Sarana Informasi Bidang Informatika.

Cara Mempercepat Blogger Ter Index Oleh Google



Indeksasi adalah proses dimana sebuah artikel diakui dan dicatat oleh mesin pencari. Proses index dan reindex dari mesin pencari memiliki jangka waktu yang relatif lama.

Hal ini dikarenakan banyaknya web atau blog yang menyedikan konten di internet yang sebagian besar menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.

Sebelum membahas lebih jauh terkait cara untuk mempercepat proses index dan reindex dari artikel atau website yang anda kelola, sebelumnya saya akan membahas mengenai lama waktu index dan reindex dari mesin pencari Google.

Lama Waktu Index dan Reindex Google

Dalam prakteknya lama waktu index artikel baru relatif lebih cepat dibandingkan dengan reindex artikel yang telah lama dipublikasikan. Apalagi jika artikel tersebut telah lama tidak dilakukan modifikasi atau pembaharuan, maka artikel tersebut kemungkinan membutuhkan waktu yang sangat panjang agar dapat di index kembali (reindex).

Waktu index untuk artikel baru setelah publikasi yaitu sekitar 2-3 hari. Sedangkan waktu untuk melakukan reindex terhadap artikel yang sudah lama memakan waktu jauh lebih panjang dari index artikel baru dimana waktu untuk melakukan reindex sangat beragam dan sangat bergantung pada konsisi web atau blog anda.

Jika saya analogikan seperti tumpukan kertas, artikel lama akan berada pada posisi paling bawah kemudian dikuti artikel yang lebih baru di atasnya. Jika pada suatu ketika bot Google mengunjungi website anda dengan merayapi (crawl) seluruh isi web atau blog maka google telah mendapatkan informasi mengenai artikel baru dan artikel lama.

Apabila dalam kunjungan berikutnya atau kunjungan ke sekian kalinya terhadap artikel lama dan hasilnya adalah artikel tersebut tidak ada perubahan maka besar kemungkinan bot tidak lagi mengunjungi artikel tersebut. Hal ini dikarenakan bot mencatat bahwa dalam periode tertentu tidak ada perubahan dari konten artikel tersebut.

Untuk membuat bot melakukan index atau reindex pada artikel yang telah dipublikasikan pada web atau blog anda, anda dapat mencoba beberapa cara mempercepat index dan reindex Google berikut.

Cara mempercepat Index dan Reindex Google

Untuk membuat bot Google melakukan indeksasi ulang dan memberikan penilaian kembali terhadap konten yang nantinya akan berpengaruh pada hasil pencarian, maka berikut beberapa cara untuk mempercepat index dan reindex pada mesin pencari Google.

Gunakan Sitemap

Cara untuk mempercepat index dan reindex artikel yang pertama yaitu dengan membuatkan sitemap atau peta situs, cara ini adalah cara yang aman dan tidak akan berdampak buruk pada web atau blog anda.

Pembuatan sitemap dan mengirimkannya ke Web Master Tools Google akan memudahkan bot dalam menganalisa pembaharuan atau penambahan artikel yang telah dilakukan pada web atau blog anda.

Untuk membuat mesin pencari mengenali artikel mana yang terbaru atau dalam waktu dekat dimodifikasi, maka anda harus mencantumkan tag <lastmod> yang berisikan waktu terakhir modifikasi dari setiap artikel yang dipublikasikan.

Terkait format dari waktu modifikasi terakhir dari artikel yang nantinya diletakkan pada tag <lasmod> dapat anda cari di internet. Jika anda tidak mau repot dengan format sitemap maka anda dapat menggunakan salah satu tools yang disediakan pihak ke tiga yang dapat diakses di URL www.xml-sitemaps.com.

Dengan bantuan dari tag <lastmod> ini, bot mesin pencari akan melihat bahwa dari sekian artikel yang terdaftar di sitemap terdapat beberapa artikel yang baru atau diperbaharui. Dengan data tersebut maka google akan melakukan perayapan kembali kepada url yang baru saja dimodifikasi atau dipublikasikan.

