Sarana Informasi Bidang Informatika.

Perbedaan Mediatek dan Snapdragon

Saat ini, perubahan dalam dunia telephone pandai makin cepat. Terdapat beberapa type telephone pandai dengan adanya banyak sekali feature baru yang disematkan di dalamnya. Sekarang ini anda dapat pilih sangat banyak telephone pandai dari beragam merk telephone pandai yang berada di market.



Dalam pilih telephone pandai, ada beberapa hal yang perlu anda cermati terutama dalam lihat sebagian spesifikasi yang di menawarkan. Satu diantara hal yang butuh buat kamu cermati yaitu pada spesifikasi chipset, lantaran chipset yang tertanam didalam telephone pintarmu juga bakal memengaruhi kemampuan smartphone yang anda beli.

Snapdragon serta Mediatek 

Didunia pasar telephone pandai waktu ada dua perusahan pembuat chipset yang banyak menelurkan beragam jenis product chipset untuk telephone pandai yang anda punyai. Mulai sejak th. 2014, ada lima type chipset processor telephone pandai yang dapat anda tentukan. Chipset-chipset ini diantaranya yaitu Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel Atom, serta NVIDIA Tegra. Walau demikian, Mediatek serta Qualcomm yaitu penyedia chipset yang sekarang ini termasuk juga paling laku di market.

Dua perusahaan ini, mungkin saja telah kerap anda dengar, yaitu perusahaan yang bernama Mediatek serta Qualcomm. Dua perusahaan itu mempunyai product chipset semasing, Qualcomm dengan Qualcomm Snapdragonnya, serta Mediatek dengan beragam jenis type chipset yang mereka punyai.

Pada segmen processor, mereka keduanya sama membuahkan processor dengan manfaat processor yang sama, sekalinya ada beberapa macam seperti beragam type processor AMD maupun Intel yang mempunyai banyak ketidaksamaan pada Intel serta AMD seperti pada type socket processor yang dipakai.

Lalu apapun ketidaksamaan Mediatek serta Snapdragon itu? Di bawah ini yaitu sebagian salah satunya.

Perbandingan GPU 

1. Kemampuan GPU 

Hal pertama yang dapat kita banding pada chipset yang di buat oleh Mediatek serta Qualcomm Snapdragon yaitu dalam sisi GPU. GPU atau Graphis Processing Unit adalah chip yang bertugas jadi pengolah grafis paling utama dalam piranti telephone pandai yang anda punyai. Chipset GPU pada telephone pandai bisa dikira jadi VGA pada computer atau laptopmu.

Pada chipset Mediatek, relatif lebih lemah jika dibanding dengan Qualcomm, walau demikian mengonsumsi RAM lebih sedikit. Sesaat Qualcomm Snapdragon tambah baik dalam merender grafis walau demikian juga memerlukan alokasi RAM yang besar. Dengan kata lainnya, jika anda memerlukan telephone pandai yang mempunyai kapabilitas grafis cukup bagus, jadi Snapdragon dapat jadi satu diantara pilihan paling utama.

2. Bekal VRAM 

Pada sebagian product yang di buat, chipset-chipset Mediatek sudah diberi dengan dedicated VRAM, sesaat GPU bawaan Snapdragon, Adreno, masih tetap memakai RAM inti punya hp pandai itu. Berarti, chipset Mediatek mempunyai memori spesial untuk mengolah instruksi-instruksi serta pemrosesan grafis, sesaat Snapdragon dengan Adrenonya tak mempunyai dedicated VRAM yang bikin RAM inti processor mesti dipakai untuk lakukan rendering grafis.

Sudah pasti hal semacam ini tak bermakna semuanya product Mediatek atau Snapdragon seperti ini, cuma saja sebagian mengaplikasikan jenis produksi yang seperti itu. Serta sekali lagi, kita tak dapat meningkatkan VRAM seperti dalam langkah meningkatkan VRAM AMD maupun langkah meningkatkan VGA laptop dengan software, terkecuali kita lakukan perubahan fisik, jadi pastikan dengan baik ya.

Perbandingan prosesor 

1. Source Code 

Segi selanjutnya yang butuh anda banding sudah pasti dari sisi dapur picu yang dipunyai oleh Mediatek serta Snapdragon. Processor Snapdragon relatif disadari lebih unggul jika dibanding dengan Mediatek, walau demikian persaingan perebutan keduanya tak dapat dipukul rata cuma dari satu processor saja. Namun pada Mediatek serta Snapdragon dari sisi processor umumnya banyak yang dapat memakai processor Snapdragon lebih maksimal lantaran source kode Snapdragon yang umumnya di buka untuk umum dengan kata lain open source.

