Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Meningkatkan Visitor Organik Untuk Meningkatkan Trafik Menjadi Stabil

Berikut ini tips cara meningkatkan visitor blog/web kita secara organik atau alami, kemon kita baca bareng-bareng ya...


Siapkan content yang punya potensi viral 

Kita tidak dapat menanggung content yang kita buat jadi viral.

Tapi kita BISA mengusahakan supaya content itu mempunyai kesempatan yang besar untuk jadi viral.

Janganlah pikirkan viral yang sangat besar seperti video Gangnam Model. Yang disebut viral yaitu content itu di-share oleh orang yang lain ke social media.

Atau segera mencontoh situs hipwee.

Hipwee memperoleh 1 juta pengunjung cuma dalam 4 bln. sesudah di luncurkan. Ini karna mereka dengan berkelanjutan memberi beberapa content yang punya potensi viral.

Tidak mesti dengan jenis yang sama…

Hipwee memanglah spesial menyimpan content yang temanya viral, dalam kelompok apa pun. Bila anda miliki situs (blog) yang cuma dalam tema spesifik, janganlah keluar dari tema paling utama.

Cukup tiru bagaimana caranya mereka menghidangkan content.

Terlebih gambar, judul, sub-judul, serta penulisannya.

Aktif di Facebook Groups 

Pada saat TipsIM baru di luncurkan, 80% pengunjungnya datang dari sebagian group di Facebook.

Tapi, beberapa besar blogger yang memakai group Facebook tidak dapat memperoleh banyak pengunjung… Mengapa?

Ini permasalahannya :

Facebook miliki filter spam yang ketat. Saat link-link yang anda post tidak memperoleh tanggapan dari orang yang lain, jadi dengan tidak sadar anda telah dicap jadi spam oleh systemnya.

Oleh karena itu seberapa biasanya juga anda kirim link ke Facebook, tak ada yang berkunjung ke.

Lantas apa tidak mungkin promosi di Facebook?

…Nggak juga

Bila anda lakukan promosi yang pas, akhirnya juga akan begitu mengagumkan.

Ikuti beberapa langkah ini :

Umpamanya anda miliki situs (blog) & content mengenai menjaga kucing, cari group Facebook yang membernya memerlukan info barusan.

Group kucing

Anda tidak bisa segera menyimpan link demikian saja tanpa ada kenal dengan anggota group.

Anda juga tidak bisa segera menyimpan link sesudah kenal dengan anggota group.

…kapan bolehnya?

Sesudah anda di kenal jadi orang yang seringkali menolong orang yang lain. Agar di kenal, sering-seringlah menjawab pertanyaan anggota group serta sering-seringlah sharing pengetahuan tanpa ada link.

Karna ini begitu perlu, juga akan saya ulangilah singkatnya agar tidak lewatkan.

3 larangan promosi di group Facebook :

Janganlah promosi tanpa ada miliki content yang berkualitas
Janganlah promosi di group yg tidak terkait dengan tema konten
Janganlah promosi sebelumnya anda di kenal oleh beberapa besar anggota
Resikonya besar, jadi baiknya ikuti ketentuan ini.

2a. Buat group sendiri di Facebook
Dari pada numpang di group beda, buat group sendiri dapat lebih efisien.

Jadi admin di satu group, post anda juga akan dapat mencapai semakin banyak anggota. Karna post dari admin nyaris senantiasa keluar di News Feed anggotanya.

Karenanya saya juga beberapa waktu terakhir buat group TipsIM di Facebook.

Agar group anda ramai, tips-nya :

Siapkan content spesial anggota group, dapat berbentuk e book atau artikel
Katakan ke group beda kalau mereka dapat memperoleh content spesial bila gabung ke group anda

Aktif juga di Google+ Community

Kata siapa Google+ itu sepi?

Di banding Facebook memanglah lebih sedikit orangnya, tapi berisi lebih bersih dari spam serta orang-orangnya lebih ketertarikan.
Group sehat

Bila anda miliki content mengenai alur makan sehat, atau alur diet, komune diatas dapat memberi banyak traffic ke situs (blog) anda.

Tapi sama juga dengan Facebook, 3 larangan barusan tetaplah berlaku.

Bahkan juga di Google+ lebih ketat sekali lagi karna link yang dicap jadi spam juga akan segera terhapus.

Satu hal sekali lagi :

Cermati di point nomor 2 serta 3 ini saya merekomendasikan anda untuk masuk ke komune. Bukanlah buat page lalu publish artikel di page sendiri…

.. Tidak efisien.

Situs (blog) baru bermakna account social-nya masih tetap sepi.

Berarti meskipun anda sehari-hari post link ke social media tanpa ada lewat komune, akan tidak ada yang membaca.

Dapatkan komunitas yang relevan, serta aktif jadi anggota 
Dasarnya sama juga dengan nomor 2 serta 3. Jadi, singkat saja.

