Sarana Informasi Bidang Informatika.

4 Penerapan Internet Of Things


Kedatangan internet sejumlah dekade waktu lalu betul-betul sudah merevolusi langkah kerja dunia begitu cepat. Masa baru telah di ambang pintu, yakni masa Internet of Things (IoT). Menurut Gartner Research Firm, piranti pandai yang akan tersambung diperkirakan capai 20 miliar piranti di semua dunia pada th. 2020 yang akan datang. Pemakaian IoT diinginkan makin masif, karena IoT tidak cuma bicara mengenai piranti sebagai “pintar”, namun juga pemindai serta komunikasi pada sesama mesin. 

Kita semuanya tentu kenal dengan figur Tony Stark (Iron Man) di film Avengers. Tony Stark dengan tehnologi canggihnya dapat bikin Jarvis (asisten pribadi buatan) yang bisa diperintah cukup dengan nada seperti menyalakan serta memadamkan lampu, menyalakan piranti elektronik seperti TV, AC, dan lain-lain sampai mengetahui tamu serta membukakan pintu. Menarik bukan? 

Kamu tentu berfikir, bagaimanakah dapat bikin piranti pandai seperti Jarvis? Itu kan hanya film. Jadi tidak mungkin dapat bikin piranti pandai sesuai sama itu. Berita menariknya, bos Facebook, Mark Zuckerberg, di th. 2016 sudah dapat bikin smart home seperti Jarvis pada film Iron Man, yang bisa diperintah cukup dengan nada. 

, apakah kamu dapat bikin piranti pandai seperti Jarvis? Menjadi pemula, kamu dapat memahami dunia IoT. Terutama dengan terdapatnya wadah buat kamu belajar serta meningkatkan piranti pintarmu seperti Makestro. Di Makestro, kamu akan beroleh pengetahuan sampai tutorial bagaimanakah meningkatkan piranti pandai yang simpel serta dapat dikerjakan oleh siapa saja. 

Berikut sejumlah proyek piranti pandai yang berada di Makestro. 

1. Debeduks 
Debeduks ialah salah satunya project Makestro. Dalam rencana menyongsong Idul Fitri 1438 H , Makestro membuat suatu proyek bedug takbiran. Lewat Debeduks ini, kamu tak perlu repot memukulnya karena dengan automatis Debeduks akan membuahkan nada seperti bedug takbiran. Kamu dapat juga lakukan proyek ini didalam rumah dengan ikuti tutorial yang ada di Makestro. 

2. Capacitive MIDI Controller 
Kamu yang suka pada musik tentu tidak asing dengan arti MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Capacitive MIDI Controller adalah proyek yang dapat mengatur MIDI yang memakai Wi-Fi menjadi jalur komunikasinya. Tutorial pembuatan Capacitive MIDI Controller bisa kamu saksikan di Makestro. 

3. Connecting Your Amazon Echo to ESPectro 
Lewat Connecting your Amazon Echo to ESPectro, kamu akan menghubungkan Amazon Echo, piranti dari Amazon yang dapat lakukan perintah apa pun, dengan komando nada dengan ESPectro. Bagaimanakah langkahnya? Yuk simak tutorialnya di Makestro. 

4. PatientCare 
PatientCare ialah suatu system berbasiskan IoT untuk memantau keadaan pasien yang tengah dirawat. Lewat PatientCare ini kamu dapat menyiapkan pemantauan keadaan pasien yang memakai beberapa kumpulan sensor serta membuahkan analisa data berkaitan keadaan pasien. Kamu bisa memerhatikan tutorialnya di Makestro. 

Aplikasi tehnologi IoT masih tetap terbuka luas di Indonesia karena sejumlah contoh aplikasi IoT diatas cuma beberapa kecil dari apa yang dapat dikerjakan IoT. Untuk temukan macam inovasi IoT yang lain, penggerak IoT lokal Makestro bekerja bersama dengan MyIoTC Malaysia serta Kemkominfo membuat rangkaian acara “Republic of IoT 2017 (RIoT 2017) ”. 

Dengan mengangkat tagline “Augment Nation Make Solution”, RIoT mempunyai arah buka akses tehnologi di bagian IoT untuk kebanyakan orang, jadi wadah untuk menggerakkan ekosistem IoT di Indonesia lewat suatu pergerakan komune, serta tingkatkan pengetahuan serta kesadaran orang-orang umum pada ada tehnologi IoT yang solutif. 

RIoT dibagi jadi dua sub acara, yakni RIoT Seminar yang diselenggarakan pada 23–25 Agustus 2017 serta RIoT Hackathon yang diselenggarakan pada 26–27 Agustus 2017. RIoT Hackathon di buka untuk beberapa praktisi IoT yang ingin wujudkan proyek-proyek IoT yang bisa jadi jalan keluar dari kelompok yang di tawarkan. Khalayak umum atau investor yang tertarik memahami bagian IoT atau sebatas ingin tahu sekitar keadaan industri IoT sekarang ini bisa ikuti RIoT Seminar. 

Pada acara RIoT ini akan dibagi jadi 14 tema, yakni pertanian, pertahanan serta keamanan, transportasi, alam, kesehatan, pendidikan, smart city, smart living, berolahraga, maritim, engagement, aksesibilitas, fintech serta e-commerce, juga industri. 

14 tema itu adalah general mapping isu-isu yang sering berada di Indonesia serta telah waktunya kita berperan riil untuk mensupport Indonesia jadi lebih bagus lewat tehnologi IoT. Membuat Bagus Indonesia? Jadi Makers Agar Bagus!