Sarana Informasi Bidang Informatika.

Tahapan Metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) Sistem Pendukung Keputusan

Langkah – langkah dan compositions Analisis Hierarki Proses (AHP) ialah sebagai berikut :

1.Memdefinisikan permasalahan dan penentuan tujuan. Jika AHP digunakan untuk memilih alternatif atau menyusun prioriras alternatif, pada tahap ini dilakukan pengembangan alternatif.
two.Menyusun masalah kedalam hierarki sehingga permasalahan yang kompleks dapat ditinjau dari sisi yang detail dan terukur.
3.Penyusunan prioritas untuk tiap elemen masalah pada hierarki. Articles ini menghasilkan bobot atau kontribusi elemen terhadap pencapaian tujuan sehingga elemen dengan bobot tertinggi memiliki prioritas penanganan. Prioritas dihasilkan dari suatu matriks perbandinagan berpasangan antara seluruh elemen pada tingkat hierarki yang sama.
4.Melakukan pengujian konsitensi terhadap perbandingan antar elemen yang didapatan pada tiap tingkat hierarki.

langkah-langkah "pairwise connection" AHP ialah :

1.Pengambilan data dari obyek yang diteliti.
2.Menghitung data dari bobot perbandingan berpasangan responden dengan metode "pairwise connection" AHP berdasar hasil kuisioner.
3.Menghitung rata-rata rasio konsistensi dari masing-masing responden.
four.Pengolahan dengan metode "pairwise connection" AHP.
5.Setelah dilakukan pengolahan tersebut, maka dapat disimpulkan adanya konsitensi dengan tidak, bila data tidak konsisten maka diulangi lagi dengan pengambilan data seperti semula, namun bila sebaliknya maka digolongkan data terbobot yang selanjutnya dapat dicari nilai beta (b).