Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Melindungi Email Dari Hacker

Langkah membuat perlindungan e-mail dari hacker :
1. Situs spoofing
Situs spoofing yaitu situs yang di buat dengan maksud menyesatkan pembaca. Situs juga akan di buat oleh orang atau organisai yang berlainan (Bajakan) terlebih untuk maksud kecurangan. Umumnya, website situs juga akan mengambil desain situs tujuan serta terkadang mempunyai URL yang sama.
Umpamanya Situs palsu dari Yahoo. com keluar persis sama juga dengan Website Situs Yahoo. Jadi beberapa besar orang yakin kalau itu yaitu website asli. Maksud paling utama dari website palsu yaitu untuk menipu pemakai serta ambil password mereka. Untuk ini, bebrapa website palsu tawarkan halaman login palsu. Halaman login palsu ini serupa dengan halaman login asli dari website seperti Yahoo, Gmail, Orkut dan lain-lain. Dengan coba login, jadi itu sama juga anda memberi username serta password e-mail anda dengan gratis
Sedikit panduan :
- Jangan sampai berusaha untuk login/terhubung akun e-mail Anda dari website beda dari website aslinya.
- Senantiasa ketikkan URL website di address bar untuk masuk ke website. Jangan sampai mengklik hyperlink untuk memasukkan website login e-mail yang berkaitan.
2. Dengan keyloggers
Cara yang lain yang umum dipakai untuk mengambil password yaitu dengan memakai keylogger (baca pengenalan keylogger serta langkah pemakaianya). Satu keylogger tidak beda hanya spyware. Bila Anda cuma terhubung akun e-mail Anda dari computer yang terinstal dengan keylogger, anda tentu kehilangan password. Hal semacam ini karna keystroke darikeylogger juga akan mencatat tiap-tiap apa yang Anda kekit.
Sedikit panduan : Silakan baca langkah membuat perlindungan dari keylogger serta bisa pula anda kerjakan dengan meng-install satu program anti-spyware yang baik serta up-date dengan teratur. Ada pula satu program yang dimaksud Anti-keylogger yang didesain spesial untuk mendeteksi serta menghapus keyloggers dari computer anda.
3. Warnet serta Kafe
Mungkin saja dua tempat ini adalah tempat favorite untuk menjelajahi internet terkecuali di rumah pastinya,. diwarnet atau di kafe sangan rawan terjadinya kehilangan e-mail, hal semacam ini begitu bisa saja bila operator warnet menempatkan keylogger untuk tiap-tiap pc client mereka,. sedang pada Kafe, cukup hanya menggunaka Cakewalkuntukmencuri passwor sahabat, di lebih dengan Remote Administraion Tools yang bisa memonitoring searching anda dengan segera sepanjang anda masih tetap memakai sarana wifi mereka.
Sedikit panduan : Ini tidak bermakna anda tidak mesti bersurfing ria di warnet atau kafe, tidak semuanya pengelola warnet serta kafe jahat loh! anjuran saya janganlah pakai wifi ini untuk terhubung e-mail serta beberapa informasi perlu anda, cukup mencari refernsi atau sebatas bacaan.

Cara Melindungi E-mail Dari Spam :
Spam adalah sebuah pesan e-mail yang biasanya berupa pesan komersial yang di kirimkan kebanyak alamat e-mail. Seorang hacker biasanya mendapatkan akses ke sebuah mailing list kemudian mengirimkan alamat-alamat e-mail dalam mailing list tersebut untuk kampanye pemasaran produk mereka.

Berikut cara melindungi e-mail dari spam :
1.Pakai filter spam untuk account e-mail Anda. Bila Anda memakai service e-mail seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain, jadi filter spam yang ada sudah distting dengan default. Tiap-tiap spam filter mempunyai algoritma spesifik untuk mendeteksi e-mail spam serta juga akan dengan automatis n mengubahkannya ke folder SPAM. Hal semacam ini buat inbox Anda bebas dari spam. Tetapi seberapa ketatnya satu system tetaplah ada celahnya.
2.Janganlah menulis alamat e-mail anda di komunitas umum, komentar pemakai serta chat-room. Beri alamat e-mail Anda pada website yang bisa diakui, semisal untuk berlangganan newsletter dab rss feed..
3.Janganlah sembarang lakukan survey on-line serta isi formulir respon, pakai saja e-mail fummy anda untuk hal begini,.
4.Lakukan menulis alamat kontak e-mail Anda di website Situs dengan memakai format ini : email Address at yoursite. com bukanlah emailaddress@yoursite. com. Ini juga akan membuat perlindungan alamat e-mail Anda tidak diindeks oleh robot spam.
5.Janganlah merespon pesan tipuan/palsu. Apabila Anda terima e-mail hoax, jauhi melanjutkan ke rekan-rekan Anda. Bila Anda betul-betul menginginkan meneruskannya ke rekan Anda, yakinkan kalau anda memakai pilihan “Bcc” (blind carbon copy) untuk kirim e-mail, pilihan ini Juga akan sembunyikan semuanya ID e-mail yng anda lanjutkan.

