Sarana Informasi Bidang Informatika.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (information) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer.
Transformasi itu berupa expositions compositions logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (programming) dalam pengolahan dengan komputer. Program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akn SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Juga, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung premise pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui adanya jurusan Teknik Informatika dibeberapa fakultas dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak grogi/ngaco ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

Beberapa bidang dan profesi ahli yang dapat ditekuni nantinya : 
  • Framework Development (Project Manager, System Analyst, System Administrator, System Programmer, Applications Progammer) 
  • Database Specialist (Database Designer, Database Programmer, Database Administrator) 
  • System Specialist (Network Designer, Network Administrator)  
  • Web Specialist (Web Designer, Web Programmer, Web Administrator) 
  • Researcher (Lecturer/Trainer, Researcher) 
  • IT Consultant 
  • Administration (Chief Information Officer) 
  • Dll
Akan tetapi anda jangan bimbang terlalu fokus kepada bidang ahli yang disebutkan diatas, lulusan jurusan teknik informatika memiliki kesempatan berkarir atau berwiraswasta yang luas seperti di bidang pendidikan, bidang jasa, bidang kewirausahaan, atau menjadi karyawan di perusahan swasta maupun negeri.