Bila anda melalui 2 point diatas, silakan baca ulang.

Dari komunitas anda dapat memperoleh back link segera (walau nofollow), serta anda dapat merajut jalinan dengan anggota beda.

Dahulu saya seringkali aktif di satu komunitas baru bernama IdBlogSchool

Lewat komunitas itu saya memperoleh banyak pengunjung pastinya.

Tapi tidak cuma itu.

Karna adalah komunitas baru, anggotanya lebih sedikit dibanding komune FB serta G+. Tapi kita mungkin saja lebih kenal dekat dengan anggotanya.

Hingga, banyak anggota komunitas itu yang memberi back link di situs (blog) mereka buat saya.

Aktif di website tanya-jawab 
Serupa dengan komunitas, tapi berlainan.

Memanglah sekarang ini belum juga banyak website tanya-jawab besar di Indonesia. Tapi tak ada kelirunya untuk coba.

Anda tidaklah perlu jadi sangat aktif di website tanya-jawab. Bila memanglah ada pertanyaan yang dapat dijawab segera dengan content anda, segera saja beri linknya bersama keterangan singkat.

Tersebut sebagian situsnya :

  • Yahoo! Answer 
  • Brainly 
  • Takon (aplikasi Android) 
  • Quora (internasional) 

Jalin jalinan dengan blogger-blogger lain 
Segala teknik diatas itu sesungguhnya untuk merajut jalinan dengan calon pembaca, atau istilahnya audience.

Tapi ada yang lebih ampuh bila anda menginginkan meningkatkan situs (blog) dengan lebih cepat. Yakni merajut jalinan dengan blogger beda.. istilahnya influencer.

Argumennya begini :

Umpamanya seseorang audience berbagi 1 content anda ke social media.

Beberapa orang yang berstatus jadi audience cuma miliki sedikit follower, serta bahkan juga mungkin saja dari follower mereka tak ada yang tertarik dengan content kita.

Jadi tak ada sekali lagi yang click hasil berbagi dari audience.

Tapi umpamanya content anda di-share oleh influencer dengan 10ribu follower aktif.

Jadi juga akan ada beberapa ratus hingga beberapa ribu orang mendatang ke situs anda.

Itu penyebabnya perlu untuk terkait dengan mereka.

Saat ini caranya…

Mencari blogger-blogger beda yang temanya sama juga dengan anda. Google : “topik” + situs (blog).
Follow account social-nya
Retweet/like, serta berbagi content mereka dengan konsisten
Beri komentar yang berkwalitas di blognya
Gunakan link menuju situs (blog) mereka di content anda
Langkah 2-4 mempunyai tujuan supaya mereka mengerti kehadiran kita.

Serta agar kesannya positif.

Hati-hati dalam merajut jalinan, karna bila anda dipandang jadi pengganggu jadi anda juga akan diabaikan. Berarti anda kehilangan potensi pertolongan yang bernilai.

Katakan content favorit anda pada influencer 
JANGAN kerjakan ini bila anda belum juga membuat kesan positif di mata blogger beda.

Bahaya…

Tapi bila sukses, dampaknya mengagumkan.

JANGAN juga kirim content anda ke blogger yg tidak tertarik dengan tema content anda.

Ini seringkali berlangsung :

Umpamanya, karna saya blogger mengenai marketing, SEO, serta blogging.. jadi janganlah kirimkan content dalam tema selain itu barusan. 100% juga akan saya skip.

1 hal sekali lagi yang butuh anda miliki :
Argumen.

Apa yg buat mereka ingin membaca content anda? Apa yang buat mereka juga akan menolong mempromosikan content anda?

Ini sebagian panduan-nya :

Ulas tentang mereka di content. Bila di perhatikan di content ini, terdapat banyak link menuju situs lain… kerjakan sesuai sama itu.
Minta mereka untuk menulis pendapat tentang tema yang anda angkat, lalu kutip jawaban mereka didalam konten
Tersebut 2 langkah yang senantiasa saya kerjakan untuk memperoleh berbagi dari influencer.

Ganti format judul agar menarik untuk di-klik 
Pikirkan anda tengah di Facebook, lantas ada 2 artikel dengan judul tersebut :

Langkah turunkan berat tubuh
9 Langkah turunkan berat tubuh sampai 10kg dalam 30 hari
(Anggaplah anda tertarik dengan temanya)

Bila anda tentukan yang ke-2, bermakna pemikiran anda sama juga dengan 90% manusia normal yang lain.

Saat content di-share, atau keluar di hasil pencarian Google.. yang tampak cuma judulnya. Jadi apakah seorang juga akan lakukan click atau tidak bergantung judul.

Oleh karena itu judul dapat dengan instan tingkatkan traffic anda.

Ada 4 U dalam menulis judul, menurut Copyblogger :

Useful – menerangkan faedah untuk pembaca
Urgency – berkesan menekan/darurat/perlu
Unique – menghidangkan inspirasi paling utama dari pojok pandang yang berlainan dari content lain
Ultra-specific – ditulis dengan spesifik
Karna perlunya judul, jadi saya buat tips spesial dalam penulisan judul.