Panduan langkah-demi-langkah untuk memblokir e-mail yg di inginkan :
Untuk pemakai gmail 
1.Login ke akun Anda
2.Di pojok kanan atas, click pada Penyusunan
3.Dibawah Penyusunan, click Filter
4.Anda saat ini juga akan lihat pilihan “Buat filter baru”, click di atasnya
5.Saat ini dalam field masukan alamat e-mail yang menginginkan anda blokir.
Contoh : Anda bisa memasukkan chandraisme@gmail com, field untuk memblokir semuanya e-mail masuk dari alamat ini e-mail berkaitan.
6.Click pada Langkah Selanjutnya, tentukan aksi apa yang anda menginginkan beri untuyk alamat e-mail barusan,. Anda bisa pilih pilihan Hapus hingga e-mail yang diblokir dipindahkan ke tong sampah. Untuk buka blokir e-mail, semuanya yang butuh Anda kerjakan cuma menghapus filter yang Anda bikin.

Untuk pemakai Yahoo
1.Login ke akun Anda
2.Di pojok kanan atas, click Options
3.Menu drop down juga akan mucul, saat ini click More options
4.Pada panel samping kiri tentukan pilihan serta click Filter lantas create or ubah filters
5.Saat ini click Add
6.Pada monitor selanjutnya, beri nama untuk penyaring serta dalam field header masukan alamat e-mail yang menginginkan Anda blok.

Untuk pemakai Hotmail 
1.Login ke akun Anda
2.Di pojok kanan atas, click Option
3.Menu, saat ini click More option
4.Click pada link Safe and blocked sender dibawah Junk e-mail
5.Saat ini click blocked e-mail address or domain 
6.Tulis alamat e-mail yang Anda menginginkan memblokir dengan alamat e-mail diblokir
Cara Mengembalikan Email Yang Di Hack :
Ini dapat jadi bencana yg besar bila akun E-mail Anda sudah dikompromikan dengan feature google lainnya karna mungkin saja berkaitan dengan sebagian service seperti Blogger, Analytics, Adwords, orkut, ditambah lagi bila Adsense, Kehilangan akses ke akun Gmail Anda bermakna kehilangan akses ke semuanya service yang berkaitan. Di bawah ini yaitu daftar aksi pemulihan yang peluang bisa Anda cobalah.
Langkah -1 : Cobalah ulang sandi Anda karenanya yaitu langkah termudah untuk memperoleh account Anda kembali. Dalam sistem ini Google juga akan memohon Anda untuk menjawab pertanyaan rahasia atau mungkin saja kirim perincian reset password ke alamat e-mail sekunder yang berkaitan dengan akun Anda dikompromikan. Anda bisa mengatur ulang sandi Anda dari link tersebut :
Gmail Password Reset Link
Bila Anda tidak mendapatdkan e-mail anda dari Langkah 1, silakan teruskan ke Langkah-2.
Langkah-2 : Banyak kali hacker juga akan merubah pertanyaan rahasia itu serta alamat e-mail sekunder pastinya,. Ini yaitu argumen kenapa sistem Reset Password tidak berhasil. Bila hal semacam ini berlangsung jadi anda butuh menghubungi tim support Gmail dengan isi formulir pemulihan akun. Formulir ini juga akan memohon Anda untuk isi sebagian pertanyaan seperti,
1.Alamat e-mail yang seringkali diemail minimum 5 kontak
2.Nama dari tiap-tiap 4 Label yang mungkin saja Anda bikin dalam akun Anda
3.Daftar service yang lain yang terkait dengan akun Anda
4.Tanggal login paling akhir anda
5.Account yang anda bikin tanggal sekian
6.Paling akhir password yang Anda ingat serta banyak sekali lagi …
Anda butuh isi formulir ini seakurat mungkin saja. Info yang lebih akurat di isi berbentuk pemulihan juga akan makin banyak peluang memperoleh account Anda kembali. Anda bisa cobanya dengan mencari kata Akun Recovery Form dan ikuti langkah-langkahnya.