Sarana Informasi Bidang Informatika.

AKSES INTERNET

Cost akses internet dengan jaringan relatif lebih murah karna cost koneksi dijamin oleh sebagian computer. Tersebut penyebabnya cost yang Anda mengeluarkan untuk meng-akses internet dari warnet lebih murah dari pada cost akses dari tempat tinggal dengan memakai kabel telepon. 


A. Saluran Telepon Segera (Dial Up) 

Apakah di rumahmu telah terpasang saluran telepon? Jaringan telepon yang telah merambah dengan luas. Bila telah serta Anda mempunyai computer jadi Anda tersambungsi dengan internet. Langkah menghubungkan computer Anda ke internet memakai kabel telepon umum atau seringkali dimaksud dengan dial up. Sediakan kabel telepon, modem, serta ISP Anda bisa terhubung internet lewat cara dial up. 

Kecepatan akses internet memakai dial up bisa menjangkau 56 kilo byte persecon (kbps). Dengan support tehnologi kompresi data kecepatan akses internet dengan dial up bisa menjangkau 4-5 kali dari umumnya. Tehnologi itu di kenal dengan tehnologi Power Surf Dial Up, serta sebagian ISP diperlengkapi dengan tehnologi itu. 

B. Jaringan GPRS 

Pasti Anda mengetahui handphone (HP) bukan? Apakah keungulan HP di banding telepon tempat tinggal? Pasti jawaban spontan karna karakter mobilitas HP yang bisa dioperasikan dengan berpindah-pindah atau bergerak. System komunikasi bergerak salah satunya karna ada tehnologi GPRS. Apakah GPRS itu? GPRS yaitu kepanjangan dari General Packet Radio Service yakni komunikasi data serta nada yang dikerjakan dengan memakai gelombang radio. GPRS mempunyai kekuatan untuk mengkomunikasikan data serta nada ketika alat komunikasi bergerak (mobile). 

Keperluan industri juga akan komunikasi bergerak mengakibatkan GPRS jadi satu diantara tehnologi komunikasi data yang banyak dipakai sekarang ini. GPRS memiliki kecepatan transfer data yang cepat, menjangkau 115 kbps, tetapi dalam praktiknya kecepatan transfer data GPRS masih tetap 25-30 kbps. GPRS mentransfer data dengan system paket. Oleh karenanya system perhitungan tarif service GPRS bukanlah berdasarkan pada lamanya pemakaian, walau demikian ditetapkan oleh besanya data yang ditransfer. Tehnologi GPRS sangat mungkin Anda bisa terhubung internet dari tempat mana saja, yang perlu Anda mempunyai satu computer, atau telepon selular yang diperlengkapi sarana GPRS serta SIM card yang sediakan jasa service GPRS. Untuk memperoleh koneksi internet dengan mobile Anda mesti lakukan setting spesifik pada telepon selular Anda. Hal semacam ini cukup menyusahkan karna tiap-tiap merk handphone serta operator telepon selular memiliki langkah yang berlainan dalam aktifkan GPRS. 

C. Jaringan WiFi 

Pernahkan Anda lihat sambungan komunikasi tanpa ada kabel? Tehnologi itu di kenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi). Tehnologi jaringan tanpa ada kabel memakai frekwensi tinggi ada pada spektrum 2, 4 GHz. Anda bisa tersambung ke internet dengan WiFi memakai satu notebook serta PDA yang diperlengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card). Tetapi bila notebook yang Anda pakai memakai processor yang diperlengkapi tehnologi mobile, jadi kartu WiFi tidak dibutuhkan. Dengan memakai WiFi, Anda bisa terhubung internet dengan kecepatan sampai 11Mbps. Dengan WiFi Anda tidak memerlukan kabel untuk tersambung ke jaringan, tetapi Anda mesti ada pada daerah yang memiliki tanda WiFi. Daerah yang memperoleh tanda WiFi lebih kurang daerah yang ada pada radius 100 mtr. dari titik akses atau hotspot. 

Ada tiga komponen dalam satu tempat hotspot seperti berikut. 

(1) Access Point (titik/pusat akses) yakni piranti yang menghubungkan tehnologi wireless LAN dengan ethernet yang ada di computer. Titik akses mempunyai kekuatan untuk melayani pemakai sampai 128 point. Luas daerah yang dijangkau oleh satu titik akses menjangkau 25-100 mtr.. 

