Sarana Informasi Bidang Informatika.

Definisi dan Komponen Sistem Firewall

Firewall yaitu satu system atau piranti yang mengizinkan jalan raya jaringan yang dipandang aman untuk melaluinya serta menghindar jalan raya jaringan yg tidak aman. Biasanya, satu firewall diimplementasikan
dalam satu mesin terdedikasi, yang jalan pada pintu gerbang (gateway) pada jaringan lokal serta jaringan yang lain. Firewall biasanya juga dipakai untuk mengontrol akses pada siapapun yang mempunyai akses pada jaringan pribadi dari pihak luar. Sekarang ini, arti firewall jadi arti generik yang mengacu pada system yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan. Mengingat sekarang ini banyak perusahaan yang mempunyai akses ke Internet dan sudah pasti jaringan korporat di dalamnya, jadi perlindungan pada aset digital perusahaan itu dari serangan beberapa hacker, aktor spionase, maupun pencuri data yang lain, jadi esensial.
Biasanya juga dipakai untuk mengontrol akses pada siapapun yang mempunyai akses pada jaringan pribadi dari pihak luar. Sekarang ini, arti firewall jadi arti umum yang mengacu pada system yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan. Mengingat sekarang ini banyak perusahaan yang mempunyai akses ke Internet dan sudah pasti jaringan berbadan hukum di dalamnya, jadi perlindungan pada modal digital perusahaan itu dari serangan beberapa hacker (peretas, pemata-mata, maupun pencuri data yang lain) itu wajib.


Komponen Sistem Firewall :
Firewall bisa berbentuk PC, router, midrange, mainframe, UNIX workstation, atau paduan dari yang tertulis diatas. Firewall bisa terbagi dalam satu atau lebih komponen fungsional seperti berikut :
- Packet-filtering router
- Application level gateway (proxy)
- Sirkuit level gateway