Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mengatasi Masalah Konksi Internet




Nyaris kebanyakan orang tentu sempat alami problem dengan koneksi internet, tak tahu koneksi yang lambat hingga koneksi yang terputus. Terdapat banyak aspek yang memengaruhi koneksi internet, tapi kita akan tidak mengulas itu.

Problem koneksi internet dapat buat kita frustasi. Waktu problem koneksi mnelanda, seringkali diantara kita cuma bergelut pada tombol F5, yang mungkin saja sekalipun tidak menangani problem. Waktu Anda alami hal semacam ini, ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk mengidentifikasi serta menangani maslah koneksi internet itu.

Pastika Anda mengecek sambungan fisik sebelumnya ke pemecahan problem yang lebih jauh. Karna mungkin saja maslaah koneksi internet dikarenakan oleh oleh router yg tidak tersambung, atau kabel LAN yang kurang cocok dicolok.

Berikut ini yaitu beberapa hal yang dapat dikerjakan untuk mengidentifikasi serta menangani problem koneksi internet.

PING 

Satu diantara hal pertama yang perlu dikerjakan saat koneksi internet Anda tidak bekerja dengan baik yaitu menggerakkan perintah ping. Buka jendela Command Prompt dari menu Start Anda atau (Windows+R) serta lakukan perintah seperti ping google. com atau ping pintarkomputer. com.

Perintah ini kirim sebagian paket ke alamat yang Anda menuju. Situs server merespon tiap-tiap paket yang diterimanya. Dalam perintah berikut ini, kita bisa lihat kalau semua bekerja dengan baik, ada 0% packet loss serta saat semasing yang paket diperlukan cukup rendah.

Bila Anda lihat request time out, dengan kata beda bila situs server tidak merespon satu atau lebih paket yang di kirim, ini dapat memberikan indikasi kalau ada problem pada jaringan. Bila situs server terkadang memerlukan saat yang lama untuk merespon sebagian paket beda, ini dapat juga mengindiksikan problem pada jaringan. Problem ini dapat dikarenakan oleh situs tersebut, mungkin saja juga problem yang sama berlangsung pada situs yang beda, penyedia service internet Anda, atau pada jaringan Anda sendiri.

Cermati juga kalau terdapat banyak website yang memanglah tidak sempat menyikapi ping. Umpamanya, microsoft. com akan tidak sempat berikan tanggapan.

Problem Dengan situs Tertentu 

Bila Anda alami problem terhubung situs walau sebenarnya ping bekerja dengan baik, itu mungkin saja situs itu tengah alami problem.

Untuk mengecek apakah satu website situs bekerja dengan baik atau tidaknya, Anda bisa memakai downforeveryoneorjustme. com, satu alat yang coba menghubungkan ke website situs serta memastikan apakah situs down atau tidak. Bila alat ini menyebutkan situs ini down untuk kebanyakan orang, itu berarti problem ada pada situs.

Problem Pada Modem atau Router 

Bila Anda alami problem dengan beragam website situs, itu mungkin saja dikarenakan oleh modem atau router. Modem yaitu piranti yang berkomunikasi dengan penyedia service Internet, sesaat router sharing koneksi antar semuanya computer serta piranti jaringan yang lain dirumah Anda. Dalam sebagian masalah, modem serta router mungkin saja mungkin saja piranti yang sama.

Lihatlah router. Bila lampu hijau menyala di atasnya, itu tunjukkan jalan raya jaringan, itu normal. Bila Anda lihat, lampu oranye berkedip, itu biasanya memberikan indikasi problem. Hal yang sama berlaku untuk modem, lampu oranye berkedip umumnya tunjukkan problem.

Bila lampu tunjukkan kalau ada piranti yang alami problem, coba mencabut serta colok kembali. Ini seperti me-restart computer Anda.

Bila Anda masih tetap alami problem, Anda mungkin saja butuh lakukan reset pabrik pada router atau meng-upgrade firmware-nya. Untuk menguji apakah problem ini betul-betul dengan router Anda atau tidak, Anda dapat gunakan kabel Ethernet computer Anda segera ke modem Anda. Bila koneksi saat ini bekerja dengan benar, terang kalau router mengakibatkan problem Anda.

Problem Pada Satu Komputer 

Bila Anda cuma alami problem jaringan pada satu computer pada jaringan Anda, peluang kalau ada problem piranti lunak dengan computer itu. Problemnya dapat dikarenakan oleh virus atau sebagian type malware atau problem dengan browser spesifik.

Kerjakan scan antivirus di computer serta cobalah instal browser yang berlainan. Terdapat beberapa problem software beda yang dapat jadi pemicunya, termasuk juga konfigurasi firewall.

Problem DNS Server 

Anda bisa coba terhubung situs di alamat IP-nya dengan segera, yang melalui server DNS. Umpamanya, gunakan alamat ini ke address bar situs browser Anda untuk berkunjung ke Google dengan segera :

http :// 74. 125. 224. 72

Bila cara alamat IP bekerja namun Anda masih tetap tidak bisa terhubung google. com, itu ada problem dengan server DNS Anda. Dari pada menanti penyedia service Internet Anda untuk melakukan perbaikan problem, Anda bisa coba memakaiDNS server pihak ke-3 seperti OpenDNS atau Google Public DNS.

Problem untuk koneksi internet seringkali dihadapi oleh pemakai internet tentunya, serta sebagian dari mereka segera menghubungi penyedia service internet. Mulai saat ini coba untuk mengindentifikasikannya sendiri serta sebisa-bisanya menangani problem yang ada.