ada Reply dari komputer2
• Lakukan perintah yang sama untuk ketahui koneksi ke computer yang lain.