Sarana Informasi Bidang Informatika.

Memanfaatkan Batre Laptop Yang Rusak Menjadi Power Bank


Saat baterai laptop atau notebook telah drop, cuma dapat digunakan sebentar atau tidak dapat menaruh daya sekalipun itu berarti waktunya baterai laptop minta ditukar unit yang baru. Ubahlah dengan baterai yang original atau mungkin dengan kwalitas yang bagus.


Bila baterai laptop telah ditukar baru, janganlah dibuang baterai yang sisanya, sebab biasanya didalam unit baterai yang rusak itu, tidak semuanya sel baterainya drop/mati, jadi umumnya semakin banyak yang masih tetap bagusnya daripada yang rusaknya.
Ada satu saja sel baterai yang rusak (sort) juga akan mengakibatkan unit baterai laptop lemah, cepat habis, tidak bisa di isi, bahkan juga mati sekalipun.

Contoh unit baterai Laptop
Dalam satu unit baterai laptop di dalamnya terbagi dalam sebagian sel baterai umumnya 6 buah, biasanya yaitu jenis 18650. (ukurannya semakin besar diatas ukuran baterai AA).

Untuk membongkarnya silahkan ingin langkah bagaimana, bila aku mudahnya memakai tang pemotong seperti dipertunjukkan di gambar atas, yang perlu mesti waspada jangan pernah berlangsung konslet, jangan pernah pada kutub positip dengan negatifnya tersambung, karna bila ada setrumnya baterai dapat meledak.

Putus serta bebaskan konduktor (penghubung) semasing baterai memakai tang pemotong hingga baterai rapi kutub-kutubnya (ujung-ujung positif serta negatifnya).

Baterai yang masih tetap melekat keduanya dilepaskan
Anda Harus ketahui mana kutub Positif serta mana kutub Negatif karna dalam pemakaiannya kelak Tidak Bisa Tertukar.

Kutub Positif baterai 18650

Kutub Negatif baterai 18650

Bila anda mempunyai AVO mtr. (Ampere Volt Ohm) segera saja ukur tegangannya bila masih tetap ada tegangannya umumnya masih tetap bagus, Banyak AVO mtr. yang harga nya murah dan meriah, search saja di Bukalapak atau tokopedia.

Untuk ketahui baterai bagus atau tidaknya, anda dapat juga beli charger untuk baterai 18650 ini, harga nya begitu murah yang dibawah 15 Ribu bagus juga. (bukulapak atau tokopedia banyak yang jual).

Kerjakan pengisian baterai, lalu saksikan lampu tandanya, bila tidak ingin ngisi bermakna baterai rusak.

Bila tanda pengisiannya jalan, belum juga pasti juga baterainya bagus, tunggulah sebagian menit (sekitaran 10 menit), lalu buka serta ukur tegangannya, bila diatas 3 Volt bermakna bagus.

Pisahkan Baterai yang bagus untuk lalu kita gunakan.

Memanfaatkan Batre Laptop Rusak Menjadi Power Bank

Banyak Power Bank yang mengedar, real capacitynya tidak cocok dengan yang ditulis.
Telah beli mahal-mahal, cuma digunakan isi 2 x smartphone juga telah habis, pastinya begitu tidak sesuai harapan.
Mending beli Casing Power bank lalu baterainya kita instal/pasa sendiri.

Kwalitas baterai bawaan original laptop begitu bagus, berlainan dengan baterai-baterai yang beredar banyak saat ini meskipun baru tapi performnya lain, terlebih baterai yang di jualnya dengan harga begitu murah, pastinya performnya tidak bagus.

Belilah Casing yang bisa menyimpan baterai 5 atau 6, jenis 18650. Di isi satu baterai juga, Power banknya telah dapat digunakan, hanya bermakna kemampuan mAhnya kecil. bila dapat di isi 5 atau 6 baterai dari orinya laptop yang masih tetap bagus.. wah tentu mantapp.

Casing Power Bank banyak yang jual di Bukalapak atau Tokopedia, harga nya sekitaran 40 Beberapa ribu.

Cermati menempatkan baterai jangan pernah tertukar Positif-negatifnya, ciri yang paling gampang untuk negatif yang ada per-nya.

Sesudah baterai dipasang pada casing Power bank, kerjakan charging/pengisian seperti pada Power bank biasanya. serta lalu Power bank bisa digunakan sesudah terisi power/strumnya.

Bila powerbank dicharging tidak penuh-penuh atau sesudah digunakan begitu gampang habis bermakna ada baterai yg tidak normal. Langkah mengeceknya : Kerjakan charging (bila baterai habis), sesudah terisi lalu buka tutup casingnya, lalu buka semuanya baterai, ukur tegangannya satu persatu memakai AVO mtr.. Bila ada tegangan yang berlainan jauh dibawah yang lain, bermakna baterai itu rusak. (mendingan baterai yang berada di power bank jumlahnya lebih sedikit daripada berisi yang rusak).