Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Memasang Slideshow Gambar Pada Blogger



Slide adalah penampilan berbentuk objek yang dalam kurun waktu spesifik tetap bergantian tampak pada objek atau image yang satu dengan image yang lain.
Artikel ini adalah jawaban atas pertanyaan dari sahabat kita Diktus yang bertanya bagaimanakah cara tempatkan slide pada website seperti yang ada pada website ini. Sebetulnya sich tulisan mengenai menempatkan slide pada website ini banyak ditulis beberapa blogger lainnya tetapi tidak salahkan untuk memudahkan pengunjung BIK dalam mendapat info mengenai menempatkan slide ini hingga butuh di posting di website ini dapat.

Di bawah ini panduan menempatkan slide berbentuk foto-foto kita sendiri di website.

Untuk tampilkan slide berbentuk photo sangatlah gampang, tetapi semula semuanya photo yang jadikan slide mesti disimpan terlebih dulu di website/situs penyedia service untuk unggah photo misanya picasa situs album.
Pada contoh ini saya memakai Picasa Situs Albums anda mungkin memakai friendster atau website penyedia slide yang lain.

Sesudah foto-foto tersimpan dalam picasa situs albums, langka setelah itu tempatkan foto-foto itu menjadi slide di sidebar website langkahnya :

Login ke Picasa Situs Albums, lalu click pada Picasa Situs Albums serta pastikan albums mana yang akan jadikan slide (apabila anda mempunyai sejumlah albums) serta lihat tulisan Link to this album click disitu, lalu click Embed Slideshow.

Langka selanjutnya ialah adalah memastikan ukuran slide yang akan dipertunjukkan dalam website lewat cara click pada pilihan Select Slideshow Size, disitu ada sejumlah pilihan yakni Small 144px, Medium 288px (seperti yg ada pada website BIK ini), Large 400px, Extra Large 600px serta Extra-extra Large 800px.

Panduan selanjutnya ialah beri sinyal centang atau contreng pada Autoplay supaya slide akan jalan dengan sendirinya, bila tidak dikasih sinyal centang jadi slide tidak jalan sebelum saat mendesak/click tombol play.

Pilihan Show Captions serta HTML Link (for MySpace) tak perlu beri sinyal centang, namun apabila ingin tampilkan captions serta HTML Link, silakan beri sinyal centang. Menjadi contoh pada website ini saya cuma memakai atau memberikan sinyal centang pada Autoplay saja.

Langkah paling akhir ialah copy code yang ada pada kotak Embed slideshow. Code ini nanti akan diletakkan didalam website.
Ok mari kita lanjutkan panduan ini dengan menempatkan code yang telah kita mendapatkan dari picasa situs albums yang tadi ke website.

Login terlebih dulu ke blogger dengan account anda lalu click Layout serta Add Gadget/lebih gadget.

Tentukan HTML/JavaScript

Pastekan kode yang telah di copy dari picasa situs albums yang tadi lalu click Save/Taruh.

Usai.... Slide diisi foto-foto anda akan tampak pada website anda saat ini.

Baca juga : jaringan komputer