Sarana Informasi Bidang Informatika.

Server


Server yaitu satu system computer yang sediakan type service spesifik dalam satu jaringan computer. Server di dukung dengan processor yang berbentuk scalable serta RAM yang besar, juga diperlengkapi dengan system operasi spesial, yang dikatakan sebagai system operasi jaringan atau network operating sistem. Server juga menggerakkan piranti lunak administratif yang mengontrol akses pada jaringan serta sumber daya yang ada di dalamnya, seperti berkas atau alat pencetak (printer), serta memberi akses pada workstation anggota jaringan. 

Biasanya, diatas system operasi server ada beberapa aplikasi yang memakai arsitektur client/server. Contoh dari aplikasi ini yaitu DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server serta beda sebagainya. Tiap-tiap system operasi server biasanya membundel bebrapa service itu atau service itu dapat juga didapat dari pihak ke-3. Tiap-tiap service itu juga akan merespons pada request dari client. Jadi contoh, client DHCP juga akan memberi request pada server yang menggerakkan server DHCP ; saat satu client memerlukan alamat IP, client juga akan memberi perintah/request pada server, dengan bhs yang dipahami oleh server DHCP, yaitu protokol DHCP tersebut.

Contoh system operasi server yaitu Windows NT 3. 51, serta dilanjutkan dengan Windows NT 4. 0. Sekarang ini system yang cukup popular yaitu Windows 2000 Server serta Windows Server 2003, lalu Sun Solaris, Unix, serta GNU/Linux.

Server umumnya tersambung dengan client dengan kabel UTP serta satu Network Card. Kartu jaringan ini umumnya berbentuk kartu PCI atau ISA.

Peranan server begitu banyak salah satunya yaitu seperti berikut :

  • Sharing data antar pengguna dalam satu jaringan lokal (LAN). 
  • Sharing pemakaian printer antar pengguna dalam satu jaringan lokal (LAN). 
  • Sharing koneksi internet dengan berbarengan antar pemakai hingga cost koneksi bisa dihemat. 
  • Jadi alternatif penyimpanan data dengan terpusat, hingga mempermudah dalam manajemen serta pemeliharaan data. 
  • Pusat distribusi serta pemrosesan aplikasi usaha yang kita pakai keseharian, dengan terpusat di server jadi aplikasi usaha semakin lebih gampang dikelola serta dari bagian client juga akan tambah lebih untungkan. 
  • Jadi Email Server (Kantor Pos dengan Elektronik) 
  • Peranan jadi piranti Keamanan dalam satu jaringan lokal (LAN) 
  • Peranan jadi mesin Fax 
  • Jadi penunjang Portal Intranet atau Website Internet