Sarana Informasi Bidang Informatika.

Struktur Dasar HTML



Susunan Basic HTML
Tiap-tiap halaman HTML paling tidak mempunyai susunan basic yang terbagi dalam : Tag DTD atau DOCTYPE, tag html, tag head, serta tag body. Berikut yang disebut susunan paling basic dari HTML, meskipun HTML bukan sekedar diisi susunan itu.

Supaya lebih gampang mengertinya, silakan buka text editor (Notepad++), lantas ketikkan kode di bawah ini :

Contoh susunan basic HTML :
! DOCTYPE html
html
head
titleTitle dari Websiteku/title
/head
body
pSelamat Pagi Dunia, Hello World!/p
/body
/html

Save jadi halaman. html serta lakukan file lewat cara double click file itu, atau click kanan – Open With – Firefox. Kita juga akan mengulas tag-tag yang ditulis itu pada tutorial kesempatan ini.

Pengertian DTD atau DOCTYPE
Tag paling awal dari contoh HTML di atas yaitu DTD atau DOCTYPE. DTD yaitu singkatan dari Document Tipe Declaration. Yang berperan untuk memberitahu pada situs browser kalau dokumen yang juga akan diolah yaitu HTML.

DTD mempunyai banyak versus bergantung pada versus HTML yang dipakai. Pada contoh di atas, saya memakai DTD versus HTML 5. Sebelumnya HTML 5, DTD terbagi dalam text panjang yang nyaris tidak mungkin dihafal. Misalnya, DTD untuk xHTML 1. 0 yaitu :

! DOCTYPE html PUBLIC " -// W3C// DTD XHTML 1. 0 Strict// EN "
" http :// www. w3. org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict. dtd "
Bila kita tidak menuliskan DTD, browser juga akan tetaplah menghadirkan serta mengolah halaman situs kita seperti tidak berlangsung apa-apa. Tetapi browser sesungguhnya menggerakkan halaman HTML itu pada model spesial yang dimaksud quirk model.

Pada quirk model, situs browser menerjemahkan halaman situs (terlebih kode CSS) sedikit berlainan dari semestinya. Ini karna situs browser berasumsi kalau saat DTD tidak ditemuka, halaman itu peluang besar adalah halaman situs usang. Supaya halaman ‘usang’ ini tetaplah tampak baik, situs browser butuh memakai sebagian ketentuan yang berlainan, yaitu : quirk model.

Langkah untuk ketahui apakah situs browser jalan pada quirk model atau standar model lebih gampang bila memakai situs browser Mozilla Firefox. Pada Firefox, click kanan pada halaman situs, lantas tentukan Page Informasi. Di bagian Render Model juga akan tampak apakah quirk model, atau standar model.

Tag html 
Sesudah DTD, tag selanjutnya yaitu tag html.

Ini yaitu tag pembuka dari keseluruhnya halaman situs. Semuanya kode HTML mesti ada didalam tag ini. Tag html diawali dengan html serta disudahi dengan/html

Tag head 
Elemen pada tag head biasanya juga akan diisi beragam pengertian halaman, seperti kode CSS, JavaScript, serta kode-kode yang lain yg tidak tampak di browser.

Tag title dalam contoh kita terlebih dulu dipakai untuk menghadirkan title dari satu halaman situs. Title ini umumnya dipertunjukkan di bagian teratas situs browser. Misalnya pada penampilan halaman. html, ‘Title dari Websiteku’ juga akan dipertunjukkan pada tab browser.

Tag body 
Tag body juga akan diisi semuanya elemen yang juga akan tampak dalam halaman situs, seperti paragraf, tabel, link, gambar, dan lain-lain. Tag body ini ditutup dengan/body. Beberapa besar saat kita dalam membuat situs juga akan di habiskan didalam tag body ini.

Cermati kalau tiap-tiap tag juga akan disudahi dengan penutup tag. Termasuk juga html yang disebut tag paling awal dari satu halaman situs.

Stuktur HTML yang kita ulas di sini yaitu susunan yang begitu simpel. Satu halaman situs dapat mempunyai beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu baris, yang ditulis dengan beragam tag HTML. Tag pertama yang juga akan kita ulas dalam tutorial selanjutnya yaitu tag p yang dipakai untuk buat paragraf didalam HTML.