Gunakan tools submit URL (Fetch as Google)

Cara untuk mempercepat proses index dan reindex Google yang kedua yaitu dengan cara submit URL ke Google. Submit URL ke Google dapat dilakukan pada Web Master Tools yang anda miliki dengan masuk ke menu crawl > fetch as google.

Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan reindex artikel yang di inginkan.

Berdasarkan pengalaman saya, dengan menggunakan pembaruan sitemap saja sudah cukup untuk membuat index dan reindex lebih cepat. Saya sarankan fungsi ini digunakan sebagai salah satu cadangan apabila disuatu hari membutuhkan reindex untuk artikel.

Gunakan fungsi google ping

Google ping berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari Google untuk melakukan kunjungan ke URL yang di tunjuk. URL yang ditunjuk dalam hal ini adalah URL yang diinginkan untuk di index atau di reindex.

Saya sarankan anda lebih bijak menggunakan tools ini agar tidak berdampak buruk pada web atau blog anda. Melakukan ping yang berlebihan akan membuat Google menilai aktifitas tersebut sebagai sebuah spam. Akibat dari hal ini bisa menyebabkan penurunan peringkat pada hasil pencarian atau membuat artikel anda malah di deindex atau tidak di index kembali oleh Google.

Penggunaan ping secara bijak dan tidak berlebih, akan membuat artikel baru atau artikel lama anda akan lebih cepat di index atau di reindex oleh Google.

Cara untuk melakukan ping ke Google yaitu dengan cara mengunjungi web blog search Google ping. Dengan memanfaatkan tools tersebut maka URL yang anda inginkan akan di index atau di reindex lebih cepat.

Membuatkan tautan ke halaman yang ingin di index

Cara untuk membuat artikel lama dapat di reindex lebih cepat berikutnya yaitu dengan cara membuat artikel baru kemudian memberikan link atau tautan ke artikel lama yang ingin di reindex.

Cara ini sangat saya sarankan, bukan hanya karena aman untuk diterapkan namun juga berdampak baik bagi SEO website anda.

Baca juga : membagi partisi pada hardisk komputer

Dengan mengetahui bahwa artikel baru memiliki prioritas dalam index, maka anda dapat memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membuat artikel lama anda di reindex lebih cepat. Alasan sederhana yang dapat menjelaskan hal ini yaitu karena Google melakukan perayapan pada seluruh artikel termasuk pada link yang terkait pada artikel tersebut.

Dengan bantuan link internal (internal link) yang menuju ke artikel yang ditautkan maka dapat membuat bot Google untuk mengecek kembali artikel lama anda asalkan link tautan tersebut bersifat dofollow. Bot Google biasanya akan melakukan pengecekan terkait seberapa relefan tautan tersebut dengan konten baru anda, dengan hal ini secara tidak langsung akan membuat google melakukan perayapan pada artikel lama anda dan sekaligus akan melakukan index ulang.

Dengan bantuan internal link maka proses reindex akan memakan waktu relatif lebih cepat dan caranyapun alami serta baik untuk SEO web atau blog anda.

Share artikel ke sosial media 

Dengan melakukan share artikel ke sosial media akan membuat bot Google melirik artikel anda, apalagi jika artikel anda di share berulangkali dan menjadi topik bahasan dari banyak orang maka mesin pencari akan mempertimbangkan index atau reindex artikel tersebut.

Dengan hal ini proses index dan reindex oleh Google akan berlangsung lebih cepat dari biasanya.

Kesimpulan

Proses cepat atau lambatnya index dan reindex sebuah artikel atau sebuah website adalah keputusan dari Google. Sebaiknya anda menggunakan cara-cara yang disenangi google untuk membuat bot mesin pencari mau mengunjungi kembali artikel yang telah usang.

Layaknya seperti memanggil seseorang untuk mau membantu kita, kita harus sopan dan mengikuti kesukaan orang tersebut.

Demikian artikel tentang cara mempercepat index dan reindex google terhadap artikel blog. Untuk menambah pemahaman anda terkait index dan reindex dari google, berikut kami lampirkan video tentang seberapa sering google bot melakukan perayapan ke halaman yang anda buat. Semoga bermanfaat.