Sarana Informasi Bidang Informatika.

Pengamanan Web Dan Pengamanan Posisi Pencarian Dengan SSL



Google adalah perusahaan raksasa yang selalu meningkatkan tingkat ketepatan serta servicenya supaya nanti bisa memberi info terunggul dari tiap-tiap penelusuran. Google selalu memperbaharui parameter serta algoritma penelusuran untuk tingkatkan service pada beberapa pemakai. 

Dari yang dulunya menjadi mesin-pencari perlahan-lahan dirubah jadi mesin penjawab keperluan. Di mana seperti yang dapat dirasa sekarang ini, google tetap memberi jawaban dari tiap-tiap keperluan yang diperlukan oleh pemakai. 

Untuk tingkatkan service pada pemakai baik dari sisi content serta keamanan dari tiap-tiap web yang direferensikan oleh Google, jadi google meningkatkan parameter baru untuk suatu web supaya bisa tempati tempat atas penelusuran. 

Parameter itu ialah pengamanan protokol yang dipakai oleh tiap-tiap web. Pengamanan protokol yang disebut yakni pemakaian SSL atau TLS pada suatu situs. 

Pada artikel ini akan menuturkan pada anda mengenai pengertian SSL serta fungsi SSL dalam hasil penelusuran di mesin-pencari Google. Hal tersebut akan dibahas per sisi sampai anda mengerti mengenai SSL. 

Pemahaman SSL 

SSL ialah suatu pengamanan protokol jaringan dari client serta server dengan memakai enkripsi data. Enkripsi data ialah suatu cara pengamanan data dengan merubah data asli yang bisa dengan gampang di baca ke data yang tidak bisa di baca tanpa ada pengetahuan spesial pada cara pengamanan data ini. 

SSL atau Secure Socket Layer akan pastikan tiap-tiap data yang diantar lewat protokol jaringan supaya aman untuk diantar juga data itu hingga ke pemakai yang pas tanpa pergantian atau pencurian data. 

Web yang memakai SSL bisa dibedakan dengan lihat protokol jaringan yang dipakai yaitu memakai https dan diikuti dengan kunci gembok berwarna hijau. 

Arah serta Faedah Pemakaian SSL 

Sepeti yang diterangkan diatas, SSL mempunyai tujuan untuk mengamankan info peka yang diantar oleh pemakai dengan memakai enkripsi data. Terkecuali hal itu ada banyak arah serta faedah lainnya dari pemakaian SSL yakni seperti berikut : 

Tingkatkan rengking web pada hasil penelusuran. 
Tingkatkan keyakinan pemakai dalam lakukan transaksi atau pertukaran info yang peka didalam web yang memakai SSL. 
Tingkatkan penjualan menjadi bentuk keyakinan pemakai dalam bertransaksi. 

Langkah Kerja SSL 

SSL (https) bekerja untuk mengamankan layer aplikasi serta layer transport yang ada pada OSI Layer dengan lakukan enkripsi data. Enkripsi yang dikerjakan umumnya mengubah data asli ke data terenkripsi (minimum 128bit). Makin besar nilai bit dari enkripsi yang dikerjakan maka dapat makin aman. 

SSL akan lakukan tiga tingkat keamanan dalam sistem komunikasi yang dikerjakan. Tiga tingkatan itu yakni : 
  • Lakukan autentikasi (Authentication) pada data yang diantar lewat protokol jaringan dengan arah untuk pastikan data yang diantar datang dari pengirim yang sama atau pengirim sebetulnya. 
  • Lakukan perlindungan (Confidentiality) pada data yang diantar dengan arah supaya data itu tidaklah sampai ke penerima yang salah. 
  • Lakukan keaslian data (Integrity) dari tiap-tiap data yang diantar dengan arah supaya data yang diantar akan sama juga dengan data yang di terima. 

Ketidaksamaan SSL serta Non-SSL 

Ketidaksamaan dari situs yang memakai SSL dengan tidak memakai SSL yakni terdapat pada type protokol yang dipakai. Berikut perbedaannya. 
  • SSL memakai protokol https sedang Non-SSL memakai protokol http. 
  • Koneksi pada SSL memakai port 433 sedang Non-SSL memakai port 80. 
  • SSL lakukan sistem komunikasi dengan memakai enkripsi data sedang Non-SSL tidak memakai enkripsi tetapi mengirim data asli hingga rawan dikerjakan modifikasi serta pencurian data. 


