Sarana Informasi Bidang Informatika.

Definisi Kecerdasan Buatan


Kecerdasan buatan adalah upa-bidang pengetahuan computer (computer science) yang spesial diperuntukkan untuk buat piranti lunak serta piranti keras yang seutuhnya dapat menirukan fungsi-fungsi otak manusia. Atau Cabang pengetahuan computer yang pelajari otomatisasi perilaku cerdas (intelligent).

Kecerdasan Buatan mesti didasarkan pada prinsip-prinsip teoretikal serta terapan yang menyangkut :
1.Susunan data yang dipakai dalam representasi pengetahuan (knowledge representation),
2.Algoritma yang dibutuhkan dalam aplikasi pengetahuan itu.
3.Segala teknik bhs serta pemrograman yang digunakan dalam implementasinya

Keuntungan serta Kerugian/Kekurangan Kecerdasan Buatan :
1.Computer masa depan juga akan memberi kesenangan, kenyamanan, serta kesenangan yang lebih untuk pemakainya, namun demikian sebaliknya juga akan mendorong harga computer jadi makin mahal
2.Computer juga akan jadi makin lebih bermanfaat
3.Hal semacam ini karna sebagian bagian problem yang semula tidak bisa dipecahkan oleh computer saat ini akan bisa dipecahkan dengan tehnik Kecerdasan Buatan.
4.Cost pengembangan serta riset Kecerdasan Buatan begitu mahal.
5.Pengembangan aplikasi Kecerdasan Buatan adalah hal yang begitu susah serta dibutuhkan saat yang begitu lama
6.Masih tetap sekurang-kurangnya piranti lunak spesial untuk Kecerdasan Buatan. Walau sebenarnya dengan piranti lunak spesial ini, pekerjaan pembuatan serta pengembangan piranti lunak Kecerdasan Buatan jadi lebih gampang serta cepat.
7.Belum juga terwujudnya antarmuka (interface) bhs alami spesial untuk Kecerdasan Buatan. Piranti lunak System Manajemen Basis Data (DataBase Management Sistem/DBMS) adalah satu diantara type piranti lunak konvensional pertama yang telah dapat ambil keuntungan dari terwujudnya bhs alami ini. Perangakat lunak DBMS ini dapat lebih cepat serta lebih gampang ambil data yang disimpan dalam basis data tanpa ada mesti memakai tehnik pemrograman yang rumit.

Kesamaan Rencana Komputasi Kecerdasan Buatan dengan Komputasi Konvensional
1.Keduanya sama membuat bebrapa lambang yang bisa berbentuk huruf, kata, atau bilangan yang dipakai untuk melukiskan object, sistem, serta sama-sama hubungan. Object bisa berbentuk orang, benda, inspirasi, fikiran, momen atau pernyataan satu kenyataan.
2.Memakai computer digital untuk melakukan operasi

Ketidaksamaan Rencana Komputasi Kecerdasan Buatan dengan Komputasi Konvensional :
KOMPUTASI KONVENSIONAL
  • Memakai peranan otak manusia
  • Computer diperintahkan untuk merampungkan satu problem
  • Cuma bisa ditulis dalam bhs pemrograman umum
  • Bisa digerakkan pada semuanya type computer namun tidak dibuatkan hardware spesial
  • Computer diberi data serta program yang diisi spesifikasi langkah untuk langkah bagaimana caranya data itu dipakai serta dibuat untuk hasilkan jalan keluar
  • Didasarkan disuatu algoritma yang bisa berbentuk rumus matematika atau prosedur berurutan yang tersusun terang
  • Pemrosesan object berbentuk kualitatif
  • Representasi info serta jawaban yang eksak

KECERDASAN BUATAN
  • Mengikuti fungsi-fungsi otak manusia
  • Computer diberitahu mengenai satu problem
  • Programnya bisa ditulis dalam semuanya bhs pemrograman termasuk juga bhs pemrograman spesial untuk aplikasi KB
  • Bisa dibuatkan hardware spesial serta dapatlah digerakkan pada semuanya type computer
  • Computer di beri pengetahuan mengenai satu lokasi subyek problem spesifik dengan ditambah kekuatan inferensi
  • Didasarkan pada repesentasi serta manipulasi lambang
  • Pemrosesan object berbentuk kuantitatif
  • Representasi info yg tidak eksak serta jawaban yang memuaskan
Arsitektur System Kecerdasan Buatan
Dalam desain arsitektur system pengetahuan mesti melibatkan komponen-komponen tersebut :
  • Penyederhanaan representasi
  • Susunan pengetahuan
  • Mekanisme inferensi
  • Piranti keras atau arsitektur computer yang disuruh oleh system Kecerdasan Buatan yaitu satu computer yang bisa melakukan pemrosesan paralel.
  • Sedang piranti lunaknya mesti diperkembang dengan bhs yang memiliki kekuatan paralel serta logika yang handal, seperti Lisp serta Prolog
Untuk tingkatkan kecepatan pemrosesan serta ukuran memori, bisa saja tidak untuk lakukan penambahan kecepatan piranti keras, namun lewat pembuatan arsitektur piranti lunak serta piranti keras yang berlainan dengan radikal. Jalan keluar yang di tawarkan dalam hal semacam ini yaitu :
1.Desain pemrograman dengan kekuatan paralel.
2.Keefisienan programer dalam memakai bhs itu.
3.Implementasi bhs itu pada arsitektur/piranti keras yang tepat