(2) Access controller (pengendali akses) yakni piranti yang berperan jadi alat autentifikasi yang mengecek apakah seseorang pemakai memiliki hak atau izin untuk lakukan akses. 

(3) Internet Link yakni piranti yang menghubukan tempat hotspot dengan internet. Internet Link memiliki kekuatan koneksi ini dipakai untuk melayani semua pemakai dalam satu tempat. 

Di samping kelebihan WiFi cobalah Anda fikirkan kekurangannya? Kekurangan akses internet dengan WiFi diantaranya jarak titik akses dengan point atau computer Anda cuma ada pada daerah sejauh 100 mtr., serta hingga sekarang ini, masih tetap terbatas pada beberapa tempat yang dipasang titik akses. Beberapa tempat itu umumnya tempat umum seperti universitas, hotel, kafe, serta bandara. 

Tehnologi WiFi memung-kinkan Anda terhubung internet dengan kecepatan yang tinggi, tetapi kriterianya Anda mesti ada pada daerah yang memiliki tanda WiFi. Minimnya.kurang tersedianya daerah tanda WiFi serta jarak jangkauan yang begitu pendek (sekitaran 100 m) mengakibatkan Anda cuma bisa memakai WiFi di beberapa daerah spesifik saja. 

Sekarang ini diperkembang satu tehnologi nirkabel baru yang dimaksud dengan Wireless Broadband (WiBro). Tetapi tehnologi ini tetap dalam step pengembangan serta belum juga di pasarkan. Di banding dengan WiFi, WiBro bisa dibuka dari jarak 1 km. dari titik aksesnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Akses WiBro juga masih tetap bisa dikerjakan dari kendaran yang bergerak dengan kecepatan hingga 60km/jam. 

D. Jaringan TV Kabel 

Pernahkan Anda mendengar Tv/TV kabel? Tayangan TV seringkali menwarkan piranti TV kabel. Jaringan TV kabel untuk menghubungkan computer ke internet sudah banyak dipakai. Tv kabel dinilai pas terlebih untuk pemakai internet dari kelompok keluarga (rumah tangga). Keunggulan terhubung internet dengan memakai jaringan TV kabel bisa terhubung internet setiap waktu serta bebas dari masalah telepon repot. 

Umumnya cost yang di keluarkan untuk akses internet dengan TV kabel adalah satu paket dengan service TV kabelnya. Karenanya pemakai jaringan TV kabel Anda bebas berinternet tanpa ada mesti memberikan cost pengeluaran. Jaringan TV kabel yaitu jaringan dengan jalur komunikasi data yang lebar. Hal semacam ini TV kabel bisa melupakan gambar bergerak serta nada. Apabila TV kabel dipakai untuk internet, jadi Anda akan terhubung internet secara cepat. 

Apabila Anda terhubung internet dengan memakai jaringan TV kabel, ada syarat-syarat yang perlu Anda penuhi seperti berikut. 

Berlangganan dengan penyedia service TV kabel yang diperlengkapi dengan service internet. 
Piranti computer standard yang telah diperlengkapi dengan system operasi serta browser yang mensupport Internet. 
Cable modem dengan DOCSIS sistem, yakni modem yang didesain spesial untuk jaringan TV kabel. 
Ethernet card. 

Rangkuman 

Langkah untuk tersambung ke internet yaitu menghubungkan computer Anda ke jaringan computer yang tersambung dengan internet. Umumnya computer yang berperan jadi server dikaitkan dengan satu Internet Service Provider (ISP) lewat kabel telepon atau lewat antena. Untuk menghubungkan computer ke computer server dikerjakan dengan memakai kartu LAN (LAN card) serta kabel koaksial (UTP). Langkah menghubungkan computer Anda ke internet dengan memakai kabel telepon dimaksud dial up. Dengan support tehnologi kompresi data kecepatan akses internet dengan dial up bisa menjangkau 4-5 kali dari umum. System komunikasi bergerak salah satunya karena ada tehnologi GPRS. Tehnologi Wirelless Fidelity (WiFi) yaitu tehnologi jaringan tanpa ada kabel, memakai frekwensi tinggi pada spektrum 2, 4 GHz. Tv kabel untuk menghubungkan computer ke internet sudah banyak dipakai. Tv kabel ini dinilai pas terlebih untuk pemakai internet dari kelompok keluarga (rumah tangga). Keunggulan terhubung internet dengan memakai jaringan TV kabel yaitu bisa terhubung internet setiap waktu serta bebas dari masalah telepon repot.