Sarana Informasi Bidang Informatika.

Aplikasi Editor HTML


Pilih Aplikasi Editor HTML 
Pilih satu aplikasi editor HTML tidak sangat susah. Aplikasi editor HTML dipakai untuk memudahkan kita buat kode HTML. HTML sendiri pada intinya cuma text umum yang ditulis dalam kode-kode spesial. Situs Browser-lah yang juga akan menerjemahkan kode HTML ini jadi satu penampilan halaman situs.

Untuk buat kode HTML ataupun halaman situs simpel, kita tidaklah perlu memakai aplikasi yang besar serta berat. Aplikasi Notepad bawaan Windows sesungguhnya telah cukup untuk buat kode HTML. Tetapi untuk tutorial belajar HTML kesempatan ini saya juga akan memakai aplikasi Notepad++.

Text Editor Notepad++ 
Aplikasi Notepad++ dapat di unduh dengan gratis dari http :// notepad-plus-plus. org/unduh/di mana ketika tutorial ini diupdate pada September 2017, versus paling akhir yaitu 7. 5. 1, memiliki ukuran sekitaran 2, 8MB. Notepad++ adalah aplikasi editor text gratis enteng tetapi mempunyai banyak feature. Salah nya ialah feature pewarnaan code (syntax highlighting). Feature ini juga akan mempermudah penulisan HTML.

Text Editor Komodo Edit 
Satu diantara argumen saya memakai Text editor Notepad++ yaitu aplikasinya enteng serta memiliki ukuran kecil. Tapi seringkali ada yang memprotes mengapa penampilannya berkesan “jadul”.

Jadi alternatif, dapat coba Komodo Ubah. Teks editor ini dapat juga didapat dengan gratis di : http :// komodoide. com/komodo-edit /. Waktu artikel ini saya revisi, versus paling akhir yaitu 10. 2. 3, memiliki ukuran sekitaran 75MB.

Komodo Ubah adalah versus enteng dari versus berbayar Komodo IDE (juga diperkembang oleh perusahaan yang sama). Ketika buka halaman di atas, yakinkan untuk pilih tombol “Download Komodo Edit“, bukanlah “Try Komodo IDE“.

Bagaimana dengan Adobe Dreamweaver? 
Aplikasi Adobe Dreamweaver adalah aplikasi situs editor yang paling popular. Dreamweaver sediakan feature melimpah sekedar untuk buat halaman situs dengan kode HTML. Dreamwever bukan sekedar satu text editor untuk HTML saja, tetapi juga untuk beragam bhs pemrograman situs yang lain.

Di balik kelebihannya, menurut saya Dreamweaver tidak pas untuk sistem belajar. Aplikasi ini relatif ‘berat’ serta bernilai juta-an rupiah untuk versus legalnya.

Saat ini Dreamweaver cuma dapat diperoleh lewat cara berlangganan tiap-tiap bln. dengan harga sekitaran Rp 193. 000 per bln.. Dreamweaver lebih pas dipakai bila anda sudah mengerti kode-kode program yang ada dibaliknya (serta dapat beli versus originalnya).

Bagaimana dengan Sublime Text?
Sekarang ini teks editor Sublime Text juga tengah ‘naik daun’ serta begitu popular digunakan. Sublime Text yaitu teks editor yang serupa seperti Notepad++ atau Komodo Ubah tetapi dengan feature semakin banyak.

Hanya satu problem dengan Sublime Text yaitu aplikasi ini tidak gratis, berbayar sekitaran $80. Di situs resmi https :// www. sublimetext. com juga sediakan versus trial yang dapat di unduh, tapi ada iklan yang cukup menganggu. Diluar itu lisensinya mengharuskan beli versus berbayar bila selalu dipakai (a license must be purchased for continued use)

Jadi dari pada gunakan yang bajakan, tambah baik memakai product yang betul-betul gratis seperti Notepad++ atau Komodo Ubah supaya pengetahuan yang di bisa lebih barokah. Fitur-fitur yang ada pula tidaklah terlalu diperlukan untuk sistem belajar.

Tetapi bila anda mampu beli lisensi aslinya, teks editor ini benar-benar sangat powerfull serta jadi standard tidak resmi untuk kelompok situs developer professional.

Apa pun text editor yang dipakai, sesungguhnya tidak jadi problem. Karna sepanjang text editor itu bisa menulis serta menaruh text, aplikasi itu telah lebih dari cukup jadi editor HTML.