Fungsi serta Dampak SSL dalam Hasil Penelusuran Google 

Terkecuali menjadi pengamanan, SSL juga dipakai untuk menarik perhatian mesin-pencari seperti Google untuk jadikan web itu mempunyai tempat terunggul pada hasil penelusuran. 

Dalam hal tersebut saya sendiri rasakan serta menunjukkan jika SSL mempunyai dampak pada hasil penelusuran Google. 



Optimasi web dengan on page SEO yang dikerjakan tidak lumayan mampu menghantarkan web anda ke tempat 10 besar penelusuran google. Meskipun dengan on page web anda mempunyai kwalitas yang cukup untuk sampai tempat itu. 

Saya sendiri yang sudah menunjukkan begitu sulitnya meningkatkan tempat web dengan kata kunci (keyword) yang ditargetkan bila situs masih tetap memakai Non-SSL. 

Dengan lakukan optimasi halaman sepanjang kira-kira dua bln. (Optimasi artikel serta Optimasi situs), situs yang saya optimasi cuma dapat sampai serta bertahan di tempat 20 besar. 

Beragam langkah sudah saya kerjakan untuk berupaya meningkatkan tempat situs supaya masuk ke tempat 10 besar (halaman 1 penelusuran Google). Dari mulai coba website walking untuk mencari backlink. Bahkan juga karena sangat semangatnya saya lakukan website walking ke website Kominfo. 

Hasilnyapun nihil, situs masih berkutik di posisi 20 besar dari lima keyword yang ditargetkan. 

Balik lagi saya berusaha untuk menganalisa kemampuan pesaing yang berada di rengking 10 besar, saya teliti dari mulai kecepatan load situs, jumlahnya content, PA, DA, Alexa Rank, juga jumlahnya backlink yang dipunyai oleh pesaing. Tetapi tak ada data yang penting yang dapat dipakai dalam optimasi. 

Sesudah sejumlah kegagalan dalam sejumlah minggu, saya lihat protokol dari semuanya pesaing yang ada di rengking 10 besar dari setiap keyword yang saya bidik. Saya lihat semunya memakai SSL. Sesudah saya teliti di posisi 20 besar, ada banyak memakai SSL serta berapakah Non-SSL namun masih tetap SSL yang menguasai. 

Dengan analisis yang simpel saya berusaha untuk meng-install SSL untuk situs yang saya optimasi. Lalu lakukan pengalihan semuanya URL situs ke SSL dengan memakai Redirect 301 serta membikinkan property baru di Situs Master Tools Google serta Bing. 

Selang kurang dari 12 jam, penelusuran pada keyword yang saya targetkan kembali saya kerjakan serta akhirnya sangatlah menggembirakan. Semuanya keyword yang saya targetkan masuk 5 besar penelusuran Google serta hingga sekarang ini (waktu artikel ini dipublikasi) masih tetap tempati tempat 10 besar. 

Dengan pengalaman yang saya alami, saya ingin memberi info pada anda yang sekarang ini lakukan optimasi untuk situs atau website anda, jika SSL akan menolong anda dalam tingkatkan tempat web anda. 

Bila anda telah terasa situs anda cukup sudah maksimal tetapi tempat belumlah sampai tujuan yang diinginkan, jadi peluang di pengaruhi oleh aspek pengamanan (SSL) dari web anda. 

Argumen simpel yang dapat saya beri mengenai mengapa SSL itu punya pengaruh pada hasil penelusuran di Google yakni karena Google sendiri memprioritaskan kwalitas dari situs dan dari content. Makin situs dapat diakui baik dari sisi keamanan ataupun dari sisi kwalitas situs serta content, maka dapat makin baik juga tempat dari situs itu. 

Menurut pandangan pribadi saya, semakin lebih baik ikuti style bermain Google yang memprioritaskan kwalitas. Naikkan kwalitas jadi popularitas akan makin bertambah.

Baca Juga : pengertian vlan