Jika anda mau terhubung kode dari Qualcomm, anda dapat bertandang ke internet seperti website GitHub serta semacamnya. Bila anda tak dapat mengaksesnya, coba untuk terhubung nya dengan merubah DNS dengan cara setting DNS di Android.

2. Macam Produk 

Hingga sekarang ini ada sangat banyak product diantara dua pabrik besar itu yang selalu berkompetisi. Mediatek contohnya selalu meningkatkan processor dengan inti banyak seperti Mediatek MT6797 Helio X20 dengan CPU 10 inti (2×2. 3GHz Cortex-A72, 4×1. 9GHz Cortex-A53, 4×1. 4GHz Cortex-A53) yang satu diantaranya digunakan pada Meizu MX6. Walau demikian semakin banyak core juga bermakna semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan processor itu lo ya. Tentu makin banyak core juga mempunyai kekurangan serta keunggulan spesifik misalnya keunggulan serta kekurangan quad core.

Disamping itu, Qualcomm semakin banyak fokus pada membuahkan processor yang mempunyai kecepatan clock tinggi sambil menjaga jumlahnya core supaya tak terlampau ketinggal, seperti yang digunakan pada smartphone flagship Samsung, Samsung Galaxy S7 yang memakai Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core dengan kata lain 4 inti yang dapat lari 2×2. 15 GHz serta 2×1. 6 GHz yang di bangun atas basic arsitektur Arm Kryo.

Perbandingan multimedia (camera-video) 

1. Qualcomm sang “Lengkap” 

Segi selanjutnya yang butuh dipandang yaitu pada sisi tehnologi camera serta video recording yang di dukung oleh semasing chipset yang di buat oleh Mediatek serta Qualcomm. Qualcomm banyak menyempurnakan beberapa feature baru pada chipset yang mereka launching, misalnya menyematkan jaringan LTE atau 4G, video recording serta sensor camera yang semakin besar. Oleh lantaran ketentuan berikut, umumnya hp dengan chipset Qualcomm serta processor Snapdragon mempunyai kwalitas multimedia yang cukup tinggi serta siap di pakai untuk beragam jenis keperluan.

2. Mediatek si “Value over Price” 

Di segi lainnya, Mediatek tak memakai pojok pandang agresif seperti yang dipunyai oleh Qualcomm dengan Snapdragonnya. Chipset Mediatek condong lebih konservatif, dalam makna tidak selamanya mendatangkan feature yang terbaru atau paling wah pada tiap-tiap hp yang mereka bikin. Dengan hal tersebut harga chipset mediatek condong lebih murah dibanding dengan processor Snapdragon, tentu apabila dibanding pada kelas yang sama. Walau demikian pada Snapdragon maupun Mediatek sedikit mempunyai ketidaksamaan user interface sepanjang system operasi mereka sama, lantaran pabrikan umumnya memakai beberapa macam user interface Android yang relatif serupa atau sama.

Perbandingan harga 

Ketidaksamaan selanjutnya dari chipset Mediatek serta Snapdragon bisa dipandang dari sisi harga nya. Pada Mediatek serta Snapdragon, ketidaksamaan harga nya saat ini mungkin saja bakal kurang tampak terang lantaran permainan vendor telephone genggam yang mengombinasikan beragam jenis tehnologi serta lainnya jadinya ke telephone genggam yang mereka punyai, hingga kadang-kadang telephone genggam dengan processor Mediatek versus spesifik bernilai sama juga dengan processor Snapdragon pada harga yang lebih tinggi namun harga hp itu sama.

Pada intinya, Mediatek lebih condong bermain di kelas atau segemen low-end, hingga harga nya mungkin saja lebih murah apabila dibanding dengan cara head-to-head dengan processor Qualcomm Snapdragon. Oleh oleh karena itu processor Mediatek condong jadi pilihan banyak perusahaan di kelas low-end.

Kesimpulan 

Tersebut sebagian ketidaksamaan Mediatek serta Snapdragon yang dapat anda kenali dari artikel kesempatan ini. Janganlah lupa kalau anda juga mesti memperhatikan keunggulan serta kekurangan OS Android yang jalan diatas chipsetmu lantaran dengan system operasi yang jelek tetap harus akan tidak dapat jalan dengan optimal Mudah-mudahan dengan tahu sebagian ketidaksamaan di atask anda dapat pilih dengan lebih pas ya.