Ada 8 rencana serta bonus 10 template dalam link diatas.

Pakai minimum 1 gambar untuk tingkatkan click 
Beberapa orang di social media lebih sukai lihat gambar dari pada lihat tulisan.

more-engaging-Facebook-page-image-posts

Dibanding teks, photo di Facebook memperoleh semakin banyak like serta comments. Bedanya juga cukup jauh.

Saat ini, cobalah kita banding :

Pada artikel yg tidak mempunyai gambar…

Post tanpa ada gambar

…dengan yang bergambar.

Post bergambar

Saya percaya semuanya tentu setuju yang bergambar lebih “mengundang” untuk di-klik.

Mengupload gambar untuk content tidak menelan saat lama, jadi jangan pernah anda melupakan kesempatan traffic yang besar cuma karna sedikit malas.

Kita dapat juga memperoleh photo gratis di :

  • Pixabay 
  • Pexels 
  • Stok Up 
  • StokSnap 
  • Pablo (dapat segera di beri teks)


Newsjacking – curi traffic dari berita yang tengah hot 
Apa yang juga akan anda kerjakan bila ada berita yang tengah hot dalam tema yang sama juga dengan situs (blog) anda?

Turut buat artikel berita?

Bila iya… anda melupakan peluang besar.

Di hari yang sama saat berita itu mengedar, ada beberapa ribu hingga juta-an situs (blog) serta situs berita beda yang buat artikel berita yang itu-itu saja.

Mengakibatkan, content anda terbenam.

Tapi ada langkah yang lebih dahsyat :

Newsjacking.

Newsjacking berarti kita buat satu content berkaitan berita yang trend tapi ditambah inspirasi, keterangan, atau ide, dari anda sendiri.

Bingung?

Contoh :

Sekitaran bln. Februari-Maret 2015 ada fenomena The Dress. (Gaun yang warnanya biru-hitam tapi terlihat seperti putih-emas).

Sesaat situs beda repot buat berita, The Wired dalam artikel ini memberi keterangan dibalik fenomena barusan.

Unknown-660x748

Mengakibatkan, sepanjang trend itu masih tetap hangat.. content mereka juga jadi turut hangat.

Sama seperti dengan video dari ASAP Science ini yang memperoleh 20juta views.

Video thedress

Jadi, lain waktu saat ada berita yang panas janganlah cuma buat berita.. tetapi beri analisis anda dibalik berita itu.

Buat content mengenai himpunan artikel/blog 
Bila ada miliki situs (blog), saya anjurkan minimum ada 1 content himpunan.

Content himpunan itu umpamanya :
Dasarnya dalam 1 artikel diisi daftar situs (blog) atau artikel punya orang yang lain.

Ada 2 keuntungannya :

Content begini relatif lebih popular dari pada content biasa
Dapat dipakai jadi media untuk merajut jalinan dengan blogger beda (seperti nomor 6 barusan)

Pengunjung bertambah drastis

Kenapa dapat demikian?

Karna nyaris semuanya blogger yang saya masukan dalam artikel itu pada akhirnya turut mempromosikan artikelnya…meskipun saya tidak kenal terlebih dulu.

Mereka berbagi karna ada nama mereka di dalamnya.

Serta mereka-mereka ini telah miliki beberapa ribu bahkan juga beberapa ratus ribu follower.

Sekali berbagi saja dapat segera kirim beberapa ratus hingga beberapa ribu pengunjung.

Bukan hanya itu…

Pembaca website situs (blog) begitu sukai bila ada 1 artikel yang berisi beberapa begitu komplit. Makin senang mereka jadi makin tinggi peluang artikel anda untuk direferensikan.

Tersebut kenapa anda baiknya miliki artikel mirip contoh barusan.

Kumpulkan e-mail beberapa pembaca setia, kerjakan daftar building 
Bila anda cermati baik-baik, di sebagian tempat di situs ini ada form pendaftaran e-mail.

Untuk apa?

Supaya mereka yang menyukai dengan content kita ingat untuk kembali sekali lagi saat ada beberapa content baru.

Untuk anda yang mempunyai usaha on-line, daftar building serta e-mail marketing juga adalah media paling baik untuk merubah dari orang yg tidak di kenal sampai jadi kustomer yang setia.

E-mail telah di kenal mulai sejak lama jadi sumber traffic paling baik.

Menaklukkan search engine.

e-mail roi

Demikian juga dalam hubungan dengan menghadirkan pengunjung.

Mereka yang mendaftarkan emailnya yaitu mereka yang senang dengan content anda. Mereka menginginkan sekali lagi.. serta mereka menginginkan membagikan content anda pada orang yang lain.

Oleh karena itu, tangkap beberapa orang ini supaya jadi anggota.