Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Burning Data Ke CD / VCD


Taruh menaruh data adalah aktivitas yang seringkali dikerjakan oleh beberapa pekerja serta pelajar, memanglah saat ini telah ada alat untuk menaruh data yang lebih sederhana yakni flashdisk. Tapi yang jadi problem yaitu sebenarnya flashdisk seringkali sekali terserang firus, karna beralih dari satu computer ke computer beda yang mungkin saja saja ada virusnya.

Beda sekali lagi dengan memakai media yang dahulu sempat popular yaitu CD atau DVD, bila kita memakai ini, kecil kemungkinan sekali juga akan teridap virus dari computer laiinnya. Diluar itu hargannya juga relative lebih murah daripada dengan flashdisk. Ngomong-ngomong masalah CD dan DVD, ada perbedaaan di antara kedunya, salah nya ialah sisi kemampuan penyimpanan datanya, dapat di katakan kalau kemampuan CD lebih kecil daripada VCD.

Pada tulisan kesempatan ini saya juga akan coba memberi langkahnya bagaimana memburning dan mengubahkan data ke CD atau DVD. Oke daripada rasa penasaran anda semuanya makin jadi membesar segera saja kita ulas bagaimana langkahnya.

Sebelumnya kita mempraktekan langkahnya alangkah sebaiknya anda buat persiapan dahulu peralatannya. Berikut yang harus kita siapkan :


  • CD RW / DVD RW Drive untuk memburning 
  • CD-RW/DVD-RW kosong untuk mengubahkan data atau file dari computer 
  • Software untuk menolong mengubahkan data atau file dari computer ke CD atau DVD. 
  • Komputer

Berikut langkah - langkahnya :

  1. Langkah yang pertama yaitu input CD atau DVD pada DVD – RW anda. 
  2. Bila telah dimasukan jadi silakan anda lakukan software yang bermanfaat untuk memburning. 
  3. Lalu silakan anda mencari mana file atau data yang menginginkan di burning, bila telah silakan anda click saja tombol burning. 
  4. Nah yang paling akhir tinggal anda tunggulah deh (lamanya saat pemburningan bergantung pada besar atau kecilnya file yang di burning).